Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5969. HADATS KECIL BISA HILANG DENGAN MANDI BESAR ?

PERTANYAAN :


Assalamu'alaikum. Ustdz mau nanya : Mislkan si zaed punya hadas kecil terus junub kemudian mandi dengan niat mandi. Apakah mandi bisa mnyukupkan menghilangkan hadas kecil dan junub ? Terimakasih minta qoidah dan dalil fiqihnya. [Jamal Udin].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam. Bisa dan cukup, asalkan selama proses mandi tidak melakukan perkara yang membatalkan wudlu. Ada kaidah ushul fiqh :

إذا زال الكبير زال الصغير

"Apabila yang besar telah hilang maka yang kecil juga ikut hilang".

Dalam kaidah fikih lain disebutkan :

إذا اجتمع أمران من جنس واحد، ولم يختلف مقصودهما، دخل احدهما فى الآخر غالبا

Bila terhimpun dua perkara sejenis, yang tidak berbeda tujuannya, maka biasanya salah satunya masuk ke yang lain.

Sayyid Hasan bin Ahmad al-Kaf dalam at-Taqrirat as-Sadidah:

الحدث الأصغر يندرج ويرتفع، ولو لم ينو، إذا اغتسل غسلا واجبا (كغسل الجنابة) ولم ينتقض وضوؤه أثناء الغسل، ولا يندرج ولا يرتفع الحدث الأصغر إذا اغتسل غسلا مسنونا، فلا بدّ أن يتوضّأ قبل الغسل أو بعده او فى أثنائه، مع ملاحظة الترتيب

Hadats kecil masuk dan terangkat, meski tidak diniatkan secara khusus, bila seseorang mandi wajib (seperti mandi janabat) dan tidak batal wudhu (tidak melakukan yang membatalkan wudhu) di pertengahan mandi. Namun, tidak masuk dan tidak terangkat hadats kecil bila seseorang mandi sunnah. Maka (ketika mandi sunnah) mestilah seseorang (yang ingin hadats kecilnya terangkat) berwudhu sebelum, atau sesudah, atau pertengahan mandi, dengan melaksanakan tertib wudhu.

Dengan demikian, orang yang telah mandi janabat, tidak wajib lagi berwudhu, karena hadats kecilnya sudah ikut suci. Hanya saja, tetap disunnahkan untuk berwudhu. Terkecuali ia mengerjakan sesuatu yang menyebabkannya berhadats kecil di saat mandi, bila demikian, wajib berwudhu kembali.
Walohu a'lam. [Umronuddin, Faisol Tantowi].

LINK ASAL :