Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2926. UKURAN PANJANG MAD BACAAN TAKBIRATUL IHROM SHALAT

PERTANYAAN:

Assalamu'alaikum wrb, saya mau tanya, ukuran bacaan takbirotul ihrom dalam sholat itu berapa ya ? maksudnya ukuran panjanganya bacaan takbirotul ihrom "ALLAHU AKBAR", karena praktek yang saya temukan macam-macam, ada yang cepat sekali dan ada yang lama, barang kali ada keterangan yang menjelaskannya ? [Badrud Sang Pemimpi].

JAWABAN :
 
Wa'alaikumussalaam. Maksimal ukuran panjanganya bacaan takbirotul ihrom "ALLAHU AKBAR" adalah 7 alif. Ta'bir dalam kitab Fathul Mu'in I'anah 1/133 :

وكذا زيادة مد الألف التي بين اللام والهاء إلى حد لا يراه أحد من القراء قوله وكذا زيادة مد إلخ ) أي وكذا يضر زيادة مد الألف الكائنة بين اللام والهاء إلى حد لا يقول به أحد من القراء قال ع ش وغاية مقدار ما نقل عنهم على ما نقله ابن حجر سبع ألفات وتقدر كل ألف بحركتين وهو على التقريب

Dan dalam Kitab Kasyifatussaja halaman 149 :

فرع] قال الباجوري: ويسن أن لا يقصر التكبير بحيث لا يفهم ولا يمططه بأن يبالغ في مده بل يتوسط.

Imam Bajuri berkata: "Disunnahkan untuk tidak memendekkan TAKBIR sehingga lafazh takbir tidak bisa dimengerti, dan tidak memanjangkannya maksudnya bersangat-sangat dalam memanjangkannya, akan tetapi sunnah tengah-tengah (antara keduanya)".

وقال الشبراملسي: ويستحب أن يمد التكبير ويشترط أن لا يمد فوق سبع ألفات وإلا بطلت إن علم وتعمد وتقدر كل ألف بحركتين وهو على التقريب، ويعتبر ذلك بتحريك الأصابع متوالية مقارنة للنطق بالمد.

Imam Syibramalisi berkata: "Disunnahkan memanjangkan takbir. Disyaratkan tidak memanjangkan melebihi 7 alif, jika melebihi maka batal shalatnya jika memang mengetahui dan bersengaja....". Wallaahu A'lam. [Abdullah Afif].

LINK ASAL:

www.fb.com/groups/piss.ktb/716880828334728/