Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna ๐Ÿ‘‰ Download!

1890. HUKUM BEKERJA KEPADA NON MUSLIM

PERTANYAAN :
Assalamu'alaikum. Apa hukumnya kalau kita bekerja kepada orang yang bukan beragama islam ? [Topa Aben].
JAWABAN :
Wa'alaikumsalam. Menurut pendapat yang paling shahih pada madzhab Syafi’i boleh bekerja kepada orang yang bukan beragama islam, sedang madzhab Hanbali sepakat membolehkannya. Boleh kerja sama dengan kafir tetapi makruh selama hanya bekerjasama kalau khidmah maka hukumnya HARAM.
1. MADZHAB SYAFI’I :
ูุฑุน  ูŠุฌูˆุฒ ุฃู† ูŠุณุชุฃุฌุฑ ุงู„ูƒุงูุฑ ู…ุณู„ู…ุงً ุนู„ู‰ ุนู…ู„ ููŠ ุงู„ุฐู…ุฉ ูƒุฏูŠู† ููŠ ูˆูŠุฌูˆุฒ ุฃู† ูŠุณุชุฃุฌุฑู‡ ุจุนูŠู†ู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ุฃุตุญ ุญุฑุงً ูƒุงู† ุฃูˆ ุนุจุฏุง
“Diperbolehkan non muslim menyewa orang muslim untuk mengerjakan sesuatu yang masih ada dalam tanggungan (masih akan dikerjakan kemudian) sebagaimana orang muslim boleh membeli sesuatu dari orang non muslim dengan bayaran yang masih ada dalam tanggungan (hutang), dan diperbolehkan orang muslim boleh menyewakan dirinya (tubuh/tenaganya) kepada orang non muslim menurut pendapat yang paling shahih baik ia merdeka atau sahaya”. [ Raudhah at-Thoolibiin I/403 ].
(ูุฑุน) ู‚ุงู„ ุฃุตุญุงู†ุจุง ูŠุฌูˆุฒ ุฃู† ูŠุณุชุฃุฌุฑ ุงู„ูƒุงูุฑ ู…ุณู„ู…ุง ุนู„ู‰ ุนู…ู„ ููŠ ุงู„ุฐู…ุฉ ุจู„ุง ุฎู„ุงู ูƒู…ุง ูŠุฌูˆุฒ ู„ู„ู…ุณู„ู… ุฃู† ูŠุดุชุฑู‰ ู…ู†ู‡ ุดูŠุฆุง ุจุซู…ู† ููŠ ุงู„ุฐู…ุฉ ูˆู‡ู„ ูŠุฌูˆุฒ ู„ู„ู…ุณู„ู… ุฃู† ูŠุคุฌุฑ ู†ูุณู‡ ู„ูƒุงูุฑ ุฅุฌุงุฑุฉ ุนู„ู‰ ุนูŠู†ู‡ ููŠู‡ ุทุฑูŠู‚ุงู† ู…ุดู‡ูˆุฑุงู† ุฐูƒุฑู‡ู…ุง ุงู„ู…ุตู†ู ููŠ ุฃูˆู„ ูƒุชุงุจ ุงู„ุงุฌุงุฑุฉ (ุฃุตุญู‡ู…ุง) ุงู„ุฌูˆุงุฒ
“Para pengikut imam Syafi’i berpendapat bahwa orang non muslim boleh menyewa orang muslim untuk mengerjakan sesuatu yang masih ada dalam tanggungan (masih akan dikerjakan kemudian) sebagaimana orang muslim boleh membeli sesuatu dari orang non muslim dengan bayaran yang masih ada dalam tanggungan (hutang).
Tentang kebolehan sewa menyewa ini, tidak ada seorangpun yang berbeda pendapat. Lalu, apakah orang muslim boleh menyewakan dirinya (tubuh/tenaganya) kepada orang non muslim? Dalam permasalah ini ada dua pendapat yang masyhur. Kedua pendapat itu disebutkan oleh mushannif di awal kirab Ijรขrah. Akan tetapi, pendapat yang paling shahih adalah pendapat yang mengatakan boleh". [ Al-Majmuu’ ala Syarh al-Muhadzdzab IX/359 ].
