Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2419. HUKUM ANAK BINATANG YANG LAHIR BEWUJUD MANUSIA

PERTANYAAN :
Assalamu'alaikum. Maaf mau tanya : kalau ada bayi yang lahir dari binatang, jika sudah besar bernasab ke siapa- ? Lihat di youtube bayi ne, adakah itu hasil hubungan dengan manusia- ? [Zanzanti Yanti Andeslo].
JAWABAN
Wa'alaikumussalaam. Kemungkinan itu lahir antara kerbau sama kerbau tapi jadinya manusia.
وَأَمَّا مُتَوَلِّدٌ بَيْنَ شَاتَيْنِ مَثَلًا وَهُوَ عَلَى صُورَةِ الْآدَمِيِّ فَطَاهِرٌ وَيَجُوزُ ذَبْحُهُ وَأَكْلُهُ, وَإِنْ صَارَ خَطِيبًا وَإِمَامًا.
Dan adapun anak yang dilahirkan dari antara 2 kambing misalnya, dan anak yang dilahirkan tersebut berbentuk bentuk manusia maka hukumnya suci, dan diperbolehkan menyembelihnya dan memakannya, walaupun dia menjadi khotib dan imam. [Hasyiyah Al-Bujairimi 'Alal Khothib - Maktabah Al-Marji'ul Akbar ].
Kalau anak yang berwujud manusia tersebut hasil dari kerbau dan kerbau maka bin kerbau / tidak punya nasab pada manusia, tapi kalau hasil dari hubungan manusia dan kerbau maka bernasab kepada bapaknya / yang menyetubuhi kerbau tersebut. Dan anak tersebut baik laki ataupun wanita maka tidak boleh dinikahkan, baik hasil dari kerbau dan kerbau ataupun hasil dari kerbau dengan manusia. Lihat I'anah At-Tholibin I / 93 :
وعبارته ؛ (قولـه: أو مع غيره) أي وفرع كل منهما مع غير الآخر، ولو كان آدمياً. تغليباً للنجس، وذلك لأن الفرع يتبع أخس أبويه في النجاسة. وتحريم الذبيحة والمناكحة وتحريم الأكل وامتناع التضحية وعدم وجوب الزكاة، ويتبع أشرفهما في ثلاثة أشياء: الدين، وإيجاب البدل، وعقد الجزية. وأخفهما في نحو الزكاة والأضحية في متولد بين إبل وبقر مثلاً، وأغلظهما في جزاء الصيد. ويمكن إدخال هذا في أشرفهما. ويتبع الأب في النسب وتوابعه، كاستحقاق سهم ذوي القربى، والحرية إذا كان من أمته أو أمة ولده أو ممن غر بحريتها أو ظنها زوجته الحرة أو أمته. ويتبع الأم في الملك، فالولد المتولد بين مملوكين لمالك الأم. وكما لو نزا بهيم على بهيمة فالولد لمالك الأم ـ اهـ إعانة الطالين الجزء الأول ص ٩٣
Wallohu a'lam. [Mumu Bsa, Ghufron Bkl].
Link Diskusi :

www.fb.com/groups/piss.ktb/587876111235201/