Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2857. ALQUR'AN : SUNNAH MEMBACA BASMALAH DI TENGAH SURAT

PERTANYAAN :

Wong Jowo Lho
Assalamu'alaikum wr,wb,  maaf biasa nih langsung saja yah. Saya sering denger orang baca qur'an tapi sebelum selesai satu surat dia tutup al qur'annya an hari berikutnya dia lnjut lagi tanpa baca basmalah lagi cuma baca ta'awudz. Yang saya tanyakan apa memang tidak dharuskan baca basmalah lagi jika tuk mneruskan bacaan surat yang kemaren ????? Terima ksih tuk jawabannya dan maaf ndak bisa basa basi klo mau tanya. kikikiki.....

JAWABAN :

> Sahlan Albanjari 
Hanya kurang adab saja. Baca Taawwuz dan Basmalah Sunnah, karena ada anjuran Alqur'an dan Hadits tentang itu.
" Bila kamu baca quran, berta'awwuzlah..." (Al-ayat).

Hadits :
"Kullu amrin zii baalin......." Seterusnya.

Tiap perkara baik yg tidak di awali basmalah, maka terputus ( Keberkahannya).
Cara memahami kata "awal".

Kemaren dan hari ini tentu beda toh?...
Kemaren baca quran.Sekarang baca quran.
Sekalipun nerusin ayat.Tetap saja hari ini dia memulai pekerjaan baiknya, yakni baca qur'an.
Nah biar ditengah suroh, tetap sunnah baca basmalah, karena itu pekerjaan awal dia baca quran tuk hari ini.

Nah.. kecuali Suroh Attaubah. Di awal suroh itu baca Basmalah hukumnya haram menurut Imam Ibnu Hajar. Dan menurut Imam Romli Makruh. Sedangkan baca suroh at-taubah ditengah diawali dengan basmalah. Menurut Imam Ibnu Hajar Makruh dan Imam Romli Jaiz, boleh boleh aja. Begitu juga menurut mazhab imam maliki Rahimahumullah. Wallahu A'lam.

> Abdur Rahman Assyafi'i 
Wa'alaikumussalaam, kalau menurut deskripsi pertanyaan. Maka membaca basmalah tetep disunahkan meski ia membacanya qur'an bukan pada ayat pertama tetapi lanjutan yang kemarin.

تسن التسمية لتلاوة القران و لو من اثناء سورة فى صلاة او خارجها و لغسل و تيمم و ذبح

Disunnahkan membaca basmalah ketika membaca qur'an meskipun berada di tengah-tengah surat baik di dalam sholat maupun di luar sholat. Sunah juga ketika mandi, tayamum dan menyembelih qurban. [I'anatu tholibien 1/76, far'un pada bab wudlu, cetakan darul ulum al ilmiyah].

> Mahmud Salim
Hukum membaca basmalah di tengah surat sunnah nasho alaihi As Syafii Rohmatullohi alaih bisa di lihat di kitab qoaidu asasiah fi ulumil Quran ringkasan dari zubdatul itqon fi uluumil QUran.

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/658260750863403
https://mbasic.facebook.com/notes/pustaka-ilmu-sunni-salafiyah-ktb-piss-ktb/2857-alquran-sunnah-membaca-basmalah-di-tengah-surat/679550785401066/?refid=18