Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

0353. Do'a Qunut Pada Shalat Witir Ramadhan

PERTANYAAN :
Assalamualaikum. Tanggal 15 Romadlon masjid atau musholah melaksanakan sholat tarawih kemudian sholat witir satu rokaat penutupnya dilengkapi dengan do'a Qunut, mohon penjelasan hukumnya? [Adhi Chunk].
JAWABAN :
Wa'alaikum salam. Bismillah, yang benar qunut witir dimulai malam ke 16 Ramadhan (separuh kedua), Imam Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar An-Nawawiyah menguraikan sbb :
ويستحبُّ القنوت عندنا في النصف الأخير من شهر رمضان في الركعة الأخيرة من الوتر، ولنا وجه أن يقنت فيها في جميع شهر رمضان، ووجه ثالث في جميع السنة وهو مذهبُ أبي حنيفة، والمعروف من مذهبنا هو الأوّل، واللّه أعلم
Disunnahkan berqunut dalam pandangan kami (Syafi’iyyah) : (1) boleh dilakukan pada separuh akhir bulan Ramadhan pada raka’at terakhir dari shalat witir, dan (2) ada juga di kalangan kami ( syaafi'iyyah ) suatu pendapat yang memperkenankan berqunut di sepanjang bulan Ramadhan, Dan pendapat yang ketiga (3) menyatakan bahwa berqunut hendaknya dilakukan pada seluruh shalat sunnah dan ( berqunut di semua sholat sunnah ) ini adalah pendapat Imam Abu Hanifah. Dan yang bagus (ma’ruf) dari madzhab kami (Syafi’iyyah) adalah yang pertama ( berQunut di pertengahan ramadhan saja di rokaat penutup witir ). Wallahu A’lam. [Imron Rosyadi II].