2. MADZHAB HANBALI :
( 3181 ) ูَุตْู„ٌ : ูˆَู„َูˆْ ุฃَุฌَّุฑَ ู…ُุณْู„ِู…ٌ ู†َูْุณَู‡ُ ู„ِุฐِู…ِّูŠِّ ، ู„ِุนَู…َู„ٍ ูِูŠ ุฐِู…َّุชِู‡ِ ، ุตَุญَّ ؛ { ู„ِุฃَู†َّ ุนَู„ِูŠًّุง ، ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ุฃَุฌَุฑَ ู†َูْุณَู‡ُ ู…ِู†ْ ูŠَู‡ُูˆุฏِูŠٍّ ، ูŠَุณْุชَู‚ِูŠ ู„َู‡ُ ูƒُู„َّ ุฏَู„ْูˆٍ ุจِุชَู…ْุฑَุฉٍ ، ูˆَุฃَุชَู‰ ุจِุฐَู„ِูƒَ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูَุฃَูƒَู„َู‡ُ} ูˆَูَุนَู„َ ุฐَู„ِูƒَ ุฑَุฌُู„ٌ ู…ِู†ْ ุงู„ْุฃَู†ْุตَุงุฑِ ، ูˆَุฃَุชَู‰ ุจِู‡ِ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูَู„َู…ْ ูŠُู†ْูƒِุฑْู‡ُ .ูˆَู„ِุฃَู†َّู‡ُ ู„َุง ุตَุบَุงุฑَ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูِูŠ ุฐَู„ِูƒَ .ูˆَุฅِู†ْ ุงุณْุชَุฃْุฌَุฑَู‡ُ ูِูŠ ู…ُุฏَّุฉٍ ، ูƒَูŠَูˆْู…ٍ ، ุฃَูˆْ ุดَู‡ْุฑٍ ูَูِูŠู‡ِ ูˆَุฌْู‡َุงู†ِ ؛ ุฃَุญَุฏُู‡ُู…َุง ، ู„َุง ูŠَุตِุญُّ ؛ ู„ِุฃَู†َّ ูِูŠู‡ِ ุงุณْุชِูŠู„َุงุกً ุนَู„َูŠْู‡ِ ، ูˆَุตَุบَุงุฑًุง ، ุฃَุดْุจَู‡َ ุงู„ุดِّุฑَุงุกَ .ูˆَุงู„ุซَّุงู†ِูŠ ، ูŠَุตِุญُّ .ูˆَู‡ُูˆَ ุฃَูˆْู„َู‰ ؛ ู„ِุฃَู†َّ ุฐَู„ِูƒَ ุนَู…َู„ٌ ูِูŠ ู…ُู‚َุงุจَู„َุฉِ ุนِูˆَุถٍ ، ุฃَุดْุจَู‡َ ุงู„ْุนَู…َู„َ ูِูŠ ุฐِู…َّุชِู‡ِ ، ูˆَู„َุง ูŠُุดْุจِู‡ُ ุงู„ْู…ِู„ْูƒَ ؛ ู„ِุฃَู†َّ ุงู„ْู…ِู„ْูƒَ ูŠَู‚ْุชَุถِูŠ ุณُู„ْุทَุงู†ًุง ، ูˆَุงุณْุชِุฏَุงู…َุฉً ، ูˆَุชَุตَุฑُّูًุง ุจِุฃَู†ْูˆَุงุนِ ุงู„ุชَّุตَุฑُّูَุงุชِ ูِูŠ ุฑَู‚َุจَุชِู‡ِ ، ุจِุฎِู„َุงูِ ุงู„ْุฅِุฌَุงุฑَุฉِ .
