Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

0993. HUKUM SHOLAT JENAZAH TANPA WUDHU ?

PERTANYAAN :
Ustadz, katanya ada ibarot yang memperbolehkan kalau sholat jenazah itu boleh ga usah wudlu', benar ga tu sich ? kalau benar di kitab apa ? [Jhi Ro Lu].
JAWABAN :
Semua ulama sepakat bahwa haram shalat tanpa bersuci baik dengan air atau debu, dan tidak ada bedanya antara shalat wajib, shalat sunnah, sujud tilawah, sujud syukur dan shalat jenazah, kecuali qaul yang diceritakan dari imam assya'bi dan muhammad ibn jarir at thabari bahwa keduanya memperbolehkan shalat jenazah dalam keadaan tidak suci, dan ini adalah pendapat yang bathil yang berbeda dengan pendapat kebanyakan ulama. Lihat Syarh shahih muslim 3/103 :

و أجمعت الأمة على تحريم الصلاة بغير طهارة من ماء أو تراب و لا فرق بين الصلاة المفروضة و النافلة و سجود التلاوة و الشكر و صلاة الجنازة إلا ما حكي عن الشعبي و محمد بن جرير الطبري من قولهما تجوز صلاة الجنازة بغير طهارة و هذا مذهب باطل و أجمعت الأمة على خلافه ~شرح  مسلم للنووي ٣/١٠٣
Ini alasan mereka berdua dalam Al Hawi al kabir 3/52 :
فهي صلاة شرعية يجب فيها طهارة الأعضاء و سترة العورة و استقبال القبلة و هو قول الكافة إلا أن الشعبي و إبن جرير الطبري فإنما قالا ليست صلاة شرعية و إنما دعاء و استغفار يجوز فعلها بغير طهارة هذا قول خرقا فيه الإجماع و خالفا فيه الكافة ~الحاوي الكبير ٣/٥٢
Imam as sya'bi dan ibn jarir at thabari mengatakan bahwa shalat jenazah bukanlah shalat syar'iyah (karena tidak ada ruku' dan sujudnya) dan ia hanyalah sebuah do'a dan istighfar oleh karena itu boleh dilakukan meskipun tidak dalam keadaan suci. Wallohu a'lam. [Ismael Kholilie].