Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2766. HUKUM MAKAN DAN MINUM KETIKA KHUTBAH JUM'AT

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum wr wb...! Permisi numpang tanya : Apakah salah satu syarat sahnya Khotbah Jum'at itu harus puasa juga (tidak makan & minum di sela-sela khotbahnya) ? Lalu bagaimana hukumnya bila Ta'mir masjid menyediakan air mineral di atas mimbar ? Mohon dimusyawarohkan syukron. [Hasanul Zain].

JAWABAN :

Wa'alaikumus salaam. Boleh minum air ketika sedang khutbah karena haus atau biar dingin, dengan alasan berbicara saja tak membatalkan khutbah apalagi minum. Tapi menurut imam Malik, Ahmad dan Auza'iy tidak boleh, bahkan batal shalat Jum'atnya menurut imam Auza'iy.

[فرع شرب الماء حال الخطبة]يجوز شرب الماء في حال الخطبة للعطش أو للتبرد.وقال مالك، وأحمد، والأوزاعي: (لا يجوز) .قال الأوزاعي: (فإن فعل ذلك ... بطلت جمعته) .دليلنا: أن الكلام إذا لم يبطلها، فشرب الماء أولى--- البيان في مذهب الإمام الشافعي

Dalam syarh Muhadzab dijelaskan bahwa sunnah yang ke 11 adalah disunnahkan bagi kaum / hadirin jum'ah untuk menghadap pada khotib dan mendengarkannya dan jangan menyibukkan diri pada selainnya, sehingga ashab kita (syafiiyyah) berpendapat makruh bagi mereka minum air untuk taladdzud (lezat-lezat / tidak keadaan haus) tapi tidak mengapa jika minum air karena haus entah bagi kaum maupun khotib ini adalah madzhab kita (syafiiyyah), ibnu mundzir berkata imam thowus, mujahid dan syafi'i memberi keringanan tentang masalah minum, sedangkan imam malik, al-auza'i dan ahmad melarangnya imam al-auza'i berkata jum'atan bisa batal jika ada yang minum sedangkan khotib keadaan berkhutbah tapi ibnu mundzir memilih pendapat boleh (minum disaat khutbah) dan berkata saya tidak menemukan hujjah bagi orang yang melarangnya, al-abdari berkata : pendapat al-auza'i ini berselisih dengan ijma'. WALLOHU A'LAM. [Okky Aryoko, Sunde Pati].

المجموع شرح المهذب (4/ 529)
(الحادية عشرة)يستحب للقوم ان يقبلوا على الخطيب مستمعين ولا يشتغلوا بغيره حتى قال اصحابنا يكره لهم شرب الماء للتلذذ ولا بأس يشربه للعطش للقوم والخطيب * هذا مذهبنا قال ابن المنذر رخص في الشرب طاوس ومجاهد والشافعي ونهي عنه مالك والاوزاعي واحمد وقال الاوزاعي تبطل الجمعة إذا شرب والامام يخطب واختار ابن المنذر الجواز قال ولا اعلم حجة لمن منعه قال العبدرى قول الاوزاعي مخالف للاجماع

LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/640655629290582/