Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

6000. BEBERAPA AMALAN MENGEMBALIKAN BARANG HILANG

PERTANYAAN :

 
Assalamualaikum. Amalan apa yang bisa mengembalikan barang / hewan yang hilang ? Kucing saya dijual orang. Mohon jawabannya para guru-guru. [Bulan Bintang].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam. Ada beberapa amalan Doa Mengembalikan Barang Yang Hilang, di antara nya :
1. Doa ini dari Syeh Ja'far Al Khuldi -rohimahulloh-, yang beliau dapatkan dari Syeh Muzayyin Al Kabir -rohimahulloh :

يا جامع الناس ليوم لا ريب فيه اجمع علي ضالتي

" Yaa Jaami'an Naas Liyaumil Laa Roibaa Fiih, Ijma' 'Alayya Dhoollatii "

Ceritanya ketika itu Syeh Ja'far mata cincinnya jatuh di sungai Dajlah, lalu beliau membaca doa itu, setelah itu beliau menemukan mata cincinnya berada di tengah-tengah kertas yangg sedang beliau bolak-balik. Imam Nawawi -rohimahulloh- dalam Kitab Bustannya berkata : "Aku telah mencoba doa ini, ternyata bermanfa'at untuk mengembalikan barang yang hilang dengan segera. "
Syeh Yusuf An Nabhani -rohimahulloh- dalam kitab Sa'adahnya berkata : " Aku telah mencoba doa ini berkali-kali dan ternyata benar bisa mengembalikan barang yang hilang.". Wallohu a'lam.

2. Bacakan surat Yaasin 41 kali, Insya Allah segera datang / ketemu. Ini mujarrab ijazah dari KH. ZAINI MANSHUR

3. Baca surah Wadhuha 4 kali. Yang pertama mengahadap barat, kedua ke selatan, ketiga ke timur dan yang ke empat ke utara.

4. Membaca Surah "Adh-Dhuha" berikut (diawali dengan) basmalah sebanyak 27 kali. Setiap kali membaca satu surah itu ulangi ayat
" ووجدك ضاﻻ فهدى"
sebanyak tujuh kali.
Cara membaca semacam itu guna mengembalikan barang hilang atau untuk mendapat suami bagi jomblowati atau isteri bagi jomblowan atau demi mendapat peluang usaha atau pekerjaan.
Dan bagi yang ingin cepat dan segera kaya raya hendaklah membaca satu surah itu (Adh-Dhuha) sebanyak 27 kali dan ia mengulang- ulang ayat
"ووجدك عائﻻ فأغنى"
sebanyak 7 kali

Jika ada "orang nyinyiran" bertanya : apa dalil dari tata cara membaca surah dengan aturan itu ? Jawabnya : "Mendapat petunjuk dari petunjuknya para orang shalih". Karena Allah swt berfirman : فبهداهم اقتده "... maka dengan petunjuk mereka (para shalihin), ikutilah petunjuknya itu...". (dari Kyai Fatta Asyujai). Wallohu a'lam. [Nur Hamzah, Abd Jabbar].

Referensi :
- kitab al bidayah wan nihayah (11/219) :

روى الخطيب عن علي بن أبي علي إبراهيم بن محمد الطبري عن جعفر الخلدي
قال: ودعت في بعض حجاتي المزين الكبير فقلت له: زودني.
فقال لي: إذا فقدت شيئا فقل: يا جامع الناس ليوم لا ريب فيه، إن الله لا يخلف الميعاد، اجمع بيني وبين كذا، فإن الله يجمع بينك وبين ذلك الشئ.

- kitab bustanul waa'idhin (1/15) :

وروينا في رسالة القشيري رحمه الله في باب كرامات الأولياء قال كان لجعفر الخلدي فص فوقع يوما في دجلة وكان عنده دعاء مجرب للضالة ترد فدعا به فوجد الفص في وسط أوراق كان يتصفحها. قال القشيري سمعت أبا حاتم السجستاني يقول سمعت أبا نصر السراج يقول إن ذلك الدعاء يا جامع الناس ليوم لا ريب فيه اجمع على ضالتي.
قلت وقد جربت هذا الدعاء فوجدته نافعا سببا لوجود الضالة على قرب غالبا وأنه لم ينخرم.

- kitab sa'adatut daaroin (592) :

قال الفقير يوسف النبهاني جامع هذا الكتاب عفا الله عنه قد جربت هذه الفائدة مرارًا فصحت.

LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/3379884015367716