Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3099. LAIN LAIN : HUKUM BERDESAKAN DENGAN NON MAHROM DI ANGKUTAN UMUM


PERTANYAAN :

Adi Sandis Si Kambrat
asssalamu'alaikum, Aku mau nanya gimana hukumnya laki laki dan perempuan bercampur dan berdesak-desakan dalam bis yang penumpangnya full ?

JAWABAN :

1. Ghufron Bkl 
Wa alaikumus salaam warohmatulloh, menurut keterangan yang ada dalam kitab Al Majmu' klo tidak terjadi kholwat tidak harom, sedangkan menurt keterangan yngg ada dalam kitab Is'adur Rofiq berdesakkan/ihthilath hukumnya harom walawpun tidak kholwat 

: وفى المجموع للامام زكريا محي الدين بن شرف النووى مانصه : وقد نقل ابن المنذر وغيره الإجماع على أنها لو حضرت وصلت الجمعة جاز وقد ثبتت الأحاديث الصحيحة المستفيضة ان النساء كن يصلين خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم فى مسجده خلف الرجال ولأن اختلاط النساء بالرجال إذا لم يكن خلوة ليس بحرام إهـ. 4-وفى إسعاد الرفيق للشيخ محمد بن سالم بن سعيد با بصيل الشافعى ما نصه : {خاتمة} من أقبح المحرمات وأشد المحظورات اختلاط الرجال بالنساء فى الجموعات لما يترتب على ذلك من المفاسد والفتن القبيحة إهـ.

2. Mas Hamzah

Termasuk dosa besar adalah kholwat /bersepi nya seorang perempuan dengan seorang lelaki yg bukan mahrom.menurut As Syaikhoni (imam Nawawi dan Rofi'i) bahwa muqoddimah zina (termasuk berdesakan/berhimpitan bahu dgn perempuan ) itu tidaklah termasuk dosa besar, dan hal ini dimaksudkan jika tdk adanya syahwat dan khawatir fitnah.jk ada syahwat dan khawatir fitnah maka termasuk dosa besar.

Dalilnya adalah hadis Nabi : "Jauhilah oleh kalian akan khalwat dengan para perempuan! Demi Dzat Yang jiwaku ada di tangan-Nya! Tidaklah seorang lelaki berkhalwat dengan seorang perempuan, melainkan pasti masuklah setan (ke tengah- tengah) antara mereka berdua. Dan sungguh bahwa seorang lelaki berhimpitan dengan seekor babi yang berlumuran lumpur atau lumpur hitam berbau busuk itu lebih baik baginya daripada bahunya berhimpitan dengan bahu seorang perempuan yang tidak halal baginya."

Kitab  Is'adur Rofiq  juz 2 halaman 125 :

ومنها الخلوة بالمراءة الاجنبية بان لم تكن معهما محرم لاحدهم يختشمهقال في الزواجر : وهو من الكبائر لقوله عليه الصلاة والسلام إِيَّاكُمْ وَ الْخَلْوَةَ بِالنِّسَاءِ, وَ الَّذِى نَفْسِي بِيَدِهِ, مَا خَلاَ رَجُلٌ وَ امْرَأَةٌ إِلاَّ دَخَلَ الشَّيْطَانُ بَيْنَهُمَا. وَلَيَزْحَمُ رَجُلٌ خِنْزِيْرًا مُتَلَطِّخًا بِطِيْنٍ أَوْ حَمْأَةٍ, خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَزْحَمَ مَنْكِبُهُ مَنْكِبَ امْرَأَةٍ لاَ تَحِلُّ لَهُالي ان قاللكن الذي جري عليه الشيخان وغيرهماان مقدمة الزنا ليست من الكبائر. ويمكن الجمع بحمل هذا علي ما اذا انتفت الشهوة وخوف الفتنة,والاول علي ما اذا وجدتا

wallohu a'lam bis showab

LINK DISKUSI :