Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

750. AHLAQ: ADAB BERCAKAP


Al-Baqir Sun


                                                          Adad Bercakap

1. Ucapan Bermanfaat,
Dalam kamus seorang Muslim, hanya ada dua pilihan ketika hendak bercakap dengan orang lain. Mengucapkn sesuatu yg baik atau memilih diam. Rasulullah saw bersabda: "Barang siapa mengaku beriman kepada Allah dan hari pembalasan hendaknya ia berkata yg baik atau memilih diam." (HR. Bukhari).

2. Bernilai Sedekah
"Setiap tulang itu memiliki kewajiban bersedekah setiap hari. Di antaranya, memberi boncengan kepada orang lain diatas kendaraannya, membantu mengangkatkan barang orang lain ke atas tunggangannya, atau sepotong kalimat yg diucapkan dengan baik dan santun." (HR. Al-Bukhari).

3. Menjauhi Pembicaraan Sia-Sia
Sebaiknya menghindari pembicaraan berujung kepada kesia-siaan dan dosa semata. "Sesungguhnya orang yg paling aku benci dan paling jauh jaraknya dariku pada hari kiamat adalah para penceloteh lagi banyak bicara." (HR. At-Tirmidzi).


‎4. Tidak Terperangkap Ghibah
"..... Dan janganlah ada di antara kamu yg menggunjing sebagian yg lain. Apakah ada di antara kamu yg suka memakan daging saudaranya yg sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh Allah Maha pererima tobat lagi Maha Penyayang."
(Al-Hujurat 12).

5. Stop Mengadu Domba
Hudzaifah Radhiyallahu anhu meriwayatkn, saya mendengar Rasulullah saw brsbda; "Tak akan masuk surga orang yg suka mengadu domba." (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Stop Berbohong
"Sesungguhnya kejujuran itu mendatangkn kebaikn, dan kebaikan itu akan berujung kpd surga. Dan orang yg senantiasa berbuat jujur niscaya tercatat sebagai orang jujur. Dan sesungguhnya kebohongan itu mendatangkn kejelekn, dan kejelekn itu hanya berujung kpd neraka. Dan orang yg suka berbohong niscaya tercatat disisi Allah sebagai seorang pendusta." (HR.Al Bukhari).

7. Menghindari Perdebatan
Sedapat mungkin menjauhi perdebatan dengan lawan bicara. Meskipun boleh jadi kita berada dipihak yg benar. Sebab Rasulullah telah menjamin sebuah istana disurga bagi mereka yg mampu menahan diri. "Aku menjamin sebuah istana di halaman surga bagi mereka yg meninggalkan perdebatan meskipun ia berhak untk itu." (HR. Abu Daud).

8. Tak Memotong Pembicaraan
Suatu hari seorang Arab Badui datang menemui Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, ia langsung memotong pembicaraan beliau dan bertanya tentang hari kiamat. Namun Rasulullah tetap melanjutkan hingga selesai pembicaraanya. Setelah itu baru beliau mencari si penanya tadi. (HR. Bukhari).

9. Pandai Menjaga Rahasia
"Tiadalah seorang Muslim menutupi rahasia saudaranya didunia kecuali Allah menutupi pula rahasianya pada hari kiamat." (HR. Muslim.).

‎10. Stop Saling Mengolok dan Memanggil dengan Gelar yg buruk.
"Wahai orang-orang yg beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kau yg lain, boleh jadi mereka itu lebih baik dari mreka dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olok) perempuan yg lain. Karena boleh jadi permpuan (diperolok olok) itu lebih baik dari prempuan (yg mengolok olok) itu. Janganlah kamu saling mencela satu sama lain. Dan janganlah kamu saling memanggil dgn gelar yg buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah yg buruk (fasik) setlah briman. Dan barang siapa yg tak bertobat maka mereka itulah orang-orang yg zalim." (Al Hujurat 11).