Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

6271. CARA MERAWAT JANAZAH ORANG YANG TIDAK SHALAT DAN PELAKU DOSA BESAR

PERTANYAAN :


Assalamualaikum wr wb. Izin.bertanya urgen soalnya : Sebut si sosmed dia mulai kecil sering mengaji dan sholat, namun setelah berkeluarga dan punya anak serta cucu dia merantau ke ibu kota, di sana dia terbujuk oleh salah satu.aliran yang mana kalau sholat itu cukup duduk atau ingat Allah saja, terus sekarang dia sakit parah setelah diobati oleh guru tidak sembuh-sembuh, maka keluarganya mendatangkan kiai untuk ngalap berkah, begitu kiai sampai di rumahnya dan melihat yang sakit maka kiai dawuh perbanyaklah membaca DUA KALIMAT SYAHADAT DAN ISTIGFAR maka yang sakit menolak karena sudah punya aliran sendiri. Pertanyaannya : Kalau dia (sosmed) tadi yang disebut di atas meninggal dunia karena penyakitnya yang sudah mulai mengganas, apakah masih layakkah dia dimandikan, dikafani, disholati dan dikuburkan sebagai layaknya seorang muslim ..? sementara dia tidak mau disuruh membaca dua kalimat syahdat dan istigfar ...? sementara istrinya kalau berdoa bilang ya TUHAN, padahal dia fasih membaca lafadz Allah karena istrinya juga ikut aliran sebagaimana suaminya...? mohon ibarahnya dan mohon maaf kalau kata-katanya tidak tersusun baik karena terburu-buru mumpung orangnya belum meninggal, terima kasih atas bantuan jawabannya. Wassalamu alaikum.wr wb. [EM Idris Romly].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam. Jika seseorang mengaku sebagai Muslim tapi tidak melaksanakan hal-hal yang diwajibkan oleh syari’at seperti tidak melaksanakan shalat atau puasa dikarenakan malas atau lalai dengan tetap meyakini kewajibannya, maka ketika meningal dunia orang tersebut berhak untuk mendapatkan hukum-hukum Islam yang di antaranya berhak untuk dirawat jenazahnya secara Islam dengan dimandikan, dikafani, dishalati dan dikuburkan di pekuburan Muslim. Dan apabila seorang Muslim yang mukallaf tersebut tidak melaksanakan hal-hal yang diwajibkan oleh syari’at dikarenakan mengingkarinya, maka orang tersebut dihukumi murtad, dan jenazahnya tidak lagi berhak untuk dirawat secara Islam. 
Dalam kasus di atas, karena tidak mau membaca syahadat dan tidak mengakui Nabi Muhammad SAW, ditambah shalatnya tidak sesuai syariat, maka statusnya murtad (bukan Islam lagi). Oleh karena itu jika tidak bertaubat, maka tidak boleh diperlakukan sebagai muslim, seperti hilang haknya sebagai wali, tidak berhak waris, bila meninggal tidak dilakukan penyelenggaraan jenazah menurut tata cara Islam.
Wallohu a'lam. [Muh. Thohir, Moh Showi].

Referensi :

فتح القريب الجز 1. صفحة 58
(فصل وتارك الصلاة) المعهودة الصادقة بإحدى الخمس (على ضربين أحدهما أن يتركها) وهو مكلف (غير معتقد لوجوبها فحكمه) أي التارك لها (حكم المرتد) وسبق قريبا بيان حكمه (والثاني أن يتركها كسلا) حتى يخرج وقتها حالَ كونه (معتقدا لوجوبها فيستتاب فإن تاب وصلى) وهو تفسير للتوبة (وإلا) أي وإن لم يتب (قتل حدًّا) لا كفرا (وكان حكمه حكم المسلمين) في الدفن في مقابرهم ولا يطمس قبره وله حكم المسلمين أيضا في الغسل والتكفين والصلاة عليه والله أعلم.

بغية المسترشدين . الجز 1. صفحة ٩٢ 
: .يجب تجهيز كل مسلم محكوم بإسلامه وإن فحشت ذنوبه وكان تاركا للصلاة وغيرها من غير جحود ويأثم كل من علم به أو قصر في ذلك لأن لا إله الا الله وقاية له من الخلود في النار هذا من حيث الظاهر وأما باطنا فمحل ذلك حيث حسنت الخاتمة بالموت على اليقين والثبات على الدين فالأعمال عنوان.

غاية الاحتصار . الجز 1. صفحة 163
(فصل: وتارك الصلاة) المعهودة الصادقة بإحدى الخمس (على ضربـين أحدهما أن يتركها) وهو مكلف (غير معتقد لوجوبها فحكمه) أي التارك لها (حكم المرتد) وسبق قريباً بـيان حكمه (والثاني أن يتركها كسلاً) حتى يخرج وقتها حال كونه (معتقداً لوجوبها فيستتاب فإن تاب وصلى وهو تفسير للتوبة) (وإلا) أي وإن لم يتب (قتل حداً) لا كفراً (وكان حكمه حكم المسلمين) في الدفن في
مقابرهم، ولا يطمس قبره، وله حكم المسلمين أيضاً في الغسل والتكفين والصلاة عليه والله أعلم

قوت الحبيب الغريب . الجز 1. صفحة 401
قوله: (وله حكم المسلمين أيضا في) وجوب العسل والتكفين والصلاة عليه وقيل لايغسل ولايكفن ولايصلى عليه واذا دفن في مقارب المسلمين طمس قبره ينسى ولايذكر .

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/posts/2225509320805197/