Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3085. PERBEDAAN 'ARSY DAN LAUHIL MAHFUDZ

PERTANYAAN

Assalamualaikum perbedaan arasy dan lauhul mahfud tu apa? [Fikri Asim].

JAWABAN :

Berikut perbedaan arsy dan lauhil mahfudz :

1. 'ARSY

قد ثبت في الشرع أن له قوائم تحمله الملائكة فإنه فوق الجنة ، والجنة فوق السماوات ، وفيها مائة درجة ما بين كل درجتين كما بين السماء والأرض وأيضا فإن العرش في اللغة عبارة عن السرير الذي للملك  فهو سرير ذو قوائم تحمله الملائكة ، وهو كالقبة على العالم وهو سقف المخلوقات .

Telah tetap dalam syara' bahwa arsy mempunyai empat tiang yang di angkat oleh malaikat. Sesungguhnya arsy berada di atas syurga dan syurga di atas langit tujuh, di dalamnya terdapat seratus derajat, jarak antara setiap dua derajatnya bagaikan jarak antara langit dan bumi. Dan juga sesungguhnya arsy dari segi bahasa adalah penggambaran dari singgasana bagi raja. Maka 'arsy adalah singgasana yang mempunyai empat tiang yang diangkat oleh malaikat, arsy bagaikan kubah bagi alam da arsy adalah atapnya para makhluq.

2. LAUHIL MAHFUDZ

عن ابن عباس ، أن نبي الله صلى الله عليه وسلم قال : إن الله خلق لوحا محفوظا من درة بيضاء صفحاتها من ياقوتة حمراء ، قلمه نور ، وكتابه نور ، لله فيه في كل يوم ستون وثلاثمائة لحظة ، يخلق ويرزق ، ويميت ويحيي ، ويعز ويذل ، ويفعل ما يشاء .

Dari ibnu abbas sesungguhnya nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : " sesungguhnya Allah menciptakan lauh mahfudz dari mutiara putih, lembaran-lembarannya dari yaqut merah, penanya adalah cahaya, tulisannya juga cahaya, bagi Allah dalam lauhil mahfudz terdapat 360 pandangan, menciptakan dan memberi rizki, mematikan dan menghidupkan, meluhurkan dan menghinakan, dan melakukan yang dikehendakiNya."

عن ابن عباس قال : إن في صدر اللوح لا إله إلا الله وحده ، دينه الإسلام ، ومحمد عبده ورسوله ، فمن آمن بالله وصدق بوعده واتبع رسله أدخله الجنة قال : واللوح لوح من درة بيضاء ، طوله ما بين السماء والأرض ، وعرضه ما بين المشرق والمغرب ، وحافتاه الدر والياقوت ، ودفتاه ياقوتة حمراء ، وقلمه نور ، وكلامه معقود بالعرش

Dari ibnu abbas berkata : " sesungguhnya di tengah-tengah lauhil mahfudz tertulis tiada tuhan selain Allah yang Esa, agamanya islam, muhammad adalah hamba dan utusannya, barang siapa yang beriman kpd Allah dan membenarkan janjiNya, serta mengikuti utusannya maka Allah memasukkan kedalam syurgaNya". Ibnu abbas berkata : " lauhul mahfudz adalah sebuah luh/ papan terbuat dari mutiara berwarna putih panjangnya antara langit dan bumi, lebarnya antara timur dan barat, kedua tepinya dari intan dan yaqut, penanya dari cahaya dan kalamnya tergantung di arsy."

وقال أنس بن مالك ، وغيره من السلف : اللوح المحفوظ في جبهة إسرافيل . وقال مقاتل : هو عن يمين العرش .

Anas bin malik dan juga yang lainnya dari ulama' salaf berkata : " lauhul mahfud berada di dahinya malaikat isrofil.". Muqotil berkata, " lauhil mahfudz berada di sebelah kanannya arsy. Wallohu a'lam. [ diringkas dari kitab albidayah wan nihayah imam ibnu katsir ]. (Mas Hamzah).

LINK DISKUSI

www.fb.com/groups/piss.ktb/733808326641978