Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

0370. Wajib Belajar Dan Ilmu Yang Wajib Dipelajari

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum. Saya pernah mendengar bahwa mencari ilmu itu wajib bagi segenap muslim baik kaum lelaki maupun perempuan, pertanyaanya : ilmu apa atau ilmu yang bagimana wajib dipelajari ? [Hielaliya Masiechdan Slalusetieaa ].
JAWABAN :
Wa'alaikumsalam wr wb. Kita cermati ibaroh di bawah :
طلب العلم فريضة على كل مسلم) مكلف وهو العلم الذي لا يقدر المكلف بالجهل يه كمعرفة الصانع وما يجب له وما يستحيل عليه ومعرفة رسله وكيفية الفروض العينية
أخرجه ابن عبد البر في الجامع ( 1 / 7 - ط المنيرية ) وحسنه المزي كما في المقاصد الحسنة للسخاوي ( ص 276 - ط الخانجي ) .
Mencari ilmu diwajibakan bagi setiap muslim (HR. Ibnu Abdul Barr). Yang dimaksud adalah ilmu yang tidak boleh baginya tidak mengetahuinya seperti ilmu untuk mengetahui terhadap Sang Pencipta, sifat wajib, mustahi bagiNya, mengetahui para utusanNya dan ilmu untuk menjalani tata cara ibadah fardhu ain baginya. [ Faidh alQadiir I/693 ].
Syaikh Muhammad Jibril berkata, semua ilmu di Hadapan Allah sama. Tidak ada ilmu agama, tidak ada ilmu umum. Semua bagaimana niat kita. Belajar Tafsir kalau untuk agul-agulan atau dibilang syaikh, jelas tidak termasuk ilmu agama. Tapi belajar Fisika untuk mengamalkan surat Al Ghasyiyah : 18, jelas menjadi amal bernilai ibadah (Kulliyatul Qur an wa Ulumuhu, Jami'ah Azhar el Syarif Qahirah, 2009).
Sebagian  dari kita mungkin tak paham kenapa kita mencari ilmu kesana kesini tapi belum jgua dapat hasilnya...alias belum bermamfaat, apakah yang diwajibkan itu cuma mencari tanpa wajib bisanya ???
Kewajiban kita hanya mencari dan belajar masalah hasil hak hak preogratif Allah.  Sedikit tentang keluhan Imam Syafi'i pada guru beliau tentang sulitnya masuknya ilmu.
شكوت إلى وكيع سوء حفظي * * فأرشـدني إلى ترك المعـاصي
...وأخــبرني بأن العلــم نور * * ونور الله لا يهــدى لعاصي
Aku mengeluh kepada guruku Imam Waki’ tentang buruknya hafalanku, maka guruku memberi petunjuk untuk meninggalkan kemaksiatan. Dan memberitahukan bahwasanya ilmu itu cahaya... sedangkan cahaya Allah tidaklah diberikan kepada orang yang bermaksiat.
قوله: قال وكيع) هو شيخ الامام الشافعي رضي الله عنه)
(Imam waki' ) beliau adalah Guru imam Syafi'i radhia Allaahu anhu. [ I'aanatut Thoolibiin II/190 ].
Ilmu yang wajib dipelajari sebagaimana dijelaskan oleh Imam Ghazali dalam kitab Ihya juz I halaman 15 ialah:
أن العلم كما قدمناه في خطبة الكتاب ينقسم إلى علم معاملة وعلم مكاشفة، وليس المراد بهذا العلم إلا علم المعاملة. والمعاملة التي كلف العبد العاقل البالغ العمل بها ثلاثة: اعتقاد، وفعل، وترك؛ فإذا بلغ الرجل العاقل بالاحتلام أو السن ضحوة نهار مثلاً فأول واجب عليه تعلم كلمتي الشهادة وفهم معناهما وهو قول "لا إله إلا الله، محمد رسول الله" وليس يجب عليه أن يحصل كشف ذلك لنفسه بالنظر والبحث وتحرير الأدلة، بل يكفيه أن يصدق به ويعتقده جزماً من غير اختلاج ريب واضطراب نفس، وذلك قد يحصل بمجرد التقليد والسماع من غير بحث ولا برهان؛ إذ اكتفى رسول الله صلى الله عليه وسلم من أجلاف العرب بالتصديق والإقرار من غير تعلم دليل. فإذا فعل ذلك فقد أدى واجب الوقت وكان العلم الذي هو فرض عين عليه في الوقت تعلم الكلمتين وفهمهما، وليس يلزمه أمر وراء هذا في الوقت، بدليل أنه لو مات عقيب ذلك مات مطيعاً لله عز وجل غير عاص له، وإنما يجب غير ذلك بعوارض تعرض وليس ذلك ضرورياً في حق كل شخص بل يتصور الانفكاك وتلك العوارض إما أن تكون في الفعل وإما في الترك وإما في الاعتقاد.
