Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1924. HUKUM SERTA TATACARA SHALAT ANISIL QOBRI DAN SHALAT REBO WEKASAN

PERTANYAAN :
Assalamu'alaikum wr wb. Tanya & minta penjelasan : Apakah sholat "Anisil qubri" itu? Adakah tuntunanya dan bagaimana pelaksanaanya? Terima kasih sebelumnya. [Em Muhson].
Pertanyaan titipan : assalamu alaikum...mba tlg dong postingin sholat liunsil qobri apa tujuanya dan apakah ada tuntunanya..bila ada bacaan2 khususnya apa saja..? Makasih sebelum dan sesudahnya..wassalamu alaikum. [Ayda Az-zahra].
Assalammu'alaikum poro sesepuh piss-ktb ingkang kulo tresnani. Kulo badhe tanglet, babagan sholat Unsyil Qobri? Caranipun, waktu, lan keutamaanipun. Nyuwun penjelasanipun. Suwun. [Andri Atma].
Assalamualaikum.mau tanya tentang ibarotnya sholat sunat unsi.atw solat hadiah yang di peruntukan bagi orang yang baru meninggal dunia. [Raihan Abdulhakim].
Mau nanya nih apa yang dimaksud dengan sholat anisul qobri dan apa hukumnya. Trims. [Nurisy Ag].
Ini saya dapatkan di Majalah AULA Majalah bulanan Nahdhatul Ulama PWNU Jawa Timur. pada rubrik Bahtsul Masa'il tentang REBO WEKASAN. Dalam hadts riwayat Bukhari dan Muslim. Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada penularan, tidak boleh meramal dengan burung (tathayyur), tidak boleh (mempercayai sial-sial) burung Haamah dan tidak boleh percaya sialnya bulan Shafar (laa Shafaro)". Imam Abu Daud mengomentari hadits di atas dengan ungkapan, "Aku mendengar bahwa orang jahiliyah dahulu memandang sial terhadap bulan Shafar. Maka Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tidak boleh percaya sialnya bulan Shafar," (Sunan Abu Daud. Jilid 4, hal. 18). Bagaimana menurut Anda ? [Ibnu Toha].
JAWABAN :
Wa'alaikumussalam. Di antara shalat sunah yang tidak dikerjakan secara berjamaah adalah shalat dua rakaat untuk memberikan penghiburan bagi mayit dalam kubur, diriwayatkan dari Nabi shallallaahu alaihi wasallam beliau bersabda : “Tidak ada yang lebih berat bagi orang yang meninggal selain malam pertamanya, maka belasilah dengan memberi shadaqah atas yang telah meninggal, barangsiapa tidak menemukan (harta) maka shalatlah dua rakaat yang disetiap rakaatnya membaca surat al-Fatihah sekali, ayat kursi sekali, surat at-takaatsur sekali dan surat al-Ikhlaash 10 kali, dan ucapkanlah seusai salam :
Ya Allah, sesungguhnya aku shalat dengan shalat ini dan Engkau mengetahui akan apa yang aku inginkan. Ta Allah, berikan pahalanya pada kuburan fulan anaknya fulan (disebut nama orang yang meninggal disertai nama ayahnya), maka seketika itu juga, Allah mengirimkan 1000 malaikat dengan setiap satu malaikat membawa cahaya dan hadiah yang dapat menghiburnya hingga datangnya hari ditiupkannya sangkakala”
Dalam sebuah hadits : “Bahwa yang mengerjakan shalat tersebut dianugerahi pahala besar diantaranya dia tidak akan keluar dari dunia ini (mati) hingga terlebih dahulu melihat tempatnya disurga”. Berkata sebagian Ulama “Berbahagialah bagi hamba yang merutinkan shalat ini setiap malam dan menghadiahkan pahalanya untuk setiap orang meninggalnya kaum muslimin”. Lihat  Nihaayah az-Zain I/107 :
ومنه صلاة ركعتين للأنس في القبر روي عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال لا يأتي على الميت أشد من الليلة الأولى فارحموا بالصدقة من يموت فمن لم يجد فليصل ركعتين يقرأ فيهما أي في كل ركعة منهما فاتحة الكتاب مرة وآية الكرسي مرة و { ألهاكم التكاثر } 102 التكاثر الآية 1 مرة و { قل هو الله أحد } 112 الإخلاص الآية 1 عشر مرات ويقول بعد السلام اللهم إني صليت هذه الصلاة وتعلم ما أريد اللهم ابعث ثوابها إلى قبر فلان ابن فلان فيبعث الله من ساعته إلى قبره ألف ملك مع كل ملك نور وهدية يؤنسونه إلى يوم ينفخ في الصور اه
وفي الحديث أن فاعل ذلك له ثواب جسيم  منه أنه لا يخرج من الدنيا حتى يرى مكانه في الجنة قال بعضهم فطوبى لعبد واظب على هذه الصلاة كل ليلة وأهدى ثوابها لكل ميت من المسلمين وبالله التوفيق
Kematian bagi makhluk hidup adalah suatu kemestian. Meskipun berbeda cara dan penyebabnya sakit, tua, kecelakaan, dan seterusnya. Jasadnya pun, bisa dimana saja, atau musnah sama sekali tanpa bekas. Kematian lambat atau cepat adalah mutlak bagi makhluk termasuk manusia.