"Seandainya orang muslim mempekerjakan dirinya pada kafir dzimmi untuk mengerjakan sesuatu, maka akad sewa menyewa tersebut sah. Karena sayyidina Ali ra. pernah menyewakan dirinya pada orang yahudi untuk menyiram ladang milik yahudi dengan upah setiap satu timba air digaji dengan sebuah kurma. Kemudian sayyidina Ali memberikan kurma tersebut pada nabi dan dimakan oleh Nabi. Perbuatan sayyidina Ali tersebut ditiru oleh seorang laki-laki dari golongan Anshar dan memberikan kurma yang didapatnya pada nabi. Nabipun tidak pernah mengingkari perbuatan tersebut.
Alasan selanjutnya adalah karena tidak ada unsur penghinaan pada orang muslim dalam akad ijarah tersebut. Akan tetapi, bila orang non muslim menyewa orang muslim untuk suatu masa tertentu, misalnya satu hari atau sebulan, maka dalam hal ini ada dua pendapat.
Pendapat pertama mengatakan bahwa akad tersebut tidak sah karena mengandung unsur penguasaan dan penghinaan terhadap orang muslim. Ketentuan ini sama dengan menjual budak muslim pada orang non muslim. Pendapat kedua mengatakan akad tersebut sah.
Pendapat kedua inilah yang paling sahih karena ijรขrah merupakan suatu pekerjaan yang diimbangi dengan bayaran (upah) sehingga menyerupai perjanjian untuk bekerja, tidak sama dengan kepemilikan (dalam budak yang diperjualbelikan), karena kepemilikan mengakibatkan adanya penguasaan, kepemilikan untuk selamanya, serta pemanfaatan secara bebas. Hal ini berbeda dengan ijรขrah". [ Al-Mughni ala al-Quddaamah VIII/495 ]. Wallohu a'lam. [Masaji Antoro, Mbah Jenggot II].
- I’anatut Tholibin, Juz 3 Hal 129 :
ูŠุตุญ ุงุณุชุฆุฌุงุฑ ูƒุงูุฑ ู„ู…ุณู„ู…، ูˆู„ูˆ ุฅุฌุงุฑุฉ ุนูŠู†، ู…ุน ุงู„ูƒุฑุงู‡ุฉ، ู„ูƒู† ู„ุง ูŠُู…ูƒّู† ู…ู† ุงุณุชุฎุฏุงู…ู‡ ู…ุทู„ู‚ุง، ู„ุงู†ู‡ ู„ุง ูŠุฌูˆุฒ ุฎุฏู…ู‡ ุงู„ู…ุณู„ู… ู„ู„ูƒุงูุฑ ุฃุจุฏุง.
- Nihayatul Muhtaj, Hal 233 :
ุงุณْุชِุฆْุฌَุงุฑُ ูƒَุงูِุฑٍ ู„ِู…ُุณْู„ِู…ٍ ูˆَู„َูˆْ ุฅุฌَุงุฑَุฉَ ุนَูŠْู†ٍ ุตَุญِูŠุญٍ ู„َูƒِู†َّู‡َุง ู…َูƒْุฑُูˆู‡َุฉٌ ، ูˆَู…ِู†ْ ุซَู…َّ ุฃُุฌْุจِุฑَ ูِูŠู‡َุง ุนَู„َู‰ ุฅูŠุฌَุงุฑِู‡ِ ู„ِู…ُุณْู„ِู…ٍ ูˆَุฅِูŠุฌَุงุฑِ ุณَูِูŠู‡ٍ ู†َูْุณَู‡ُ ู„ِู…َุง ู„َุง ูŠَู‚ْุตِุฏُ ู…ِู†ْ ุนَู…َู„ِู‡ِ ูƒَุงู„ْุญَุฌِّ ู„ِุฌَูˆَุงุฒِ ุชَุจَุฑُّุนِู‡ِ ุจِู‡ِ .
- Hasyiyah Qalyubi Hal 455 :
ูˆَุฃَู…َّุง ุฎِุฏْู…َุฉُ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِ ู„ِู„ْูƒَุงูِุฑِ ูَุญَุฑَุงู…ٌ ู…ُุทْู„َู‚ًุง ุณَูˆَุงุกٌ ุจِุนَู‚ْุฏٍ ุฃَูˆْ ุจِุบَูŠْุฑِ ุนَู‚ْุฏٍ
Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/379070452115769/