أما الفعل: فبأن يعيش من ضحوة نهاره إلى وقت الظهر فيتجدد عليه بدخول وقت الظهر تعلم الطهارة والصلاة، فإن كان صحيحاً وكان بحيث لو صبر إلى وقت زوال الشمس لم يتمكن من تمام التعلم والعمل في الوقت بل يخرج الوقت لو اشتغل بالتعلم، فلا يبعد أن يقال: الظاهر بقاؤه فيجب عليه تقديم التعلم على الوقت. ويحتمل أن يقال: وجوب العلم الذي هو شرط العمل بعد وجوب العمل فلا يجب قبل الزوال، وهكذا في بقية الصلوات فإن عاش إلى رمضان تجدد بسببه وجوب تعلم الصوم: وهو أن وقته من الصبح إلى غروب الشمس؛ وأن الواجب فيه النية والإمساك عن الأكل والشرب والوقاع، وأن ذلك يتمادى إلى رؤية الهلال أو شاهدين؛ فإن تجدد له مال أو كان له مال عند بلوغه لزمه تعلم ما يجب عليه من الزكاة، ولكن لا يلزمه في الحال إنما يلزمه عند تمام الحول من وقت الإسلام؛ فإن لم يملك إلا الإبل لم يلزمه إلا تعلم زكاة الإبل، وكذلك في سائر الأصناف، فإذا دخل في أشهر الحج فلا يلزمه المبادرة إلى علم الحج مع أن فعله على التراخي فلا يكون تعلمه على الفور، ولكن ينبغي لعلماء الإسلام أن ينبهوه على أن الحج فرض على التراخي على كل من ملك الزاد والراحلة إذا كان هو مالكاً حتى ربما يرى الحزم لنفسه في المبادرة فعند ذلك إذا عزم عليه لزمه تعلم كيفية الحج ولم يلزمه إلا تعلم أركانه وواجباته دون نوافله، فإن فعل ذلك نفل فعلمه أيضاً نفل فعلمه أيضاً نفل فلا يكون تعلمه فرض عين وفي تحريم السكوت عن التنبيه على وجوب أصل الحج في الحال نظر يليق بالفقه، وهكذا التدريج في علم سائر الأفعال التي هي فرض عين. وأما التروك فيجب تعلم علم ذلك بحسب ما يتجدد من الحال، وذلك يختلف بحال الشخص إذ لا يجب على الأبكم تعلم ما يحرم من الكلام، ولا على الأعمى تعلم ما يحرم من النظر، ولا على البدوي تعلم ما يحرم الجلوس فيه من المساكن، فذلك أيضاً واجب بحسب ما يقتضيه الحال، فما يعلم أنه ينفك عنه لا يجب تعلمه وما هو ملابس له يجب تنبيهه عليه كما لو كان عند الإسلام لابساً للحرير، أو جالساً في الغصب، أو ناظراً إلى غير ذي محرم، فيجب تعريفه بذلك وما ليس ملابساً له ولكنه بصدد التعرض له على القرب كالأكل والشرب فيجب تعليمه، حتى إذا كان في بلد يتعاطى فيه شرب الخمر وأكل لحم الخنزير فيجب تعليمه ذلك وتنبيهه عليه، وما وجب تعليمه وجب عليه تعلمه. وأما الاعتقادات وأعمال القلوب فيجب علمها بحسب الخواطر، فإن خطر له شك في المعاني التي تدل عليها كلمتا الشهادة فيجب عليه تعلم ما يتوصل به إلى إزالة الشك. فإن لم يخطر له ذلك ومات قبل أن يعتقد أن كلام الله سبحانه قديم وأنه مرئي وأنه ليس محلاً للحوادث إلى غير ذلك مما يذكر في المعتقدات، فقد مات على الإسلام إجماعاً
Ringkasan:
Ilmu yang wajib dipelajari terdiri dari:
- I'tiqad (keyakinan)
- Fi'lu (Perbuatan)
-Tarku (Meninggalkan)
Adapun I'tiqad adalah ketika seseorang masuk batas usia baligh maka yang pertama wajib ialah mempelajari dua kalimah Syahadat serta memahami maknanya. Adapun Fi'liu misalnya dia masuk waktu Dhuhur maka dia wajib mempelajari tata cara thaharah dan tata cara shalat. Jika menjelang Ramadhan, maka dia wajib mempelajari tata cara berpuasa. Dan jika dia mempunyai harta dan wajib ditunaikan zakatnya, maka dia wajib mempelajari tata cara zakat yang berkaitan dengan harta yang dimilikinya . Adapun Tarku adalah kondisional, disesuaikan dengan kondisi orangnya. Orang yang bisu tidak diwajibkan mempelajari apa-apa yang haram dalam berbicara. Wallaahu A'lam. Bersambung, Insya Allah..