Manusia adalah makhluk yang terbebani tanggung jawab dalam hayatnya, terutama terhitung sejak baligh. Perbuatan manusia akan dibalas menurut baik dan buruknya. Pertanggungjawaban mereka akan dihisab kelak di hari Kiamat. Allah sebagai hakim yang adil, takkan keliru dalam menghitung dan mengadili amal setiap orang.Namun, sebelum pembalasan hari Kiamat, nikmat dan siksa kubur benar adanya. Manusia yang telah terpisah jiwa dari raganya, akan didatangi malaikat untuk pertanyaan tentang Tuhan, rasul, pedoman hidup dan seterusnya. Malaikat ini akan bersikap sesuai perintah, menyiksa dan memberikan nikmat bagi mayit.
Manusia kecuali para rasul, dalam hidupnya tak lepas dari dosa. Dosa inilah yang lalu mesti ditebus dengan siksa kubur oleh yang bersangkutan. Jerit pedih mereka yang sudah mati memang tak didengar oleh manusia yang hidup. Dalam keterangan Rasulullah, hanya hewan hidup lah yang mendengar jeritan mayit yang tersiksa. Mayit pun harus menanggung kelakuan buruknya di dunia. Mereka hanya bisa menerima siksa tanpa bisa melakukan sesuatu apapun.
Mengingat itu, kita yang masih hidup mesti mengambil satu langkah agar dapat meringankan siksa kubur mayit. Lebih istimewa lagi, kita lakukan terhadap orang yang kita kenal, cintai atau yang sangat berjasa dalam kehidupan kita, orang tua, guru, atau kiai.
Di antaranya dengan memberikan hadiah kepada mayyit. Hadiah itu bisa berupa shalat dua rakaat atau berupa sedekah yang pahalanya ditujukan kepada mayyit. Seperti yang diterangkan Rasulullah SAW dalam sabdanya;
روي عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال لا يأتى على الميت أشد من الليلة الأولى, فارحموا بالصدقة من يموت. فمن لم يجد فليصل ركعتين يقرأ فيهما: أي في كل ركعة منهما فاتحة الكتاب مرة, وآية الكرسى مرة, وألهاكم التكاثر مرة, وقل هو الله أحد عشر مرات, ويقول بعد السلام: اللهم إني صليت هذه الصلاة وتعلم ما أريد, اللهم ابعث ثوابها إلى قبر فلان بن فلان فيبعث الله من ساعته إلى قبره ألف ملك مع كل ملك نور وهدية يؤنسونه إلى يوم ينفخ فى الصور.
