Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2014. WAJIB MEMBASUH RAMBUT-RAMBUT YANG ADA DI MUKA

PERTANYAAN :
Assalamu'alaikum. Bagaimana hukum wanita yang berwudhu tanpa membasuh athi-Athi ? Jawab : Tidak Sah, sebab Athi-athi termasuk bagian wajah yang harus dibasuh ketika wudlu. Hukum ini pada laki-laki juga sama; wajib dibasuh. NB : (Athi-athi adalah rambut yang tumbuh di bagian samping wajah tepatnya di depan telinga). Referensi : Qulyubi Juz.1 hal. 49 M.Muhtaj Juz.1 h.173. Mohon Pada Yai / Ustadz yang bisa Buka Ta'bir nya diBuka kan, syukron. [Odie Ali Baba].
JAWABAN :
Wa'alaikumsalam, dijelaskan dalam kitab Al-Iqnaa’ I/38 :
(القول في الكلام على شعور الوجه) ويجب غسل كل هدب وهو الشعر النابت على أجفان العين، وحاجب وهو الشعر النابت على أعلى العين سمي بذلك لانه يحجب عن العين شعاع الشمس، وعذار وهو الشعر النابت المحاذي للاذن بين الصدغ والعارض، وشارب وهو الشعر النابت على الشفة العليا سمي بذلك لملاقاته فم الانسان عند الشرب، وشعر نابت على الخد وعنفقة وهو الشعر النابت على الشفة السفلى أي يجب غسل ذلك ظاهرا وباطنا وإن كثف الشعر، لا كثافته نادرة فألحق بالغالب،
[PERNYATAAN DALAM RAMBUT-RAMBUT YANG ADA DI MUKA] Wajib membasuh setiap rambut bulu mata, alis, athi-athi (rambut yang tumbuh sejajar dengan telinga antara pelipis dan muka pipi), kumis, godek, dan bulu yang tumbuh di bibir bawah. Wajib membasuh bagian dhahir dan bathinnya meskipun ia lebat karena kelebatannya dinilai sangat jarang maka hukumnya disamakan dengan kebiasaannya. [ Al-Iqnaa’ I/38 ].
( وَيَجِبُ غَسْلُ كُلِّ هُدْبٍ ) بِالْمُهْمَلَةِ ( وَحَاجِبٍ وَعِذَارٍ ) بِالْمُعْجَمَةِ ( وَشَارِبٍ وَخَدٍّ وَعَنْفَقَةِ شَعَرٍ ) بِفَتْحِ الْعَيْنِ ( وَبَشَرٍ ) أَيْ ظَاهِرًا وَبَاطِنًا سَوَاءٌ خَفَّ الشَّعْرُ أَمْ كَثُفَ لِأَنَّ كَثَافَتَهُ ، نَادِرَةٌ ، فَأُلْحِقَ بِالْغَالِبِ
Wajib membasuh setiap rambut bulu mata, alis, athi-athi (rambut yang tumbuh sejajar dengan telinga antara pelipis dan muka pipi), kumis, godek, dan bulu yang tumbuh dibibir bawah. Wajib membasuh bagian dhahir dan bathinnya meskipun ia lebat karena kelebatannya dinilai sangat jarang maka hukumnya disamakan dengan kebiasaannya. [ Qolyubi I/207 ].
( ويجب غسل كل هدب ) ...  ( وعذار ) وهو بالذال المعجمة الشعر النابت المحاذي للأذن بين الصدغ والعارض
Wajib membasuh setiap rambut bulu mata... Dan athi-athi (rambut yang tumbuh sejajar dengan telinga antara pelipis dan muka pipi). [ Mughni al-Muhtaaj I/51 ]. Wallohu a'lam. [Masaji Antoro].
Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/485609828128497/