Di atas itu Ringkasnya, dan ini sedikit penjabarannya. Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad Saw berkata "Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah)". Tidak ada Nabi lain yang begitu besar perhatian dan penekanannya pada kewajiban menuntut ilmu sedetail nabi Muhammad Saw. Maka bukan hal yang asing jika waktu itu kita mendengar bahwa Islam memegang peradaban penting dalam ilmu pengetahuan. Semua cabang ilmu pengetahuan waktu itu didominasi oleh Islam yang dibangun oleh para ilmuwan Islam pada zaman itu yang berawal dari kota Madinah, Spanyol, Cordova dan negara-negara lainnya. Itulah zaman yang kita kenal dengan zaman keemasan Islam, walaupun setelah itu Islam mengalami kemunduran. Di zaman itu, di mana negara-negara di Eropa belum ada yang membangun perguruan tinggi, negara-negara Islam telah banyak membangun pusat-pusat studi pengetahun. Sekarang tugas kita untuk mengembalikan masa kejayaan Islam seperti dulu melalui berbagai lembaga keilmuan yang ada di negara-negara Islam.
Dalam Al-Qur’an sudah dijelaskan bahwa orang yang mulia di sisi Allah hanya karena dua hal; karena imannya dan karena ketinggian ilmunya. Bukan karena jabatan atau hartanya. Karena itu dapat kita ambil kesimpulan bawa ilmu pengetahuan harus disandingkan dengan iman. Tidak bisa dipisahkan antara keduanya. Perpaduan antara ilmu pengetahuan dan iman akan menghasilkan peradaban yang baik yang disebut dengan Al-Madinah al-Fadhilah.
Ilmu yang wajib dituntut, secara umum ada tiga:
(1) Ilmu Tauhid
(2) Ilmu Sirry (tasawuf). Yakni, ilmu yang berhubungan dengan urusan dan pekerjaan hati.
(3) Ilmu Syari'at.
Adapun batasan masing-masing ketiga ilmu yang wajib dituntut tersebut :
1.Yang wajib dari ilmu tauhid, garis besarnya adalah mengetahui pokok-pokok ajaran agama. Yakni, bahwa engkau hanya memiliki satu Tuhan Yang Maha Mengetahui, Maha Kuasa, Maha Berkehendak, Maha Hidup, Maha Berbicara, Maha Mendengar, Maha Melihat, Maha Esa tiada sekutu pun bagi Dia, memiliki sifat-sifat Kesempurnaan, Suci dari segala kekurangan, kehancuran dan dari hal-hal yang menunjukkan kebaharuan, Maha Bersendiri dengan sifat Qidam (Maha Terdahulu) dari semua yang baru (makhluk), bahwa Muhammad SAW. adalah hamba dan rasul-Nya yang membawakan ajaran kebenaran dari sisi Allah SWT. dan suci segala apa yang diucapkan lewat lisannya tentang perkara-perkara akhirat. Kemudian, wajib pula engkau mengetahui persoalan-persoalan yang diitikadkan oleh ahlus-sunnah. Sekali-kali engkau ambillah ijtihad dalam urusan agama Allah tentang perkara yang tidak disebutkan oleh kitab Al-Qur'an maupun hadits, niscaya Allah SWT. mengangkatmu ke derajat yang tinggi.
