Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

0825. Menjaga Keamanan Pondok Salah Satu Udzur Sholat Jum'at ?

PERTANYAAN :
Pertanyaan titipan : apakah dengan alasan menjaga amanah, bisa menjadi alasan gugurnya sholat jumat, bagi yang sedang bertugas menjaga ? Nb : permasalahannya gini, dulu di pondok saya itu, yang bertugas jaga gerbang pesantren itu tidak ada yang jumatan, dan itu sudah jadi tradisi mereka tidak jumatan, cuma shalat dzuhur, lalu bagaimana tentang masalah di atas ? kalau ditinggalkan memang dapat menyebabkan bahaya, karena bisa jadi barang-barang yang ada di pesantren jadi ada yang hilang, dan dikhawatirkan akan ada orang yang tidak dikenal masuk tanpa adanya pengawasan terlebih dahulu, terima kasih.
JAWABAN :
Demi menjaga amanah seperti di atas, bisa tidak wajib berjama'ah shalat jum'at, karena termasuk udzur yang bisa menggugurkan kewajiban jum'at adalah khawatir akan keselamatan harta, harga diri dan badan, meskipun semuanya adalah milik orang lain. Wallohu a'lam. [Ismael Kholilie].
- al bajuri 1/220 :
فلا تجب الجمعة على كافر أصلي و صبي و مجنون و رقيق و أنثي و مريض و نحوه

(قوله ومريض و نحوه)من كل معذور بمرخص في ترك الجماعة مما يتصور هنا بخلاف ما لا يتصور هنا وهو الريح الباردة ليلا و أما ما يتصور هنا فكالحر-إلى أن قال-و الخوف على معصوم من مال أو عرض أو بدن و لو لغيره~حاشية الباجوري ١/٢٢٠