Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1156. HUKUM JUAL BELI TANPA AKAD - BAI' BIL MU'ATHOH

PERTANYAAN :
Assalamualaikum, ada yang tahu tidak ? Siapa yang memperbolehkan BAI'UL MU'ATOH itu ? di-inbox juga tidak apa-apa, 'afwan. [Ulilalbab Hafas].
JAWABAN :
Wa'alaikumsalam. Disebutkan dalam Fiqih Madzahibul Arba'ah, 2/155 :
الشافعية ــــ قالوا: لاينعقد البيع إلا بالصيغة الكلامية أو مايقوم مقامها من الكتاب والرسول، وإشارة الأخرس المعلومة، أما المعاطاة فإن البيع لاينعقد بها، وقد مال صاحب الإحياء إلى جواز البيع في الأشياء اليسيرة بالمعاطاة لأن ال...إيجاب والقبول يشق في مثلـها عادة
Madzhab syafi'i berkata : Tidak sah jual beli kecuali dengan shighat yang sempurna baik dengan tulisan, isyarat yang jelas bagi orang bisu. Adapun jual beli tanpa shighot tidak sah. Dan Imam Ghazali dalam kitab Ihya' condong kepada bolehnnya jual beli secara mu'athoh (tanpa akad) namun berlaku untuk hal2 yang remeh. Karena ijab dan qabul untuk dianggap sulit. [ Fiqih Madzahibul Arba'ah, 2/155 ].
فرع: صورة المعاطاة التي فيها الخلاف لسابق: أن يعطيه درهماً أو غيره ويأخذ منه شيئاً في مقابلته، ولا يوجد لفظ أو يوجد لفظ من أحدهما دون الآخر، فإذا ظهر ـــ والقرينة وجود الرضى من الجانبين ـــ حصلت المعاطاة، وجرى فيها الخلاف

Contoh dari jual beli secara mu'athoh yang terjadi perbedaan pendapat di atas ialah : semisal jika orang itu memberikan uang dan ia mengambil barang sedagai gantinya. Dan tidak ada kalimat yang menayatkan ijab qobul. Maka jika secara dhohir ada kerelaan diantara keduanya (pembeli dan penjual) maka itulah yang dinamakan jual beli secara mu'athoh yang mana keabsahannya terjadi khilaf. [ Majmu' Syarah Muhadzab, 9/163-164 ]. Wallohu a'lam. [Masaji Antoro].