Adapun dalil-dalil ilmu tauhid, semuanya sudah tercantum di dalam kitab Al-Qur'an. Begitu pula guru-guru kita dahulu telah menjelaskannya di dalam kitab-kitab karangan mereka tentang pokok-pokok ajaran agama. Pokoknya, setiap perkara yang engkau tidak merasa aman dari kesesatan karena tidak mengetahuinya, maka wajiblah engkau menuntut ilmu hal itu, tidak boleh ditinggalkan. Demikianlah perkara ini, dan kepada Allah kita memohon taufiq.
2.Yang wajib dari ilmu sirry, secara garis besar adalah mengetahui kewajiban-kewajiban dan larangan-larangan bagi hati sehingga engkau dapat benar-benar mengagungkan Allah SWT., memiliki hati ikhlas, niat suci dan mencapai keselamatan dalam perbuatan.
3.Yang wajib dari ilmu Syari'at, secara garis besar adalah setiap kewajiban yang fardhu mengerjakannya, maka wajiblah bagimu menuntut ilmunya, agar engkau dapat melaksanakan kewajiban itu. Seperti: thaharah, salat, puasa. Ada pun kewajiban menunaikan haji, mengeluarkan zakat dan jihad, jika memang sudah merupakan kewajibanmu (yakni mampu), maka wajib pula engkau menuntut ilmunya, agar engkau dapat melaksanakan. Jika tidak demikian keadaanmu, maka itu tidak perlu. - wAllaahu A'lam - [ Referens: Minhajul 'Abidin ].
Sebenarnya, tak ada yang berbeda antara ilmu agama dan ilmu umum, karena dalam Islam, semua ilmu adalah ilmu agama. Belajar Matematika kalau tujuannya tahu cara menghitung zakat, maka nilainya sama dengan belajar Fiqh. Belajar Kimia, olahraga dan Biologi kalau untuk mengetahui cara mensyukuri nikmat kesehatan, itu juga sama nilainya dengan belajar Al Qur an Surah Al Ghasyiyah. Belajar Fisika kalau untuk mengetahui ru'yah dan hisab, jelas sama nilainya sengan belajar syarat-syarat wajib puasa. jadi, semua ilmu hanya berbeda nama saja. Dikotomi ilmu itu dalam sejarah muncul setelah Van Deer Plas, untuk memecah belah Muslimin Indonesia (Baca Sejarah Indonesia GBPP 1999, Kelas V SD). Dalam sejarah juga dijelaskan, betapa banyak Cendikiawan Muslim yang ahli dalam berbagai macam disiplin Ilmu, Al Khawarizmi yang ahli matematika, Ibnu Sina dan Al Zahrawi yang ahli kedokteran, Ibnu Khaldun yang ahli Fisika astronomi, Ibnu Tulun yang ahli Geografi, Abbas Ibnu Firnas yang ahli Aerodinamika, Fatimah Al Firhi yang ahli pendidikan, Al Khaitan yang ahli Fisika Optik, Al Jazari yang ahli Otomasi, dan masih banyak lagi seperti Thariq Ibnu Ziyad, Zaid Ibn Tsabit, Quthaibah ibn Muslim, mereka adalah tokoh-tokoh besar dunia yang kualitas Batin dan imannya jauh di atas level kita! kalau sekarang kita masih berkutat tentang apa itu ilmu yang wajib, apa itu ilmu yang tidak wajib dipelajari, kapan k itaakan mengeksplorasi jagad raya seperti yang diperintahkan Allah dalam banyak ayat? Sedangkan kata Al Qur an kita adalah Khaira ummah? kualitas apakah yang ada pada kita sehingga kita bisa mencapai label Khairal Umam?
Pertama kali, pelajarilah ilmu yang ada kaitannya dengan kewajibanmu sebagai seorang hamba sehari-hari (ibadah yaumiyah) ,ambil yang gampang saja,g usah belajar fisika kalau cuman mau mengetahui wudu'nya sah apa gak, nah stelah semua ilmu yang berkaitan dengan semua kewajibanmu sehari-hari,maka pelajarilah ilmu yang kau butuhkan setelahnya, seperti hukum zakat,puasa,haji dll. Nah setelah semuanya kau kuasai juga, barulah kau belajar bagaimana caranya bikin besi bisa terbang di udara atau mengapung di laut,atau minimal belajar caranya bikin molotov buat bakar warung-warung yang nekat buka siang hari bulan ramadan, hehehehe, bercanda. Afwan. [Masaji Antoro, Abdullah Afif, Abi Sang Musafir II, Haydar Ali, Suci Ramadhani, Black No Sweet].