Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3051. TERNYATA BERBEKAM TIDAK MEMBATALKAN PUASA ?

PERTANYAAN :

Assalamu a'laikum. Mbah, begini mbah ada yang bilang kalau berbekam ketika puasa itu bisa membatalkan puasa ada pun yang bilang tidak, ada pula yang bilang mimisan juga batal puasa, ada pula yang bilang tidak. Jadi, batas keluar darah yang membatalkan puasa itu seberapa banyaknya mbah..? Sekian dan terimakasih mbah, wassalamu alaikum. [Frans Elo].

JAWABAN :

Ketahuilah bahwa ber-bekam tidak membatalkan puasa, orang yang berpuasa lalu melakukan bekam / cantuk hukum puasanya tetap sah tapi hal itu makruh.

الشرقاوي ١/٤٤٥
: باب ما يكره في الصوم أى لأجله وهو عش ة على ما يأتي مشاتمة----و احتجام و حجم لخبر البخاري أفطر الحاجم والمحجوم قال البغوي أى تعرضا للإفطار المحجوم للضعف والحاجم لأنه لا يأمن أن يصل شي الى جوفه بمص المحجمة وما ذكر من كراهة الإحتجام هو ما جزم به فيالروضة وجزم في أصلها في موضوع والمجموع بأنه خلاف الأولى قال الاسنوي وهو المنصوص وقول الأكثرين فلتكن الفتوى عليه وفي معنى الاحتجام الافتصاد.

Memang ada hadits shohih yang berbunyi : "afthorol haajim wal mahjuum" (batal puasa orang yang membekam dan juga orang yang dibekam (HR. .Abu Dawud, Nasai, dan Ibnu Majah). Akan tetapi pada pandangan Imam Syafi'i rahmatullohu 'alaihi telah diNasakh oleh hadits Shohih yang lain yakni hadits riwayat Imam Bukhori yang berbunyi : "anibni 'abbaasin rhodhiyallohu 'anhu annahu Qoola:"innannabiyya shillallohu 'alaihi wasallam ihtajama wa huwa muhrimun shooimun". (Dari ibnu Abbas rodhiyallohu 'anhu ia berkata : "sesungguhnya Baginda Nabi shollallohu 'alaihi wasallam telah berbekam padahal beliau sedang ihrom dan puasa". (HR. Bukhori). Dalam riwayat Imam Bukhori ini jelas-jelas menunjukkan tidak batalnya puasa orang yang berbekam. Jadi puasanya tetap sah tapi makruh sebagaimana keterangan Ust.Gufron Bkl. Wallohu a'lam bis shawab. [Ghufron Bkl, Al Adzkar An Nawawi].

LINK DISKUSI :

www.fb.com/groups/piss.ktb/744448692244608/