Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5496. INILAH DEFINISI DAN TA’RIF DOSA MENURUT KITAB KUNING

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum Kyai-kyai PISS & Ajengan PISS semoga dirahmati Allah SWT. Kalau ada orang yang mengatakan tentang dosa, saya masih bingung dengan definisinya karena yang saya tahu dosa itu perbuatan yang tidak baik untuk itu mohon pencerahannya mengenai definisi / ta'rif dosa dari kitab kuning dan para adjengan PISS KTB. Terimakasih.  [ Dida Alfiedz Rasyeed ].

JAWABAN :

Wa’alaikum salam wr.wb.

Dosa itu bahasa arabnya Itsmun. Lebih jelasnya :
Definisi Al-itsmu (dosa) secara bahasa (lughot) adalah adzdzanbu (dosa). Dan dikatakan : melakukannya seseorang akan apa yang tidak halal baginya.

Dan menurut istilah ahli sunnah Itsm (dosa) adalah yang ngehaqi (berhaq) dihukum (dibalas siksa).

Dan menurut mu'tazilah : Wajib dihukum (dibalas siksa).
Dan perbedaan antara kedua definisi ini seputar atas wenangnya pengampunan dan tidaknya menurut setiap dari dua golongan ini (Ahlussunnah dan mu'tazilah).

Jadi dosa menurut aswaja adalah sesuatu yang pelakunya berhaq mendapat hukuman siksa dari Alloh Subhanahu Wata'ala.
Dan bisa saja Alloh Subhanahu Wata'ala menghukum siksa, atau tidak menghukum (Alloh Subhanahu Wata'ala mengampuni), itu bergantung pada Alloh Subhanahu Wata'ala.
Dari an-nawwas bin sam'an al anshoriy, ia berkata :
aku bertanya kepada Rosulillah SAW tentang al-Birr dan al-Itsm.

Rosulullah menjawab :  
Al-Birr (baik) adalah baik akhlaq nya, dan Al-Itsm (dosa) adalah apa-apa yang bergemuruh di hatimu, dan engkau tidak ingin ada orang yang melihatnya


عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ صَالِحٍ .........عَنْ النَّوَّاسِ بْنِ سِمْعَانَ الْأَنْصَارِيِّ قَالَ سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْبِرِّ وَالْإِثْمِ فَقَالَ "الْبِرُّ حُسْنُ الْخُلُقِ وَالْإِثْمُ مَا حَاكَ فِي صَدْرِكَ وَكَرِهْتَ أَنْ يَطَّلِعَ عَلَيْهِ النَّاسُ" [مسلم: كِتَاب الْبِرِّ وَالصِّلَةِ وَالْآدَابِ بَاب تَفْسِيرِ الْبِرِّ وَالْإِثْمِ]

Arti dari hadits di atas : 
Kebaikan adalah akhlak yang terpuji, dan dosa adalah apa-apa yang bergemuruh di hatimu, dan engkau tidak ingin ada orang yang melihatnya“. (HR Muslim).

Kata SALAH (khotho') lazimnya dikaitkan dengan perbuatan yang melanggar norma pergaulan / mu'amalah dengan sesama makhluk / hablum minan naas.

Sedangkan Itsmu / dosa adalah perbuatan yang melanggar norma agama dan syariat dan mempunyai konsekwensi hukum sendiri di hadapan Allah.

Wallaahu a’lam [ Mujaawib: Yai Muh Jayus , Yai Dimasyqi Fata ].   

IBAROH:

الموسوعة الفقهية الكويتية
إِثْم التَّعْرِيفُ: ١ - الإِْثْمُ لُغَةً: هُوَ الذَّنْبُ. وَقِيل: أَنْ يَعْمَل مَا لاَ يَحِل لَهُ. (١) وَفِي اصْطِلاَحِ أَهْل السُّنَّةِ: الإِْثْمُ اسْتِحْقَاقُ الْعُقُوبَةِ. وَعِنْدَ الْمُعْتَزِلَةِ. لُزُومُ الْعُقُوبَةِ. وَالاِخْتِلاَفُ بَيْنَ التَّعْرِيفَيْنِ يَدُورُ عَلَى جَوَازِ الْعَفْوِ وَعَدَمِهِ عِنْدَ كُلٍّ مِنَ الْفَرِيقَيْنِ. (٢)


 (١) لسان العرب، والصحاح (أثم) . (٢) ابن عابدين ٣ / ٤٧ ط الأولى.
شرح النووي على مسلم قَوْلُهُ : ( فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الْبِرُّ ) أَيْ أَعْظَمُ خِصَالِهِ أَوْ الْبِرُّ كُلُّهُ مُجْمَلًا ( حُسْنُ الْخُلُقِ ) قَالَ الْعُلَمَاءُ : الْبِرُّ يَكُونُ بِمَعْنَى الصِّلَةِ وَبِمَعْنَى اللُّطْفِ وَالْمَبَرَّةِ وَحُسْنِ الصُّحْبَةِ وَالْعِشْرَةِ ، وَبِمَعْنَى الطَّاعَةِ ، وَهَذِهِ الْأُمُورُ هِيَ مَجَامِعُ حُسْنِ الْخُلُقِ . ( وَالْإِثْمُ مَا حَاكَ فِي نَفْسِك ) · أَيْ تَحَرَّكَ فِيهَا وَتَرَدَّدَ ، وَلَنْ يَنْشَرِحْ لَهُ الصَّدْرُ وَحَصَلَ فِي الْقَلْبِ مِنْهُ الشَّكُّ ، وَخَوْفُ كَوْنِهِ ذَنْبًا . · وَقِيلَ يَعْنِي الْإِثْمُ مَا أَثَّرَ قُبْحُهُ فِي قَلْبِك أَوْ تَرَدَّدَ فِي قَلْبِك ، وَلَمْ تُرِدْ أَنْ تُظْهِرَهُ لِكَوْنِهِ قَبِيحًا. قَوْلِهِ : ( وَكَرِهْت أَنْ يَطَّلِعَ النَّاسُ عَلَيْهِ ) وَذَلِكَ لِأَنَّ النَّفْسَ بِطَبْعِهَا تُحِبُّ اِطِّلَاعَ النَّاسِ عَلَى خَيْرِهَا ، فَإِذَا كَرِهْت الِاطِّلَاعَ عَلَى بَعْضِ أَفْعَالِهَا فَهُوَ غَيْرُ مَا تَقَرَّبَ بِهِ إِلَى اللَّهِ ، أَوْ غَيْرُ مَا أَذِنَ الشَّرْعُ فِيهِ وَعَلِمَ أَنَّهُ لَا خَيْرَ فِيهِ وَلَا بِرَّ فَهُوَ إِذًا إِثْمٌ وَشَرٌّ


                                                     # Rabbi zidna ‘ilman nafi’a #