Diriwayatkan dari Rasulullah, Ia bersabda, “Tiada beban siksa yang lebih keras dari malam pertama kematiannya. Karenanya, kasihanilah mayit itu dengan bersedekah. Siapa yang tidak mampu bersedekah, maka hendaklah sembahyang dua raka‘at. Di setiap raka‘at, ia membaca surat Alfatihah 1 kali, Ayat Kursi 1 kali, surat Attaktsur 1 kali, dan surat Al-ikhlash 11 kali. Setelah salam, ia berdoa, ‘Allahumma inni shallaitu hadzihis shalata wa ta‘lamu ma urid. Allahummab ‘ats tsawabaha ila qabri fulan ibni fulan (sebut nama mayit yang kita maksud),’ Tuhanku, aku telah lakukan sembahyang ini. Kau pun mengerti maksudku. Tuhanku, sampaikanlah pahala sembahyangku ini ke kubur (sebut nama mayit yang dimaksud), niscaya Allah sejak saat itu mengirim 1000 malaikat. Tiap malaikat membawakan cahaya dan hadiah yang kan menghibur mayit sampai hari Kiamat tiba.” [Syekh Nawawi Albantani, Nihayatuz Zain, (Bandung, Almaarif) Hal. 107].
Hadiah semacam ini dalam tradisi Islam Nusantara dikenal dengan berbagai sebutan sesuai kaedah lokal masing-masing. Ada yang menyebutnya ‘tahlilan’, ada yang menyebutnya arwahan, ada yang menyebut samadiahan dan lain sebagainya. Semua itu merupakan perilaku terpuji yang telah me-tradisi dalam wacana Islam Nusantara. Begitu pula dengan shalat hadiah dua rakaat untuk mayit, yang kesunnahannya dilakukan saat malam pertama mayit meninggal. Walaupun taka apa pula jika dilakukan setelah jauh-jauh hari sepeninggal si mayit.
Pahala dari berbagai hadiah itu juga mengalir bagi kita yang masih hidup dan melakukannya, seperti yang diterangkan dalam sebuah hadits
أن فاعل ذلك له ثواب جسيم, منه أنه لا يخرج من الدنيا حتى يرى مكانه فى الجنة.
“Siapa saja yang melakukan sedekah atau sembahyang itu, akan mendapat pahala yang besar. Di antaranya, ia takkan meninggalkan dunia sampai melihat tempatnya di surga kelak.”
Sejumlah ulama menganjurkan akan baiknya sembahyang 2 raka‘at ini. Ringan dan mudah dilakukan, “Beruntunglah orang yang melakukan sembahyang ini setiap malam dan menghadiahkan pahalanya untuk mayit kaum muslimin.”
Sebagai umat Islam, kita dipanggil untuk peduli dan menanam bibit kasih sayang terhadap alam, hewan dan manusia baik hidup maupun sudah meninggal. Hanya saja, bentuk kasih yang dipersembahkan mesti disesuaikan bagi penerimanya. Untuk saudara kita yang sudah meninggal, kita bisa melakukan sedekah dan sembahyang 2 raka‘at di atas.
Inilah yang dicontohkan Rasulullah SAW. para ulama dan kiai mengawetkan ajaran luhur Rasulullah dengan menuliskan, mengajarkan, menyontohkannya kepada masyarakat luas. Dengan demikian, ajaran Nabi Muhammad SAW. akan lestari hingga hari akhir kelak. [ Redaktur: Ulil A. Hadrawiy, Penulis: Alhafiz Kurniawan ].
Namun berdasarkan hasil MUKTAMAR NASIONAL ke-25 di Surabaya pada Tanggal 20-25 Desember 1971 M, shalat hadiah ini termasuk yang dilarang, Tidak sah dan haram hukumnya :
وَلَا تَصِحُّ هَذِهِ الصَّلَوَاتُ بِتِلْكَ النِّيَّاتِ الَّتِي اسْتَحْسَنَهَا الصُّوفِيَّةُ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَرِدَ لَهَا أَصْلٌ فِي السُّنَّةِ نَعَمْ إنْ نَوَى مُطْلَقَ الصَّلَاةِ ثُمَّ دَعَا بَعْدَهَا بِمَا يَتَضَمَّنُ نَحْوَ اسْتِعَاذَةٍ أَوْ اسْتِخَارَةٍ مُطْلَقَةٍ لَمْ يَكُنْ بِذَلِكَ بَأْسٌ
Tidak sah shalat dengan niat seperti yang dianggap baik kalangan sufi tanpa dasar hadits sama sekali. Namun jika melakukan shalat muthlak dan berdoa sesudahnya dengan sesuatu yang mengandung semisal doa isti’adzah (mohon perlindungan) atau istikharah (meminta petunjuk Allah untuk di pilihkan yang terbaik) maka shalat tersebut sah-sah saja. (Tuhfah al-Muhtaj Juz VII, Hal 317).
