Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

6259. KEUTAMAAN DAN PAHALA WANITA HAMIL

PERTANYAAN :


Assalamu'alaikum, kepada para mujawib rahimakumullah. Izin bertanya :
1. Keterangan ini di kitab apa ya?
 NAbi Muhammad S.A.W bersabda : ”Apakah salah seorang di antara kamu senang, hai kaum isteri, kalau kamu sedang mengandung dari hasil hubungan dengan suaminya, sementara suaminya merasa senang. Sesungguhnya perempuaan yang sedang hamil memperoleh pahala seperti pahalanya orang yang sedang berpuasa sambil perang di jalan Allah.
Apabila mencapai puncak sakit mendekati melahirkan semua penduduk langit tidak ada yang tahu perkara apa yang disamarkan baginya, berupa ketenangan bathinnya. Apabila telah melahirkan, maka tidak ada tetesan air susu yang keluar dari susu ibunya dan tidaklah si bayi menghisap air susu ibunya kecualipada setiap tetesan dan isappan di catat sebagai satu kebaikkan. Jika di waktu malamnya ia terjaga maka ia memperoleh pahala, bagaikan pahala memerdekakan tujuh puluh budak yang dimerdekakan di jalan Allah secara ikhlas, (diriwayatkan Hasan bin sufyan dan Tabrani, ibnu Asakir dari Salamah)
2. Mohon sundul versi arabnya? 
3. Mohon share keutamaan/pahala wanita hamil? 
Terima kasih. [Cinta Bayang Semu].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam. Keterangan keutamaan dan pahala wanita hamil tersebut, ada dalam kitab 'Uqudul Lujain:

وَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَمَا تَرْضَى إِحْدَاكُنَّ أَيَّتُهَا النِّسَاءُ اي : نساء هذه الأمة إنَّهَا إِذَا كَانَتْ حَامِلاً مِنْ زَوْجِهَا وَهُوَ عَنْهَا
رَاضٍ بأن تكون مطيعة له فيما يحل، ومثلها الأَمة المؤمنة الحاملة من سيدها أَنَّ لَهَا أي : بأن لها مدة حملها مِثْلَ أَجْرِ الصَائِمِ القَائِمِ
فِيْ سَبِيْلِ اللهِ أي : في الجهاد وَإِذَا أَصَابَهَا الطَلْقُ أي : وجَعُ الولادةِ لَمْ يَعْلَمْ أَهْلُ

Dan Rasulullah saw bersabda : tidakkah kamu ridha ketika salah satu kalian wahai kaum wanita, maksudnya : wanita ini budak perempuan, sesungguhnya jika kalian para istri hamil dari suaminya dan dia suami ridha darinya karena dengan keta'atan kepada suaminya dalam kebaikan, dan seperti budak perempuan yang beriman lagi hamil dari tuannya, sesungguhnya Allah memberi pahala kepada wanita yang sedang hamil, maksudnya : pahala kepada wanita saat hamilnya, seperti pahala puasa yang sambil berperang di jalan Allah, maksudnya : dalam perang, dan apabila mendapatkan kesakitan akan melahirkan anak, maksudnya : nyeri ingin melahirkan anak dan tidak ada ahli yang tahu.

Disebutkan di halaman 42 :
السَمَاءِ وَالأَرْضِ》 من إنس وجِنّ وملك 《مَا أُخْفِىَ》 خبئَ 《لَهَا مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ》 أي : من شيء نفيس تَقرّ به عينُهَا لأجل ما أقلقها 《فَإِذَا وَضَعَتْ لَمْ يَخْرُجْ مِنْ لَبَنِهَا جُرْعَةٌ》 بضم وسكون 《وَلَمْ يُمَصَّ مِنْ ثَدْيِهَا مَصَّةٌ إِلاَّ كَانَ لَهَا بِكُلِّ جُرْعَةٍ وَبِكُلِّ مَصَّةٍ حَسَنَةٌ، فَإِنْ أَسْهَرَهَا لَيْلَةً》 أي : واحدة 《كَانَ لَهَا مِثْلُ أَجْرِ سَبْعِيْنَ رَقَبَةً تُعْتِقُهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ》 أي : في طاعته 《بإخْلاَصٍ》 أي : من غير رياء. قال المناوي : والمراد بالسبعين التكثير. ومثلُ الزوجةِ الأمَةُ المؤمنةُ الحاملُ من سيِّدها. رواه الحسن بن سفيان والطبراني وابن عساكر عن سلامةَ حاضة سيدِنا إبراهيمَ ابنِ رسولِ الله صلى الله عليه وسلم.

《Langit dan bumi》 dari manusia dan jin dan malaikat 《apa yang disembunyikan》 disamarkan kepadanya dari penyejuk mata》 maksudnya : dari sesuatu yang tak ternilai harganya yang mengakui dengan apa yang di lihat karena kegelisahannya 《maka apabila telah melahirkan anak tidak keluar dari setetes air susu untuk di teguk anaknya》 dibaca dhammah dan di baca sukun 《dan anaknya tidak pengisap dari payudaranya pada satu kali isapan kecuali ada padanya dengan setiap sekali tegukan dan dengan setiap sekali isapan adalah satu kebaikan, maka jika ia tetap bangun di waktu malam》maksudnya : sekaligus 《maka ada pahala pada wanita yang melahirkan seperti pahala memerdekakan budak tujuh puluh, memerdekakan mereka di jalan Allah》 maksudnya : dalam keta'annya 《dengan ikhlas》 maksudnya : tanpa dari riya'. Al-Munawi berkata : dan artinya dengan tujuh puluh dalah begitu banyak. Dan seperti seorang istri adalah budak wanita yang mukmin sedang hamil dari tuannya. Diriwayatkan Al-Hasan bin Sufyan dan Thabrani dan Ibnu 'Asakir dari Salamah yang dimiliki Tuan kami Ibrahim putra Rasulullah saw.
Wallohu a'lam. [Raihan Zacky Elfath, Moh Showi].

