Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1684. PERINGKAT TOKOH AHLI FIQH

Seorang mufti harus mengetahui kedudukan ulama yang pendapatnya dijadikan fatwa, baik kedudukannya dalam kemampuan ilmu riwayah maupun dirayah. Mufti juga seharusnya mengetahui tingkatan ulama tersebut di kalangan para fuqaha, agar ia dapat membedakan di antara pendapat-pendapat yang bertentangan dan membuat tarjih dengan mengutamakan yang paling kuat.  

1. MUJTAHID YANG BERIJTIHAD SENDIRI (MUJTAHID MUSTAQILL)

Mujtahid mustaqill ialah mujtahid yang mampu membuat kaidah untuk dirinya sendiri. Dia membina fiqh di atas kaidah-kaidah tersebut. Imam madzhab yang empat termasuk mujtahid kategori ini. Ibnu ‘Abidin menamakan thabaqah (tingkat) ini sebagai thabaqah Al-Mujtahidin dalam syara’.  

2. MUJTAHID MUTLAK YANG TIDAK BERIJTIHAD SENDIRI (MUJTAHID MUTHLAQ GHAIRU MUSTAQILL)

Mujtahid muthlaq ghairu mustaqill ialah mujtahid yang memiliki syarat-syarat berijtihad yang dimiliki mujtahid mustaqill, tetapi dia tidak mencipta kaidah-kaidah sendiri, melainkan dia mengikuti cara salah seorang dari para imam mujtahid. Jadi, mereka sebenarnya muntasib (mengikuti) bukan mustaqill (berdiri sendiri). Contohnya, adalah murid-murid para imam yang empat seperti Abu Yusuf, Muhammad, dan Zufar dari golongan Hanafi. Ibnul Qasim, Asyhab, Asad Ibnul Furat dari madzhab Maliki. Al-Buwaiti dan Al-Muzani dari madzhab Syafi’i. Dan seperti Abu Bakar Al-Marwazi dari madzhab Hambali.

Ibnu ‘Abidin menamakan tingkat ini sebagai thabaqah al-mujtahidin dalam madzhab. Mereka berupaya mengeluarkan hukum-hukum dari dalil-dalil syara’ menurut yang ditetapkan oleh guru mereka dalam mengeluarkan hukum. Meskipun dalam sebagian hukum, mereka berbeda pendapat dengan guru mereka, tetapi mereka mengikutinya dalam kaidah-kaidah yang utama. Kedua tingkatan ini telah pupus dan tidak ada lagi.
  3.  MUJTAHID MUQAYYAD

Mujtahid Muqayyad disebut juga dengan mujtahid dalam masalah-masalah yang tidak ada nash dari imam Madzhab atau mujtahid at-takhrij.

Mereka adalah seperti Al-Khashshaf, Ath-Thahawi, Al-Karkhi, Al-Hilwani, As-Sarakhsi, Al-Bazdawi, dan Qadi Khan dari madzhab Hanafi, seperti juga Al-Abhari, Ibnu Abi Zaid Al-Qairawani dari madzhab Maliki. Abi Ishaq Asy-Syirazi, Al-Marwazi, muhammad bin Jabir, Abu Nashr, dan Ibnu Khuzaimah dari madzhab Syafi’i, seperti Qadi Abu Ya’la dan Qadi Abu Ali bin Abu Musa dari madzhab Hambali. Mereka semua dinamakan ashabul wujuh, sebab melahirkan hukum-hukum yang tidak dinashkan oleh imam (madzhab). Perbuatan mereka dinamakan satu wajh dalam madzhab atau satu pendapat (ra’yun) dalam madzhab. Pendapat-pendapat ini dinisbatkan kepada para imam ini, bukan kepada imam pencetus madzhab. Hal ini banyak terjadi pada madzhab Asy-Syafi’i dan Hambali.  

4.  MUJTAHID TARJIH

Mujtahid Tarjih yaitu mujtahid yang mampu menguatkan pendapat yang dikeluarkan oleh imam madzhab dari pendapat-pendapat yang dikeluarkan oleh imam madzhab dari pendapat-pendapat yang lain. Atau, yang mampu melakukan tarjih di antara apa yang dikatakan oleh imam, dan apa yang dikatakan oleh murid-muridnya ataupun oleh para imam yang lain. Jadi, dia berusaha menguatkan sebagian riwayat yang lain. Misalnya Al-Qaduri dan Al-Marghinani, pengarang kitab Al-Hidayah, dari madzhab Hanafi. Seperti Al-‘Allamah Khalid dari golongan ulama Maliki. Seperti Ar-Rafi’i dan An-Nawawi dari golongan ulama Syafi’i dan seperti Al-Qadhi Alauddin Al-Mardawi, Abul Khaththab Mahfuzh bin Ahmad Al-Kaludzani Al-Baghdadi (510 H) mujtahid dari madzhab Hambali.  

