Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

6212. Benarkah Orang yang "Gemuk" itu Boleh Tidak Mengerjakan Sholat Jum'at ?


PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum para yai.. Benarkah orang yang "gemuk" itu boleh tidak mengerjakan sholat jum'at ? Sebab ada yang bilang begitu sih. [Kusnan Ndar].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam. Dalam kitab Taqriratus Sadidah diterangkan bahwa salah satu udzur-udzur yang membolehkan tidak mengerjakan shalat jum'at dan shalat berjamaah lima waktu adalah " سمن مفرط" yaitu bertubuh gemuk yang berlebihan (over weight), Obesitas. Orang over weight ini akan mengalami kesulitan berjalan, mudah lelah saat berdiri, sulit membungkuk, tidak bisa jongkok dan sangat sulit untuk duduk di lantai.

Imam Khatib Asy Syarbiniy Asy Syafi'iy rahimahullahu ta'ala menjelaskan : Di antara kedaruratan yang diperbolehkan untuk meninggalkan berjama'ah adalah kelebihan berat badan. Seperti yang disebutkan oleh Ibnu Hibban dalam Shahih-nya, dan diriwayatkan di dalamnya. Dia dimaafkan untuk tidak menghadiri sholat Jum'at dan berjama'ah, karena takut terjadi datangnya penyakit. Dia dimaafkan meninggalkan shalat jum'ah dan berjama'ah karena khawatir membahayakan mata pencahariannya.

Jadi gemuk biasa seperti saya ini yang tidak sampai over weight itu tetap wajib jum'atan. Mungkin seperti foto di atas itulah yang disebut gemuk yang berlebih yang menjadi udzur tidak shalat jum'at dan jamaah lima waktu. Wallohu a'lam. [Faisol Tantowi, Ȟȃqqȕ Ēḽ- Ỵȃqēēṇ Ķȕṇ].

Referensi:

- Taqriratus Sadidah hal. 303 - 304:

أعذار الجمعة والحماعة.. الي ان قال: ... والأعذار هي... الي ان قال: ... ٢٤ - سمن مفرط.

- Shohih Ibnu Hibban : 

قال الامام ابن حبان في صحيحه : ذِكْرُ الْعُذْرِ الرَّابِعِ وَهُوَ السِّمَنُ الْمُفْرِطُ الَّذِي يَمْنَعُ الْمَرْءَ مِنْ حُضُورِ الْجَمَاعَاتِ.
[قاله ابن حبان في صحيحه / النوع السادس / ذكر العذر الرابع وهو السمن المفرط الذي يمنع المرء من حضور الجماعات].

وقال الخطيب الشربيني الشافعي رحمه الله تعالى: مِنْ الْأَعْذَارِ - أي المبيحة للتخلف عن الجماعة - السِّمَنُ الْمُفْرِطُ, كَمَا ذَكَرَهُ ابْنُ حِبَّانَ فِي صَحِيحِهِ، وَرَوَى فِيهِ خَبَرًا. انتهى.

قال في مطالب أولي النهى في فقه الحنبلي : ويعذر بذلك -أي بعدم حضور الجمعة والجماعة - خائف حدوث مرض إلى أن قال: ويعذر بتركهما خائف ضرر بمعيشته. انتهى.

LINK ASAL :