Referensi :
- Al-Mu'jam al-Ausath juz 7 hal. 20 no hadits 6733
- Majma' al-zawaaid juz 4 hal 560 no hadits 7629
- Hadits ini diriwayatkan oleh At-Tabrani :

6733 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِي زُرْعَةَ، ثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ، حَدَّثَنِي أَبِي عَمَّارُ بْنُ نُصَيْرٍ، عَنْ عَمْرِو بْنِ سَعِيدٍ الْخَوْلَانِيِّ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، أَنَّ سَلَامَةَ حَاضِنَةَ إِبْرَاهِيمَ ابْنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، تُبَشِّرُ الرِّجَالَ بِكُلِّ خَيْرٍ وَلَا تُبَشِّرُ النِّسَاءَ؟ قَالَ: «أَصْحَابُكِ دَسَسْنَكِ لِهَذَا؟» قَالَتْ: أَجَلْ، هُنَّ أَمَرْنَنِي قَالَ: «أَفَمَا تَرْضَى إِحْدَاكُنَّ أَنَّهَا إِذَا كَانَتْ حامِلًا مِنْ زَوْجِهَا، وَهُوَ عَنْهَا رَاضٍ أَنَّ لَهَا مِثْلَ أَجْرِ الصَّائِمِ الْقَائِمِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، فَإِذَا أَصَابَهَا الطَّلْقُ لَمْ يَعْلَمْ أَهْلُ السَّمَاءِ وَأَهْلُ الْأَرْضِ مَا أُخْفِيَ لَهَا مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ، فَإِذَا وَضَعَتْ لَمْ يَخْرُجْ مِنْهَا جُرْعَةٌ مِنْ لَبَنِهَا، وَلَمْ يَمُصَّ مَصَّةً إِلَّا كَانَ لَهَا بِكُلِّ جُرْعَةٍ [ص:21] وَبِكُلِّ مَصَّةٍ حَسَنَةٌ، فَإِنْ أَسْهَرَها لَيْلَةً كَانَ لَهَا مِثْلُ أَجْرِ سَبْعِينَ رَقَبَةً تُعْتِقُهُنَّ فِي سَبِيلِ اللَّهِ. سَلَامَةُ، تَدْرِي لِمَنْ أَعِنِّي بِهَذَا؟ للمُتَمَتِّعاتِ، الصَّالِحَاتِ، الْمُطيعاتِ لِأَزْوَاجِهِنَّ، اللَّوَاتِي لَا يَكْفُرْنَ الْعَشِيرَ»

- 'Uqudul Lujain :
وَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَمَا تَرْضَى إِحْدَاكُنَّ أَيَّتُهَا النِّسَاءُ) أي نساء هذه الأمة (إنَّهَا إِذَا كَانَتْ حَامِلاً مِنْ زَوْجِهَا وَهُوَ عَنْهَا رَاضٍ) بأن تكون مطيعة له فيما يحل، ومثلها الأَمة المؤمنة الحاملة من سيدها (أَنَّ لَهَا) أي بأن لها مدة حملها (مِثْلَ أَجْرِ الصَائِمِ القَائِمِ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ) أي في الجهاد (وَإِذَا أَصَابَهَا الطَلْقُ) أي وجَعُ الولادةِ (لَمْ يَعْلَمْ أَهْلُ السَمَاءِ وَالأَرْضِ) من إنس وجِنّ وملك (مَا أُخْفِىَ) خبئَ (لَهَا مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ) أي من شيء نفيس تَقرّ به عينُهَا لأجل ما أقلقها (فَإِذَا وَضَعَتْ لَمْ يَخْرُجْ مِنْ لَبَنِهَا جُرْعَةٌ) بضم وسكون (وَلَمْ يُمَصَّ مِنْ ثَدْيِهَا مَصَّةٌ إِلاَّ كَانَ لَهَا بِكُلِّ جُرْعَةٍ وَبِكُلِّ مَصَّةٍ حَسَنَةٌ، فَإِنْ أَسْهَرَهَا لَيْلَةً) أي واحدة (كَانَ لَهَا مِثْلُ أَجْرِ سَبْعِيْنَ رَقَبَةً تُعْتِقُهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ) أي في طاعته (بإخْلاَصٍ) أي من غير رياء. قال المناوي: والمراد بالسبعين التكثير. ومثلُ الزوجةِ الأمَةُ المؤمنةُ الحاملُ من سيِّدها. رواه الحسن بن سفيان والطبراني وابن عساكر عن سلامةَ حاضة سيدِنا إبراهيمَ ابنِ رسولِ الله صلى الله عليه وسلم.  عقود اللجين

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/posts/2203097079713088/