Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1084. HUKUM MENGAMBIL KEMBALI MAKANAN YANG TERJATUH

PERTANYAAN :
Assalamu'alaikum, tanya : adakah keterangan dari fiqih mengenai makanan yang jatuh saat dimakan sebagian, perlu diambil lagi atau dibuang ? mohon senternya. [Dimas Abdullah].
JAWABAN :
Wa'alaikumussalam. Sebaiknya diambil, dibersihkan dan dimakan lagi, karena kunci rezeki yang ke 16 adalah mengambil lagi makanan yang telah jatuh. Memakan makanan yang telah jatuh dapat menjaga dari kefakiran, penyakit penyakit buruk seperti barosh, judzam dan bisa menjaga keturunan dari kebodohan. Dasarnya dari beberapa hadits sbb :
"Barang siapa yang memakan makanan yang telah jatuh maka ia akan aman dari kefakiran, barosh, judzam dan keturunannya akan dijaga dari kebodohan".(HR ABU SYAIKH).
"Barang siapa yang memakan makanan yang jatuh dari piring maka kelak anak anaknya akan bersinar wajahnya dan ia akan aman dari kefakiran". (HR Dailami).
"Ketika makanan kamu jatuh maka ambillah dan hilangkan kotorannya, jangan kau membiarkannya karena setan dan jangan kau mengusap tanganmu dengan sapu tangan sebelum kau menjlat jarimu karena kau tak tahu dimana barakah itu berada". (HR.MUSLIM). Wallohu a'lam. [ Ismael Kholilie ].
- Syarh Bughyatul haddzaq 107 :
‎~المفتاح السادس عشر أكل ما يسقط من الخوان
٨٠~ و آكل الساقط من خوان * مبرأ من غضة الزمان٨١~ كفقره أو سيئ الأسقام * كبرص و علة الجذام٨٢~ و يصرف الحمق عن الأولاد * حديثه منتقد الإسناد
فروي عن جابر مرفوعا من أكل ما يسقط من الخوان و القصعة أمن من الفقر و البرص و الجذام و صرف عن ولده الحمق أخرجه أبو الشيخ في الثواب و أخرجه أيضا عن الحجاج بن علاط مرفوعا أيضا بلفظ أعطي سعة في الرزق و وقي الحمق في ولده و ولد ولده
و أخرجه الديلمي من طريق الرشيد عن آبائه عن إبن عباس رفعه من أكل من يسقط من المائدة خرج ولده صباح الوجوه و نفى عنه الفقر

و ثبت في صحيح مسلم عن جابر و أنس مرفوعا إذا و قعت لقمة أحدكم فليأخدها فليمط ما كام بها من أذى و لا يدعها للشيطان و لا يمسح يده بالمنديل حتى يلعق أصابعه فإنه لا يدري في أي طعامه البركة ~شرح بغية الحذاق ١٠٧