Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

6237. Apa saja dampak (mudharat) dari tertawa sampai terbahak-bahak ?

PERTANYAAN :


Assalamu'alaikum. Saya ingin bertanya ini kepada para ustadz/ah : Apa saja dampak (mudharat) dari tertawa sampai terbahak-bahak (israf) ? [Imamrozali].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam. Hujjatul islam pernah berkata : " Banyak tertawa dan senang dengan dunia merupakan bisa pembunuh yang menjalar ke seluruh otot, kemudian mengeluarkan perasaan takut, sedih, mengingat mati dan teror qiyamat dari dalam hati, inilah yang dinamakan matinya hati".

Perlu diketahui bahwa membiasakan banyak tertawa dapat melupakan diri dari memperhatikan persoalan-persoalan yang sangat penting, dan dapat menimbulkan kebingungan dalam memikirkan penderitaan yang menimpa. orang yang banyak ketawa akan hilang kewibawaan dan keteguhan hatinya, dan orang yang banyak tertawa tidak akan memilki ketajaman berfikir dan kemampuan yang memadai.

Abu Idris al kaholani telah meriwayatkan dari Abu Dzar al ghifari berkata : Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : " Hendaklah kamu takut memperbanyak tertawa, karena dapat mematikan hati dan memadamkan cahaya wajah ".

Mengenai firman Allah : " Kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak pula yang besar melainkan ia mencatat semuanya " (al Kahfi ayat 49), Ibnu Abbas mengatakan bahwa yang dimaksud dengan "yang kecil" dalam firman Allah tersebut adalah tertawa.

Umar bin khottob-semoga Allah meridhoinya- berkata : " Orang yang banyak ketawanya niscaya sedikit wibawanya.". Sedangkan Ali bin abu thalib karromallohu wajhah berkata : " Jika seorang alim tertawa satu kali maka dia telah membuang ilmunya sekali.". Dan dikatakan dalam hikam kalam natsar : " Tawa seorang mukmin merupakan kelalaian dari hatinya."
Wallohu a'lam. [Nur Hamzah, Ayie Alfaqier].

Referensi :
- kitab adabud dunya wad din (1/395) :

وأما الضحك فإن اعتياده شاغل عن النظر في الأمور المهمة ، مذهل عن الفكر في النوائب الملمة .
وليس لمن أكثر منه هيبة ولا وقار ، ولا لمن وصم به خطر ولا مقدار .
روى أبو إدريس الخولاني ، عن أبي ذر الغفاري قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : { إياك وكثرة الضحك فإنه يميت القلب ويذهب بنور الوجه } .
وروي عن ابن عباس في قوله تعالى : { ما لهذا الكتاب لا يغادر صغيرة ولا كبيرة إلا أحصاها } إن الصغيرة الضحك .
وقال عمر بن الخطاب رضي الله عنه : من كثر ضحكه قلت هيبته .
وقال علي بن أبي طالب كرم الله وجهه : إذا ضحك العالم ضحكة مج من العلم مجة .
وقيل في منثور الحكم : ضحكة المؤمن غفلة من قلبه .

- Kitab Faidhul Qodir (3/99) :

قال حجة الإسلام : كثرة الضحك والفرح بالدنيا سم قاتل يسري إلى العروق فيخرج من القلب الخوف والحزن وذكر الموت وأهوال القيامة وهذا هو موت القلب

- Tafsir Qurtubiy :

وفى تفسير القرطبي 10/318
وكان الصحابة يضحكون إلا أن الاكثار منه وملازمته حتى يغلب على صاحبه مذموم منهي عنه وهو من فعل السفهاء والبطالة وفى الخبر أن كثرته تميت القلب. اهـ

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/posts/1343032179052920/