Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1106. LARANGAN MEMINANG SEORANG WANITA YANG TELAH DIPINANG ORANG LAIN

PERTANYAAN :
Asslamu'alaikum. Mohon pencerahan. Bolehkah Jika wanita yang sudah bertunangan, memberi kesempatan pada lelaki lain yang dia cintai untuk tetap memperjuangkan wanita tersebut ? dengan catatan : keluarga wanita kurang setuju dengan lelaki itu, makanya wanita tersebut bertunangan dengan yang lain. Jadi manakah yang harus diutamakan ? Dan apa yang harus dilakukan...?? [Mey Zhee D'last].
JAWABAN:
Wa'alaikumussalaam. Meskipun sudah bertunangan lantas di kemudian hari si wanita atau walinya tidak suka pada si pelamar maka boleh bagi orang lain melamar wanita tersebut.
و سئل الجلال السيوطي عمن خطب إمرأة ثم رغبت عنه هي أو وليها هل هل يرتفع التحريم عمن يريد خطبتها و هل هو عقد جائز بين الجانبين ؟ فأجاب بقوله يرتفع تحريم الخطبة على الغير بالرغبة عنه فيما يظهر و إن لم يتعرضوا له و إنما تعرضوا لما إذا سكتوا أو رغب الخاطب و ما بحثه من إرتفاع التحريم عنه مأخود من قول الشارح بإذن من الخاطب أو المجيب ~٣/٢٤٧
Imam Al jalal assuyuthi ditanyakan tentang lekaki yang melamar seorng wanita lantas di kemudian hari si wanita atau walinya tidak setuju terhadap lelaki tersebut apakah boleh bagi lelaki lain melamar wanita tersebut ?? Beliau menjawab : boleh bagi yang lainnya melamar wanita tersebut jika wanita tersebut atau walinya sudah tidak setuju lagi dengan lelaki yang melamarnya pertama kali. [ Bujairomi alal khotib 3/347 ].
حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ، أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ، أَخْبَرَنَا نَافِعٌ، أَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ عُمَرَ قَالَ: " نَهَى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَخْطُبَ الرَّجُلُ عَلَى خِطْبَةِ أَخِيهِ، حَتَّى يَدَعَهَا الَّذِي خَطَبَهَا أَوَّلَ مَرَّةٍ أَوْ يَأْذَنَ لَهُ " (3) (3) إسناده صحيح على شرط الشيخين.
Rosululloh melarang laki-laki mengkhithbah wanita yang telah dikhithbah oleh saudaranya (laki-laki lain), kecuali si laki-laki itu telah meninggalkan perempuan pinangannya. [ HR. Imam Ahmad ].
قال النبي صلي الله عليه وسلم_ليس منامن افسد امراءةعلي زوجها__

Artinya tidak termasuk golongan ku orang yang merusak wanita atas suaminya. Pertanyaan di atas kalau kita qiyaskan ke hadits tadi tidak boleh wanita yang sudah tunangan atau bersuami mencintai laki-laki lain karena dapat menimbukan dampak negatif. (Yupiter Jet, Syubbanul Yaum, Ismael Kholilie).