Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1845. MAKNA " AS-SULTHAAN " DALAM QS.AR-RAHMAN : 33

PERTANYAAN :


Ngaji-nyo Ngaji
assalamualaikum,

saya mao nanya,

pada lafadz,
''la tanfudzuu illa bi sulthon''(QS AR ROHMAN)

APAKAH BOLEH lafadz "SHULTON" diartikan ilmu pengetahuan?
sebagaimana yg ada di buku2 agama di sekolah.

terima kasih


JAWABAN :



>> Mbah Jenggot II

Wa`alaikum salam.dalam tafsir rozi

والسلطان هو القوة الكاملة


>> Masaji Antoro

Wa'alaikumsalam

Dalam beberapa literatur kitab tafsir arti AS-SULTHAAN dalam ayat diatas memang terdapat dua penafsiran, dan penafsiran AS-SULTHAAN dengan "ilmu pengetahuan" berpijak pada riwayat dari Sahabat Ibn Abbas ra. berikut sedikit uraiannya :

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانْفُذُوا لَا تَنْفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ

“Hai jemaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan.” (QS. 55:33)

{ لا تَنْفُذُونَ إِلا بِسُلْطَانٍ } أي: بملك، وقيل بحجة، والسلطان: القوة التي يتسلط بها على الأمر، فالملك والقدرة والحجة كلها سلطان، يريد حيثما توجهتم كنتم في ملكي وسلطاني. وروي عن ابن عباس قال: معناه: إن استطعتم أن تعلموا ما في السموات والأرض فاعلموا ولن تعلموه إلا بسلطان أي ببينة من الله عز وجل

“kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan.” (QS. 55:33)” artinya dengan kekuasaan, menurut pendapat lain artinya bukti kuat, AS-SULTHAN adalah kekuatan untuk menguasai suatu perkara, kekuasaan, kemampuan dan bukti-bukti semua tergolong AS-SULTHAN. Yang dimaksudkan pengertiannya dimanapun kalian berada kalian berada pada kekuasaan dan kekuatanKu.

Diriwayatkan dari Ibn Abbas ra. Ia berkata “Arti ayat diatas adalah, bila kalian mampu mengetahui apa-apa yang dibumi dan dilangit maka ketahuilah...!!, sesuangguhnya kalian tak akan mampu mengetahuinya kecuali dengan bukti autentik dari Allah Ta’ala.
Tafsiir al-Baghowi VII/447

قال تعالى : ( لا تنفذون إلا بسلطان ( يعني لا تقدرون على النفوذ إلا بقوة وقهر وغلبة وأني لكم ذلك لأنكم حيثما توجهتم كنتم في ملكي وسلطاني وقال ابن عباس معناه إن استطعتم أن تعلموا ما في السموات والأرض فاعلموا ولن تعلموه إلا بسلطان أي بينة من الله تعالى

Firman Allah Ta’ala “kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan” artinya artinya kalaian tidak akan mampu menembusnya melainkan dengan kekuatan, pemaksaan dan penguasaan dan AKU bagi kalian adalah segalanya karena dimanapun kalian berada kalian berada pada kekuasaan dan kekuatanKu.

Ibn Abbas ra berkata “Arti ayat diatas adalah, bila kalian mampu mengetahui apa-apa yang dibumi dan dilangit maka ketahuilah...!!, sesuangguhnya kalian tak akan mampu mengetahuinya kecuali dengan bukti autentik dari Allah Ta’ala.
Tafsiir al-Khoziin VII/7

وقال ابن عباس : يعني : إن استطعتم أن تعلموا ما في السموات والأرض فاعلموا ، ولن تعلموه إلاّ بسلطان يعني البيّنة من الله سبحانه . ) لا تنفذون إلاّ بسلطان ( أي حجة .

Ibn Abbas ra berkata “Arti ayat diatas adalah, bila kalian mampu mengetahui apa-apa yang dibumi dan dilangit maka ketahuilah...!!, sesuangguhnya kalian tak akan mampu mengetahuinya kecuali dengan bukti autentik dari Allah Ta’ala.
Al-Kasyf wal Bayaan IX/186

والسلطان : القوة التي يتسلّط بها على الأمر والملك والقدرة والحجة كلها سلطان ، يريد : حيث ما توجهتم كنتم في ملكي .

Pengertian AS-SULTHAN dalam ayat tersebut adalah kekuatan untuk menguasai suatu perkara, kekuasaan, kemampuan dan bukti-bukti semua tergolong AS-SULTHAN.
Al-Lubaab fii ‘Uluum al-Kitaab 18/331

إن استطعتم أن تنفذوا من أقطار السموات والأرض فانفذوا لا تنفذون إلا بسلطان " يعني لا تنجون إلا بحجة وبرهان

“jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan.” (QS. 55:33)
Artinya kalian tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan bukti dan tanda-tanda yang nyata.
Bahr al-’Uluum, Tafsiir as-Samarqandy III/36

Lebih transparan Abu Abdillah Muhammad Bin Umar Bin Hasan Bin Husein at-Taymy ar-Razi dalam tafsirnya menyebutkan :

{ إِنِ استطعتم أَن تَنفُذُواْ مِنْ أقطار السموات والأرض فانفذوا لاَ تَنفُذُونَ إِلاَّ بسلطان } [ الرحمن : 33 ] فعلى هذا يكون المراد منه سعة العلم

“Jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan.” (QS. 55:33)
Maka yang dimaksud darinya adalah kelapangan dan kedalaman ilmu...
Tafsiir ar-Razi II/306

Wallaahu A'lamu Bis Showaab


>> Sunde Pati

sulton adalah hujjah
yang diambil dari kata ASSALITH yg artinya sesuatu yg dijadikan terangnya lampu

أيسر التفاسير لكلام العلي الكبير (1/ 391)

السلطان: الحجة لأن الحق يؤخذ بالحجة ويؤخذ بالسلطان، وهل السلطان مأخوذ من السليط، وهو ما يضاء السراج، وهو دهن السمسم، وسمي الحاكم سلطاناً للاستضاءة به في إظهار الحق وقمع الباطل؟ نعم، وجائز


Link Asal >>
http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/467725766583570/?comment_id=467743839915096&offset=0&total_comments=5