Dan berikut paparan ALMUKARRAM KH. HASYIM ASY'ARI MENGENAI SHALAT-SHALAT SEMACAM DI ATAS MISAL SHALAT REBO WEKASAN di Hasil Keputusan Bahtsul Masail PWNU Jatim 1980 di PP. Asembagus Situbondo :
Pertanyaan : Shalat rebo wekasan dan rangkainnya, bagaimana hukumnya menurut fuqoha dan menurut ulama sufi?
Jawab : Menurut fatwa Roisul Akbar Almarhum Asyaikh Hasim Asy’ari tidak boleh. Shalat rebo wekasan karena tidak masyru’ah dalam syara’ dan tidak ada dalil syar’i. Adapun fatwa tersebut sabagaimana dokumen asli yang ada pada cabang NU Sidoarjo sebagai berikut:
Mas’alah :
a. Kados pundi hukumipun ngelampahi shalat rebo wulan shofar, kasebat wonten ing kitab mujarobat lan ingkang kasebat wonten ing akhir bab 18 ?
فَائِدَةٌ اُخْرَى: ذَكَرَ بَعْضُ الْعَارِفِيْنَ مِنْ اَهْلِ الْكَشْفِ وَالتَّمْكِيْنِ أَنَّهُ يَنْزِلُ كُلَّ سَنَةٍ ثَلاَثَمِائَةٍ وَعِشْرُوْنَ أَلْفًا مِنَ الْبَلِيَّاتِ وَكُلُّ ذَلِكَ فِى يَوْمِ اْلأَرْبِعَاءِ اْلآخِيْرِ مِنْ شَهْرِ صَفَرَ فَيَكُوْنُ فِى ذَلِكَ الْيَوْمِ أَصْعَبُ اَيَّامِ السَّنَةِ كُلِّهَا فَمَنْ صَلَّى فِى ذَلِكَ الْيَوْمِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ ..... الخ.    فونافا ساهى فونافا أوون؟ يعنى سنة فونافا حرام؟ أفتونا اثابكم الله؟
Sebagian orang yang ma’rifat dari ahli al-kasyafi dan tamkin menyebutkan: setiap tahun, turun 320.000 cobaan. Semuannya itu pada hari rabu akhir bulan shafar. Maka pada hari itu menjadi sulit-sulitnya hari di tahun tersebut. Barangsiapa shalat di hari itu 4 rokaat dst.
b. Kados pundi hukumipun ngelampai shalat hadiyah ingkang kasebat wonten ing kitab :

حاشية المهى على الستين مسئلة وونتن آخريفون باب يلامتى ميت وَنَصُّهُ: فَائِدَةٌ: ذَكَرَ فىِ نُزْهَةِ الْمَجاَلِسِ عَنْ كِتَابِ الْمُخْتاَرِ لا يَأْتِى عَلَى الْمَيَّتِوَمَطَالِعِ الاَنْواَرِ عَنْ النَّبِى أَشَدُّ مِنَ اللَّيْلَةِ الأُوْلَى فَارْحَمُواْ مَوْتَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَلْيُصَلِّ رَكْعَتَيْنِ يَقْرَأُ فِى كُلِّ رَكْعَةٍ فِيْهِمَا فَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَآيَةِ الْكُرْسِيِّ وَإِلَهُكُمْ ... وَقُلْ هُوَاللهُ أَحَدْ اِحْدَى عَشْرَةَ مَرَّةً وَيَقُولُ: الّلهُمَّ إِنِّى صَلَّيْتُ هَذِهِ الصَّلاةَ وَتَعْلَمُ مَااُرِيْدُ. اللهم ابْعَثْ ثَواَبَها اِلَى قَبْرِ فُلان فَيَبْعَثُ الله مِنْ سَاعَتِهِ اَلَى قَبْرِهِ اَلْفَ مَلِكِ مَعَ كُلِّ مَلِكِ نُوْرٌ هَدِيَّةً يُؤَنِّسُوْنَةُ فِى قَبْرِهِ اِلَى اَنْ يُنْفَخَ فِى الصُّوْرِ وَيُعْطِىْ اللهُ المُصَلَّى بِعَددِ مَاطَلَعَتْ عَلَيهِ الشَّمْسُ أَلْفَ شَهِيْدٍ وَيُكْسِى أَلْفَ حُلَّةٍ. اِنْتَهَى وَقَدْ ذَكَرَنَا هَذِهِ الْفَائِدَةُ لِعُظْمِ نَفْعِهَا وَخَوْفاً مَنْ ضِيَاعِهاَ، فَيَنْبَغِى لِكُلِّ مُسْلِمٍ اَنْ يُصَلِّيْهَا كُلِّ لَيْلَةٍ لأَمْواَتِ الْمُسْلِمِيْنَ.