5. MUJTAHID FATWA

Yaitu, seorang mujtahid yang berpegang kuat dengan madzhab, menerima dan menyampaikannya kepada orang lain, serta memberi penjelasan dalam perkara-perkara yang jelas dan dalam perkara-perkara yang musykil. Dia membuat perbedaan di antara pendapat yang paling kuat, yang kuat, yang lemah, yang rajih, dan yang marjuh. Tetapi dia mempunyai kelemahan dalam menguraikan dalil dan mengemukakan bandingannya (qiyas). Mereka adalah terdiri atas para penulis kitab pada zaman mutakhir seperti pengarang kitab Al-Kanz; pengarang Ad-Durr Al-Mukhtar, pengarang Al-Wiqayah, pengarang Majma’ Al-Anhar dari golongan ulama Hanafi, dan seperti Ar-Romli dan Ibnu Hajar dari golongan ulama Syafi’i.  

6. THABAQAT MUQALLIDIN

Al-Muqallidun ialah orang yang tidak mempunyai kemampuan untuk membuat perbedaan antara pendapat yang lemah dan yang kuat, serta tidak dapat membedakan antara yang rajih dan yang marjuh

Selain itu, jumhur ulama tidak membedakan antara mujtahid muqayyad dengan mujtahid takhrij sedangkan Ibnu ‘Abidin meletakkan thabaqat mujtahid takhrij di tempat yang ke empat setelah mujtahid muqayyad dengan memberi contoh Ar-Razi Al-Jashshash (meninggal 370 H) dan yang setingkat dengannya.

مراتب الفقهاء

لابد للمفتي أن يعلم حال يفتي بقوله, فيعرف درجته في الرواية وفي الدراية, وطبقته بين طبقات الفقهاء, ليميز بين الآراء المتعارضة, ويرجح أقواها

١. المجتهد المستقل : وهو الذي استقل بوضع قواعده لنفسه, يبني عليها الفقه, كأئمة المذاهب الأربعة. وسمى ابن عابدين هذه الطبقة : طبقة المجتهدين في الشرع.

٢. المجتهد المطلق غير المستقل : وهو الذي وجدت فيه شروط الاجتهاد التي اتصف بها   المجتهد المستقل, لكنه لم يبتكر قواعد لنفسه, بل سلق طريق إمام من أئمة المذاهب في الاجتهاد, فهو مطلق منتسب, لا مستقل, مثل تلامذة الأئمة السابق ذكرهم كأبي يوسف محمد وزفر من الحنفية, وابن القاسم وأثهب وأسد بن الفرات من المالكية, والبويطى والمزني من الشافعية, وأبي بكر الأثرم, وأبي بكر المروذي من الحنابلة. وسمى ابن عابدين هذه الطبقة : طبقة المجتهدين في المذهب : وهم القادرون على استخراج الأحكام من الأدلة الفروع, لكن يقلدونه في قواعد الأصول. وهاتان المرتبتان قد فقدتا من زمان.

٣. المجتهد المقيد, أو مجتهد المسائل التي لا نص فيها عن صاحب المذهب أو مجتهد التخريج, كالخصاف والطحاوي والكرخي والحلواني والسرخسي والبزدوي وقاضي خان من الحنفية, وأبي إسحاق الشيرازي والروزي ومحمد بن جرير وأبي نصر وابن خزيمة من الشافعية,  والقاضي أبي يعلى والقاضي أبي علي بن أبي موسى من الحنابلة. وهؤلاء يسمون أصحاب الوجوه, لأنهم يخرجمن ما لم ينص عليه على أقوال الإمام, ويسمى ذلك وجها في المذهب, أو قولا فيه.

٤. مجتهد الترجيح : وهو الذي يتمكن من ترجيح قول لإمام المذهب على قول آخر, أو الترجيح بين ما قاله الإمام وما قاله تلاميذه أو غيره من الأئمة, فشأنه تفضيل بعض الروايات على بعض, مثل القدوري والمرغيناني صاحب الهداية من الحنفية, والعلامة خليل من المالكية, والرفعي والنووي من الشافعية, والقاضي علاء الدين المرداوي منقح مذهب الحنابلة, وأبي الخطاب محفوظ بن أحمد الكلوذاني البغدادي (٥١٠ھ) المجتهد في مذهب الحنابلة.
٥. مجتهد الفتيا : وهو أن يقوم بحفظ المذهب ونقله وفهمه في الواضحات والمشكلات, ويميز بين الأقوى والقوى والضعيف, والراجح والمرجوح, ولكن عنده ضعف في تقرير أدلته وتحرير أقيسته, كأصحاب المتون المعتبرة من المتأخرين, مثل صاحب الكنز, وصاحب الدر المختار, وصاحب الوقاية, وصاحب مجمع الأنهر من الحنفية, والرافعي والنووي من الشافعية.

٦. طبقة المقلدين : الذين لا يقدرون على ما ذكر من التمييز بين القوي وغيره, ولا يفرقون بين الغث والسمين.

هذا ولم يفرق الجمهور بين المجتهد المقيد, ومجتهد التخريج, وجعل ابن عابدين طبقة مجتهد التخريج مرتبة رابعة بعد المجتهد المقيد, ومثل له بالرازي الجصاص (المتوفى سنة ٣٧٠ھ) وأمثاله. اھ

Al-Fiqh Al-Islam wa Adillatuhu Juz 1 hal. 46-48

Wallahu A’lamu Bish-showaab