Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5703. KHILAFIYAH AUROT BUDAK PEREMPUAN / AMAT

PERTANYAAN :

Assalaamu 'alaikum. Saya mau tanya : Kenapa aurat budak perempuan ( amat ) dengan perempuan merdeka itu berbeda ? Sedangkan mereka sama-sama perempuan ? [Bayang Semu SiMajnun]

JAWABAN :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
Sebenarnya Aurot budak wanita jika berhubungan dengan laki-laki ajnabiy itu ulama khilafiyyah :
- Syafiiyyah dan malikiyyah : antara pusar dan perut.
- Hanafiyyah : seperti aurot wanita merdeka oleh mahromnya.
- Hanabilah : aurot wanita budak sama dengan aurat wanita merdeka, laki-laki ajnabiy tidak boleh melihat kecuali yang boleh dilihat dari wanita merdeka (di Hanabilah semuanya wanita itu aurot. Tapi Alqodhi dari Hanabilah bolehin laki-laki ajnabiy lihat telapak tangan dan wajah wanita ajnabi dengan makruh, serta dengan syarat aman dari fitnah).

الموسوعة الفقهية الكويتية
عَوْرَةُ الأَْمَةِ بِالنِّسْبَةِ لِلرَّجُل الأَْجْنَبِيِّ:
٧ - اخْتَلَفَ الْفُقَهَاءُ فِي عَوْرَةِ الأَْمَةِ بِالنِّسْبَةِ لِلرَّجُل الأَْجْنَبِيِّ.
فَقَال الْمَالِكِيَّةُ وَهُوَ الأَْصَحُّ عِنْدَ الشَّافِعِيَّةِ: إِنَّ عَوْرَتَهَا هِيَ مَا بَيْنَ سُرَّتِهَا وَرُكْبَتِهَا.
وَقَال الْحَنَفِيَّةُ: عَوْرَتُهَا مِثْل عَوْرَةِ الْحُرَّةِ بِالنِّسْبَةِ لِمَحَارِمِهَا.
وَقَال الْحَنَابِلَةُ: إِنَّ عَوْرَتَهَا كَعَوْرَةِ الْحُرَّةِ لاَ يَجُوزُ أَنْ يَنْظُرَ مِنْهَا إِلاَّ مَا يَجُوزُ النَّظَرُ إِلَيْهِ مِنَ الْحُرَّةِ (١) .

Kenapa beda dalam syafiiyyah dan malikiyyah ? Ternyata dalam syafiiyyah pun ada khilaf. Aurot wanita amat (budak wanita) itu yang ashoh antara pusar dan lutut, tapi ada pendapat aurot amat ini adalah semua badan kecuali telapak tangan memutar, wajah dan kepala.

مغني المحتاج الى معرفة معانى ألفاظ المنهاج ١ ص ٣٩٧
وَكَذَا الْأَمَةُ) وَلَوْ مُدَبَّرَةً وَمُكَاتَبَةً وَمُسْتَوْلَدَةً وَمُبَعَّضَةً عَوْرَتُهَا مَا بَيْنَ السُّرَّةِ وَالرُّكْبَةِ (فِي الْأَصَحِّ) إلْحَاقًا لَهَا بِالرَّجُلِ بِجَامِعِ أَنَّ رَأْسَ كُلٍّ مِنْهُمَا لَيْسَ بِعَوْرَةٍ. وَالثَّانِي عَوْرَتُهَا كَالْحُرَّةِ إلَّا رَأْسَهَا: أَيْ: عَوْرَتُهَا مَا عَدَا الْوَجْهَ وَالْكَفَّيْنِ وَالرَّأْسَ.

Wallohu a'lam. [Muh Jayus].

LINK ASAL :