جواب:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى اُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.
أورا وناع فيتواه، اجاء-اجاء لن علاكونى صلاة ربو وكاسان لن صلاة هدية كاع كاسبوت اع سوأل، كرنا صلاة لورو ايكو ماهو دودو صلاة مشروعة فى الشرع لن اور انا اصلى فى الشرع. وَالدَّلِيْلُ عَلَى ذَلِكَ خُلُوُّ الْكُتُبِ الْمُعْتَمَدَةِ عَنْ ذِكْرِهَا كيا كتاب تقريب، المنهاج القويم، فتح المعين، التحرير لن سأفندوكور. كيا كتاب النهاية، المهذب لن إحياء علوم الدين، كابيه ماهو اورا انا كع نوتور صلاة كع كاسبوت.
وَمِنَ الْمَعْلُوْمِ اَنَّهُ لَوْكَانَ لَهَا أَصْلٌ لَبَادَرُوْا إِلَى ذِكْرِهَا وَذِكْرِ فَضْلِهَا، وَالْعَادَةُ تُحِيْلُ اَنْ يَكُوْنَ مِثْلُ هَذِهِ السُّنَّةِ، وَتَغِيْبُ عَنْ هَؤُلاَءِ وَهُمْ أَعْلَمُ الدِّيْنِ وَقُدْوَةُ الْمُؤْمِنِيْنِ. لن اورا وناع اويه قيتواه أتوا عافيك حكوم ساكا كتاب مجربات لن كتاب نزهة المجالس. كتراعان سكع حواشى الأشباه والنظائر للإمام الحمدى قال: وَلاَ يَجُوْزُ اْلإِفْتَاءُ مِنَ الْكُتُبِ اْلغَيْرِ الْمُعْتَبَرَةِ، لن كتراعان سكع كتاب تذكرة الموضوعات للملا على القارى: لاَ يَجُوْزُ نَقْلُ الْأَحَادِيْثِ النَّبَوِيَّةِ وَالْمَسَائِلِ الْفِقْهِيَّةِ وَالتَّفَاسِيْرِ الْقُرْاَنِيَّةِ إِلَّا مِنَ الْكُتُبِ الْمُدَاوَلَةِ (الْمَشْهُوْرَةِ) لِعَدَمِ اْلإِعْتِمَادِ عَلَى غَيْرِهَا مِنْ وَدَعِ الزَّنَادِقَةِ وَإِلْحَادِ الْمُلاَحَدَةِ بِخِلاَفِ الْكُتُبِ الْمَحْفُوْظَةِ. انتهى لن كتراعان سكع كتاب تنقيح الفتوى الحميدية: وَلاَ يَحِلُّ الْإِفْتَاءُ مِنَ الْكُتُبِ الْغَرِيْبَةِ. وَقَدْ عَرَفْتَ اَنَّ نَقْلَ الْمُجَرَّبَاتِ الدَّيْرَبِيَّةِ وَحَاشِيَةِ السِّتِّيْنَ لِاسْتِحْبَابِ هَذِهِ الصَّلَاةِ الْمَذْكُوْرَةِ يُخَالِفُ كُتُبَ الْفُرُوْعَ اْلفِقْهِيَّةِ فَلَا يَصِحُّ وَلَا يَجُوْزُ الْإِفْتَاءُ بِهَا. لن ماليه حديث كع كاسبات وونتن كتاب حاشية الستين فونيكا حديث موضوع. كتراعان سكع كتاب القسطلانى على البخارى: وَيُسَمَّى الْمُخْتَلَفُ الْمَوْضُوْعَ وَيَحْرُمُ رِوَايَتُهُ مَعَ الْعِلْمِ بِهِ مُبَيِّنًا وَاْلعَمَلُ بِهِ مُطْلَقًا. انتهى
