Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1051. KEISTIMEWAAN SURAT AL-FAATIHAH

PERTANYAAN :

Sapuone Oranx Yg Doif
asalamualaikum. . .sblum nya ane ini orang yg baru belajar dalam mmbaca al quran. .pelajaran nya baru alif kasroh. . .Yg mau ane tanyakan setlah ane selidiki d dalam surah fatiha. .ada 7 hurup yg tiada ya itu. .tsa,.jim,.kho,.sai,.syin,.dzo,.dan fa... .mengapakah ke 7hurup ini tiada d dalam surah tersbut?


JAWABAN :

Masaji Antoro 

Wa'alaikumsalam
Karena ketujuh huruf tersebut mengandung arti "adzab/siksaan" diharapkan orang yang membaca surat alfatihah juga terselamatkan dari segala macam siksaan dan memasuki JAHANNAM yang jumlah pintunya pun juga tujuh.

الكتاب : غرائب القرآن ورغائب الفرقان ج 1 - الصفحة 84المؤلف: نظام الدين الحسن بن محمد بن حسين القمي النيسابوريومن فضائل هذه السورة أنه لم يوجد فيها الثاء وهو الثبور ) لا تدعوا اليوم ثبوراً واحداً وادعوا ثبوراً كثيراً ) [ الفرقان : 14 ] والجيم وهو جهنم ) وإن جهنم لموعدهم أجمعين ) [ الحجر : 43 ] والخاء وهو الخزي ) يوم لا يخزي الله النبي والذين آمنوا معه ) [ التحريم : 8 ] والزاء وهو الزفير والزقوم .والشين وهو الشهيق ) لهم فيها زفير وشهيق ) [ هود : 106 ] والظاء وهو لظى ) كلا إنها لظى ) [ المعارج : 15 ] والفاء وهو الفراق ) ويوم تقوم الساعة يومئذ يتفرقون ) [ الروم : 14 ] فلما أسقط الله تعالى من الفاتحة هذه الحروف الدالة على العذاب وهي بعدد أبواب جهنم لقوله تعالى : ( لها سبعة أبواب لكل باب منهم جزء مقسوم ) [ الحجر : 44 ] غلب على الظن أن من قرأ الفاتحة نجا من جهنم ودخول أبوابها وتخلص من دركات النار وعذابها .

Diantara keistimewaan dan keutamaan surat ini adalah tidak terdapat huruf-huruf berikut didalamnya :

• Huruf TSA’ yang menandakan arti “kebinasaan” sebagaimana firman Allah“(Akan dikatakan kepada mereka): "Jangan kamu sekalian mengharapkan satu kebinasaan, melainkan harapkanlah kebinasaan yang banyak. (QS. 25:14)
• Huruf JIM yang menandakan arti “jahannam” sebagaimana firman Allah“Dan sesungguhnya Jahanam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut setan) semuanya”(QS. 15:43).
• Huruf KHA’ yang menandakan arti “kehinaan” sebagaimana firman Allah“Pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengan dia” (QS. 66:8)
• Huruf ZA’ dan SYIN yang menandakan arti “malapetaka, pohon zaqquum dan rintihan” sebagaimana firman Allah“Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka, di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintih)” (QS. 11:106).
• HURUF DHA’ yang menandakan arti “api neraka yang bergejolak” sebagaimana firman Allah“Sekali-kali tidak dapat. Sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak” (QS. 70:15),
• Huruf FA’ yang menandakan arti “perpisahan” sebagaimana firman Allah“Dan pada hari terjadinya kiamat, di hari itu mereka (manusia) berpisah-pisah” (QS. 30:14).

Dengan digugurkannya huruf-huruf yang menunjukkan adzab tersebut pada surat fatihah yang jumlahnya sesuai dengan jumlah pintu neraka jahannam yang tujuh, sebagaimana firman Allah “Jahanam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka” (QS. 15:44),diharapkan bagi orang yang membaca surat fatihah dapat terselamatkan dari neraka jahannam dan mendekati pintu-pintunya serta tersematkan dari segala bentuk siksa neraka.
Gharaaib alQuraan wa Raghaaib al-Furqaan I/84.

Wallaahu A'lamu Bis Showaab