Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5807. HITUNGAN NAFAS MANUSIA SEHARI SEMALAM MENURUT KITAB KUNING

PERTANYAAN :

Assalamualaikum para asatizd yang ad didalam grup , saya mau tanya penjelasan kitab hasyiah syarqawi hud hudi hal.68 cet haramain tentang manusia sehari penuh berapa kali bernafas, mohon penjelasan dari ibarah kitab tersebut. [Nailul Fikri].

JAWABAN :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
Dalam sebuah referensi:

قوله: (بكل شيء) على ما هو به تفصيلاً، قال بعضهم : كل إنسان يتنفس في كل يوم وليلة مائة ألف نفس وأربعة وعشرين ألف نفس معتدل وفي كل نفس يموت مائة ألف ويولد مائة ألف وتحمل مائة ألف ولله في كل نفس مائة ألف فرج قريب وقيل : في كل نفس ستمائة ألف ... _ حاشية الميهي الشيبيني على شرح الرملي للستين مسألة من الفروض ط. دار الكتب العلمية ص ٢٨ 

"Setiap manusia bernafas 124.000 nafas RATA-RATA ( معتدل).. Dalam setiap nafas meninggal 100 ribu, dilahirkan 100 ribu, mengandung 100 ribu. Dan milik Allah 100 ribu keterbukaan yang dekat. Dan dikatakan: dalam setiap nafas 600 ribu...."
Saya melihat justru bukan pada jumlah seperti ini karena di 'ibarohnya menjelaskan rata-ratanya.. Dan di sana disebutnya.. وقال بعضهم bukan sesuatu yang mujma' 'alaih hehe..
Bisa jadi dasar penghitungan itu seiring kehidupan manusia yang semakin banyak dan semakin menyusut tubuhnya bisa jadi perhitungan seperti ini berubah kembali.
Malah dalam hitungan orang sekarang dikatakan bahwa jumlah setiap manusia bernafas dalam sehari sendiri bergantung pada usia dan tingkat aktivitasnya. Anak-anak cenderung memiliki tingkat pernapasan yang lebih cepat.
Misalnya, bayi yang baru lahir lebih sering bernafas dengan jumlah sekira 30-60 kali per menit. Sedangkan balita kemungkinan bernapas 20-30 kali per menit.
Anak remaja dan orang dewasa saat beristirahat, biasanya bernafas sekira 12-20 kali per menit. Artinya dalam satu hari mereka bernapas mencapai 17.000-30.000 nafas per hari atau lebih.
Tingkat pernapasan rata-rata sendiri adalah saat Anda beristirahat. Saat berolahraga atau bahkan berjalan di sekitar rumah atau sekola, tingkat pernapasan Anda naik. Sangat mungkin Anda bisa bernafas 50.000 kali atau lebih per hari jika Anda aktif.
Jika ada pertanyaan mengapa hitungannya lebih besar, bisa jadi Ulama menghitungnya nafas masuk dan keluar menjadi dua hitungan, bukan satu hitungan.
Misalnya seperti dalam Tanbihul Ghafilin di atas, dalam satu jam 180 nafas dalam satu jam, artinya menghitung keluar masuk nafas per menit. Tapi memang kurang logis juga kalau hitungan manusia saat ini, dan saya juga kurang memahami itu kecuali kalau misalnya kutipannya yang tertulis oleh mushannif terjadi pada umat terdahulu yang perawakannya jauh lebih tinggi, seperti Umat Nabi Musa atau sebelumnya mungkin bisa masuk hitungan seperti itu, belum tentu salah juga kutipan tersebut..
JADI SIMPULANNYA: penjelasan seperti di atas seandainya manusia bisa menentukan rata-rata nafas manusia sehari semalam dan sebagainya, maka ALLAH MAHA MENGETAHUI masalah tersebut secara tafshil dan teliti dan bukan lagi melihat rata-rata malah seluruhnya, per orangnya tidak terkecuali.

بكل شيئ

Sehingga tak ada satu pun yang tidak diketahui dalam Ilmu Allah.

الأنفاس معدودة، فكل نفس يخرج بغير ذكر الله فهو ميت ..
والله أعلم
Wallohu a'lam. [Muchcin Chafifi, Moh Showi, Aas Ahmad Hulasoh].

Ibarot :

ﺗﻨﺒﻴﻪ ﺍﻟﻐﺎﻓﻠﻴﻦ : ﻗﻴﻞ،ﺳﺎﻋﺎﺕ ﺍﻟﻠﻴﻞ ﻭﺍﻟﻨﻬﺎﺭ ﺍﺭﺑﻊ ﻭﻋﺸﺮﻭﻥ، ﻓﺎﻻﻧﺴﺎﻥ ﻣﺘﻨﻔﺲ ﻓﻲ ﻛﻞ ﺳﺎﻋﺔ ﻣﺎﺋﺔ ﻭﺛﻤﺎﻧﻴﻦ ﻧﻔﺴﺎ،ﻓﻔﻲ ﺍﻟﻠﻴﻞ ﻭﺍﻟﻨﻬﺎﺭ ﻳﺘﻨﻔﺲ ﺍﺭﺑﻌﺔ ﺍٓﻻﻑ ﻭﺛﻠﺜﻤﺎﺋﺔ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ ﻧﻔﺴﺎ،ﻭﻓﻲ ﻛﻞ ﻧﻔﺲ ﻳﺴﺎٔﻝ ﺑﺴﻮٔﺍﻟﻴﻦ، ﻭﻗﺖ ﺍﻟﺨﺮﻭﺝ ﻭﻭﻗﺖ ﺍﻟﺪﺧﻮﻟﻴﻌﻨﻲ، ﺍٔﻱ ﻋﻤﻞ ﻋﻤﻠﺖ ﻓﻲ ﺧﺮﻭﺝ ﺍﻟﻨﻔﺲ ﻭﺩﺧﻮﻟﻬﻪ

Kitab Durrotunnasihiin Hal : 260 (Cet Karya Insan Indonesia-semarang ‏)
‏( Tanbiihul ghofiliin). Dikatakan : bahwa siang dan malam ada 24 jam. Manusia bernafas di setiap jamnya 180 (seratus delapan puluh kali) bernafas, maka pada sehari semalam manusia bernafas sebanyak 4320 (Empat ribu tiga ratus duapuluh) kali bernafas. Di setiap nafas yang kita keluarkan di hari kiamat kelak akan di tanya dengan dua pertanyaan, yaitu pertanyaan ketika mengeluarkan dan menghirup nafas, apa yang kita kerjakan.. (dalam tiap tarikan dan hembusan nafas sedang digunakan untuk ibadah atau ma'syiyat).

حاشية الشرقاوي الشافعي على الهدهدي على أم البراهين المعروفة
قال بعضهم: كل إنسان يتنفس في كل يوم وليلة مائة ألف نفس وأربعة وعشرين ألف نفس معتدل، وفى كل نفس معتدل منها يموت ألف ويولد ألف، وتحمل الأمهات بألف، وفيه مائة ألف فرج قريب. ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺍﻋﻠﻢ ﺑﺎﻟﺼﻮﺍﺏ

LINK ASAL :
https://mbasic.facebook.com/groups/196355227053960?view=permalink&id=2404939389528855