Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2867. HUKUM ZIARAH DAN MENDOAKAN MAYIT DI KUBURAN YANG BELUM JELAS MAYITNYA

PERTANYAAN :

Ada pertanyaan titipan : bagaimana hukum ziarah qubur ke makam yang belum diketahui ahlul quburnya tentang :
1. ada atau tidaknya ?
2. muslim atau kafirnya ?
3. baik tidaknya ? [Saiful Umam Al-Fathowy].

JAWABAN :

Ziarah kubur disunnahkan sebagai nasihat atau mengingat akhirat, hal itu bisa dengan melihat kuburan tanpa mengetahui penghuninya, atau untuk mendoakan maka disunnahkan pada setiap kuburan orang Islam, atau bertabarruk maka disunnahkan pada setiap orang yang baik, karena mereka di dalam alam barzah bertingkah laku dan mempunyai barokah yang karunianya tidak terhingga, atau untuk menunaikan hak, seperti teman dan orang tua. Jadi sepanjang diyakini ahli kuburnya muslim maka sunnah mendoakannya tak peduli ia shalih atau fasiq, tapi kalau mayit kafir tidak boleh didoakan.

Lihat Ihya ulumuddin juz 4 halaman 521 :

زيارة القبور مستحبة على الجملة للتذكر والاعتبار وزيارة قبور الصالحين مستحبة للتبرك مع الاعتبار وقد كان رسول الله صلى الله عليه وسلم نهى عن زيارة القبور ثم أذن فى ذلك بعد روى عن على رضى الله عنه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال: كنت نهيتكم عن زيارة القبور فزوروها فإنها تذكر الأخرة غير أن لا تقولوا هجرا وزار رسول الله صلى الله عليه وسلم قبرأمه فى الف مقنع فلم ير باكيا اكثر منه يومئذ وفى هذا اليوم قال اذن لى فى الزيارة دون الإستغفار.
Ibarot tambahan :

حجة أهل السنة والجماعة  المؤلف ؛ الشيخ العلامة كياهي الحاج علي معصومالجكجاوي بجاوة الوسطى الإندونيسية صحيفة ـ ٥٣
المثال السادسهل تجوز زيارة القبور؟

Apakah boleh ziarah kubur?

زيارة القبور تجيزها مذاهب المسلمين كلها. وتشرح للزائر آدابها.

Keseluruhan madzhab muslimin memperbolehkan ziarah kubur. Dan menjelaskan adab-adab ziarah kubur.

زيادة : بل هي مندوبة للاتعاظ وتذكر الآخرة فتكون برؤية القبور من غير معرفة صاحبها أو لنحو دعاء فتسن لكل مسلم أو للتبرك فتسن لأهل الخير لأن لهم في برازحهم تصرفات وبركات لا يحصى مددها أو لأداء حق كصديق ووالد

Tambahan : Bahkan ziarah kubur disunnahkan sebagai nasihat atau mengingat akhirat, hal itu bisa dengan melihat kuburan tanpa mengetahui penghuninya, atau untuk mendoakan maka disunnahkan pada setiap kuburan orang Islam, atau bertabarruk maka disunnahkan pada setiap orang yang baik, karena mereka di dalam alam barzah bertingkah laku dan mempunyai barokah yang karunianya tidak terhingga, atau untuk menunaikan hak, seperti teman dan orang tua.

Dari sini untuk mendoakan kepada setiap orang Islam baik diketahui kebaikannya atau tidak, maka disunnahkan. [Mazz Rofii, Ibnu Al-Ihsany].

LINK ASAL :

www.fb.com/groups/piss.ktb/524762387609978