قَالَ فِى نَيْلِ اْلأَمَانِى: وَيَحْرُمُ رِوَايَتُهُ أَىْ عَلَى مَنْ عَلِمَ اَوْ ظَنَّ اَنَّهُ مَوْضُوْعٌ سَوَاءٌ كَانَ فِى اْلأَحْكَامِ أَوْ فِى غَيْرِهَا كَالْمَوَاعِظِ وَالْقَصَصِ وَالتَّرْغِيْبِ إِلاَّ مَعَ : مَنْ رَوَى عَنِّي حَدِيثًا وَهُوَ يَرَىبَيَانِ وَضْعِهِ لِقَوْلِهِ أَنَّهُ كَذِبٌ، فَهُوَ أَحَدُ الْكَذَّابِين وَهُوَ مِنَ الْكَبَائِرِ حَتَّى قَالَ الْجُوَيْنِى عَنْ أَئِمَّةِ أَصْحَابِنَا بِكُفْرِ مُعْتَمِدِهِ وَيُرَاقُ دَمُهُ. وَالْجُمْهُوْرُ اَنَّهُ لاَ يَكْفُرُ إِلاَّ إِنِ اسْتَحَلَّهُ وَاِنَّمَا يُضَعَّفُ وَتُرَدُّ رِوَايَتُهُ أَبَدًا، بَلْ يُخْتَمُ ..... اِنْتَهَى. وَلَيْسَ ِلأَحَدٍ أَنْ اَنَّهُ قَالَ: الصَّلاَةُيَسْتَبْدِلَ بِمَا صَحَّ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ خَيْرٌ مَوْضُوْعٌ فَمَنْ شَاءَ فَلْيَسْتَكْثِرْ وَمَنْ شَاءَ فَلْيَسْتَقْلِلْ، فَاِنَّ ذَلِكَ مُخْتَصٌّ بِصَلاَةٍ مَشْرُوْعِيَّةٍ سكيرا اورا بيصا تتف كسنتانى صلاة هدية كلوان دليل حديث موضوع، موعكا اورا بيصا تتف كسنتانى صلاة ربو وكاسان كلوان دليل داووهى ستعاهى علماء العارفين، مالاه بيصا حرام، سباب ايكى بيصا تلبس بعبادة فاسدة. والله سبحانه وتعالى أعلم.
(هذا جواب الفقير اليه تعالى محمد هاشم أشعارى جومباع)
Syeikh Zainuddin murid dari Syeikh Ibnu Hajar Al Maliki dalam kitab Irsyadul Ibad yang mengatakan bahwa hal itu juga termasuk Bid’ah madzmumah ( tercela ). Maka bagi orang yang ingin melaksanakan sholat tersebut sesuai dengan tuntunan syeikh Al-Kamil Farid Ad-Din dalam kitab Jawahir Al-Khomis hendaknya berniat melaksanakan sholat sunnah mutlak dimana sholat mutlak adalah sholat yang tidak dibatasi oleh waktu, sebab dan bilangannya.
Ulama nusantara yang jelas-jelas tidak memperbolehkannya di antaranya adalah KH. Hasyim Asy'ary. Sedangkan ulama-ulama yang berhaluan sufi cenderung melaksanakannya, solusi yang digunakan untuk mendamaikan dua kutub yang bertentangan ini menurut KH. Bisyri Mustofa adalah niat solatnya adalah niat solat muthlaq, hal ini juga berlaku dalam sholat-sholat lain yang tidak ada dalil hadits dan qur'an seperti sholat anisul qobri (sebagian orang menyebutnya sholat rahmat yaitu sholat yang dilakukan dengan tujuan untuk meminta ampunan kepada orang yang telah meninggal). Lihat Nuzhatul majaliz bab sholat anisul qobri.
Wallohu a'lam. [Masaji Antoro, Muhammad Ulul Azmi, Begawan Sinting AlasRoban].
Link Asal :

http://goo.gl/55CrL