Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

6249. Dimanakah sebenarnya malaikat Roqib 'Atid berada ?

PERTANYAAN :


Assalamu'alaikum. Edisi penasaran : Adakah yang tahu dimana dia malaikat Roqib Atid ? Dan apakah mereka itu sebenarnya satu ? Terimakasih. [Mas Nopi].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam. Dalam surat qaf ayat 18 :
مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ
" Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat Raqib 'Atid ".
Malaikat Roqib dan 'Atid menurut imam Ad-Dhohak dan Al-Hasan, keduanya berada di bawah gigi geraham di atas tenggorokan. Sedang dalam satu riwayat lain, malaikat pencatat amal baik berada di sebelah kanan seseorang dan malaikat penctat amal buruk berada di sebelah kiri seseorang.
Dalam kitab Nuruzh Zholam halaman 19 ada keterangan bahwa kedua malaikat tersebut bernama Rokib Atid, maksudnya terdapat dua malaikat dan masing-masing malaikat bernama Rokib Atid sebagaimana keterangan dari syekh al-Bajuri dan Jalal al Mahalli.
Terdapat perbedaan pendapat mengenai tempat kedua malaikat ini pada diri manusia, ada yang berpendapat bahwa tempat keduanya adalah di pojok gigi geraham kiri dan kanan, waqila di kedua pundak waqila di janggut, dan waqila di kedua bibir. Sedangkan menurut mujahid, jika orangnya duduk maka salah satu malaikat di depan dan satunya lagi dibelakang, dan jika orangnya tidur maka salah satu malaikat disamping kepala dan satunya lagi di samping kaki.
Kesemua pendapat tersebut menunjukkan bahwa kedua malaikat itu tidak menetap pada satu tempat, dan yang lebih selamat dalam masalah seperti ini adalah tawaqquf sebagaimana keterangan syekh al Baijury. Wallohu a'lam. [Nur Hamzah].

Referensi :
- kitab nuruzh zholam halaman 19 :
والحفظون لما يصدر من العباد من قول او فعل او اعتقاد اثنان رقيب وعتيد. وكل منهما رقيب اي حافظ وعتيد اي حاضر اي فكل منهما يسمي بهذين الاسمين لا كما قد يتوهم من ان احدهما رقيب والاخر عتيد قاله الباجوري كالجلال المحلي --  الي ان قال -- واختلف في محلهما من الشخص فقيل ناجداه اي اخر اضراسه الايمن والايسر وقيل عاتفاه وقيل ذقنه وقيل شفتاه وقيا عنفقته -- الي ان قال -- والاسلم في امثال ذلك الوقف قاله الباجوري

- kitab tafsir al baghowy (7/359) :
وقال الضحاك : مجلسهما تحت الضرس على الحنك ، ومثله عن الحسن ، وكان الحسن يعجبه أن ينظف عنفقته .
أخبرنا أبو سعيد الشريحي ، أخبرنا أبو إسحاق الثعلبي ، أخبرنا الحسين بن محمد الدينوري ، حدثنا أحمد بن جعفر بن حمدان ، حدثنا الفضل بن العباس بن مهران ، حدثنا طالوت ، حدثنا حماد بن سلمة ، أخبرنا جعفر بن الزبير عن القاسم بن محمد عن أبي أمامة قال : قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم - : " كاتب الحسنات على يمين الرجل ، وكاتب السيئات على يسار الرجل ، وكاتب الحسنات أمير على كاتب السيئات ، فإذا عمل حسنة كتبها صاحب اليمين عشرا؛ وإذا عمل سيئة قال صاحب اليمين لصاحب الشمال : دعه سبع ساعات لعله يسبح أو يستغفر " .

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/posts/1350939594928845/