Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1624. HUKUM DAN TATA CARA SHOLAT ISRO' MI'ROJ

PERTANYAAN :
Assalamualaikum, nderek tanglet barusan saya dapat sms dari teman untuk melaksanakan sholat isra' nanti malam, jujur baru kali ini saya dengar ada sholat isro', mungkin teman-teman ada yang tahu tentang sholat tersebut ? [Array Hielmy Basya].
JAWABAN :
Wa'alaikumsalam. Di kalangan Ulama Madzaahib al-Arba’ah belum kami temukan keterangan mengenai shalat malam isra’ mi’raj, karena shalat ini biasa dilakukan oleh orang-orang kalangan Syiah dengan berpedoman pada beberapa riwayat seperti yang dituturkan oleh as-Syaikh Muhammad Bin Hasan at-Thuusy pada kitab al-Mishbah al-Mutahaajjad Hal 813-814 :
روى صالح بن عقبة عن أبي الحسن ع أنه قال صل ليلة سبع و عشرين من رجب- أي وقت شئت من الليل اثنتي عشرة ركعة- تقرأ في كل ركعة الحمد و المعوذتين و قل هو الله أحد أربع مرات- فإذا فرغت قلت و أنت في مكانك أربع مرات- لا إله إلا الله و الله أكبر و الحمد لله- و سبحان الله و لا حول و لا قوة إلا بالله- ثم ادع من بعد بما شئت
TATA CARA SHALAT ISRO’ MI’ROJ
Menjalankan shalat di malam 27 rajab dan yang lebih baik pada sepertiga malam terakhir sebanyak 12 rakaat, setiap rakaatnya membaca al-Hamdu dan surat al-Falaq, an-Naas sebanyak 7X ditambah al-Ikhlas 4X.Setelah selesai salam dalam posisi duduk membaca LAA ILAAHA ILLALLAAHU WALLAAHU AKBAR WAL HAMDU LILLAAH WA SUBHAANALLAAH, WA LAA HAWLA WA LAA QUWWATA ILLA BILLAAH, kemudian berdoalah sesuai keinginan anda. [ al-Mishbah al-Mutahaajjad Hal 813-814 ].

NB : Karena dasar shalat isro mi'roj ini hanya bersumber dari golongan syiah, maka tidak direkomendasikan untuk dilaksanakan. Wallaahu A'laamu Bis Showaab. [Masaji Antoro].