Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1127. JASAD ATAU RUH YANG MERASAKAN SIKSA KUBUR ?

PERTANYAAN :
Assalamu'alaikum wr wb. Maaf mau nanya siksa kubur itu fisik atau ruh ya? [Em Muhson].
JAWABAN :
Wa'alaikumsalam. Yang disiksa dialam barzah RUH hanya saja jasad ikut merasakan siksaan sakitnya.
ان الله سبحانه وتعالى جعل الدور ثلاثة ،دار الدنيا ،ودار البرزخ ،ودار القرار،وجعل لكل دار احكاما تختص بها وركب هذا الانسان من بدن ونفس ،وجعل احكام دار الدنيا على الابدان ،والارواح تبعا لها ولهذا جعل الاحكام الشرعية مرتبة على ما يظهر من حركات اللسان والجوارح وان اضمرت النفوس خلافه.وجعل احكام البرزخ على الارواح والابدان تبعا لها فكما تبعث الارواح الابدان في الاحكام الدنيا فتألمت بالمها والتذت براحتها وكانت هي التي باشرت اسباب النعيم والعذاب تبعت الابدان الارواح في نعيمها وعذابها ،والارواح حينئذ هي التي تباشر العذاب والنعيم
Sesungguhnya Allah menciptakan tiga macam tempat tinggal, dunia, alam barzakh dan akhirat.Disetiap tempat tersebut Allah menjadikan ketetapan-ketetapan yang berbeda disesuaikan dengan bentuk penciptaan manusia yang terdiri dari jasad dan ruh.Alam dunia : Ketetapan-ketetapan Allah pada manusia saat di alam dunia berlaku pada jasad dan ruh mengikutinya oleh karenanya hukum syariat dunia diperlakukan atas segala yang dzahir baik berupa gerakan-gerakan bibir ataupun anggauta tubuh lainnya meskipun bathinnya tidak selaras.Alam barzah : Ketetapan-ketetapan Allah pada manusia saat di alam barzah berlaku pada ruh dan jasad mengikutinya, sebagaimana ruh yang ikut merasakan saat jasad berduka atau bahagia dialam dunia, jasadpun ikut merasakan saat ruh mendapatkan aneka kenikmatan dan siksaan dialam barzah, dengan demikian ruhlah yang merasakan siksaan dan kenikmatan dialam barzah (dan jasad ikut merasakannya). [Ar-Ruuh Hal. 79].
والمعذب البدن والروح جميعا بالتفاق اهل الحق

Yang tersiksa dialam barzah adalah badan dan ruh dengan kesepakatan ahli kebenaran. [ Tuhfah al-Muriid hal. 169 ]. Wallaahu A'lamu Bis Showaab. [Masaji Antoro ].