Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2051. BOLEHKAH WANITA HAID MEMBACA DO'A AKHIR TAHUN ?

PERTANYAAN :
Assalamualaikum. Admin serta member di PISS ana mau tanya nih. Titipan dari saudara. Wanita yang lagi datang bulan, apa boleh baca do'a awal dan akhir tahun. Makasih. wassalam. [GadiEz Penggemar HafidzHafidzoh].
JAWABAN :
Wa'alaykumussalam wr.wb. Wanita yang lagi datang bulan tetap boleh dan sunah baca do'a awal dan akhir tahun. Ulama' sepakat atas diperbolehkannya dzikir lewat hati dan lisan bagi orang yang berhadas kecil, orang junub, haid dan nifas. Dzikir yang dimaksud adalah tasbih, tahlil, tahmid, takbir dan sholawat pada Rosulallah saw juga boleh berdo'a dan lain-lain.  [Umi Davin, Sunde Pati, Soesilo Bambang Yudhoyono, ].
- kitab AL-MAJMU’ hlm. 357 :
وأجمع العلماء علي جواز التسبيح والتهليل وسائر الاذكار غير القرآن للحائض والنفساء
- Bughyah al-Mustarsyidiin hal. 26 :
( مسألة ى ) يكره حمل التفسير ومسه إن زاد على القرآن وإلا حرم. وتحرم قراءة القرآن على نحو جنب بقصد القراءة ولو مع غيرها لا مع الإطلاق على الراجح ولا بقصد غير القراءة كرد غلط وتعليم وتبرك ودعاء .
Makruh membawa dan memegang kitab Tafsir yang jumlahnya melebihi tulisan qurannya bila tidak maka haram. Dan haram membacanya bagi semisal orang junub bila bertujuan untuk membacanya meskipun al-Qurannya bersama tulisan lain tapi tidak haram baginya bila memutlakkan tujuannya menurut pendapat yang kuat dan juga tidak haram tanpa adanya tujuan membacanya seperti saat membenarkan bacaan yang salah, mengajar, mencari keberkahan dan berdo'a.
- Al-adzkar hal. 10 :
اجمع العلماء على جواز الذكر بالقلب واللسان للمحدث والجنب والحائض والنفاس وذلك فى التسبيح والتهليل والتحميد والتكبير والصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم والدعاء وغير ذلك
LINK TERKAIT :

www.fb.com/groups/piss.ktb/497634343592712/