Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

0968. INILAH ALASAN BACAAN SHOLAT PADA SIANG HARI DI SIIRKAN

PERTANYAAN :
Apa alasan sholat di siang hari bacaannya agar di-siirkan (pelankan) dan sholat di malam hari agar dikeraskan? [Zainal Arifin Kakank].
JAWABAN :
Disunnahkan melirihkan bacaan ketika shalat dhuhur dan ashar karena pada zaman nabi saw, di waktu itulah kafir qurais menyakiti nabi dan shabatnya, dan akan mencaci Allah dan rasulNya ketika mereka mendengar bacaan Al-Qur'an. Sedang dalam shalat subuh dan isya' disunnahkan mengeraskan bacaan karena pada waktu itu kafir qurais sedang berisitirahat, dan di waktu maghrib mereka sibuk dengan makan malam mereka. Dalam shalat jum'at dan 'ied juga disunnahkan mengeraskan bacaan karena kedua shalat ini disyariatkan ketika keadaan sudah aman yaitu ketika nabi saw sudah hijrah ke madinah. [ Hasyiah Al bajuri 1/174 ]. Wallohu a'lam. [Ismael Kholilie].
الباجوري ١/١٧٤

‎(قوله الصبح)إنما طلب الجهر فيها مع أن الكفار كانوا حين سماعهم القرآن في صلاة النبي صلى الله عليه و سلم يسبون من أنزله و من أنزل عليه كما مر لأنهم يكونون في هذه الوقت نائمين و لذلك طلب الجهر في العشاء أيضا و في نهارية مقضية ليلا أو وقت صبح و أما المغرب فطلب الجهر فيه لأنهم كانوا يشتغلون في وقته بالعشاء و أما الجمعة و العيد فلأنه صلى الله عليه و سلم أقامهما بالمدينة و لم يكن للكفار فيها قوة و لما كانوا مستعدين للإيذاء في وقتي الظهر و العصر طلب الإسرار فيهما بل و في الليلة المقضية نهارا و هذا السبب و إن زال لكن الحكم المترتب عليه باق لأنه الحكمة المشروعية و الحكمة لا يلزم دوامها ~