Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5481. HUKUM MEMBACA SHOLAWAT KETIKA AKAN / SEDANG MAKAN

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum wr wb Titipan : Nderek tangklet yi.. Ada seorang yang ketika mau makan minum dia selalu berdoa dan membaca sholawat kemudian dia berkata.. Ya Rosululloh mari makan... ya Rosululloh mari minum... Pertanyaannya apakah amalan tersebut termasuk bid'ah yang dholalah... ? Suwun yai nyai ugi member mriki. [Arick Susanto].

JAWABAN :

Wa’alaikumussalaam warahmatullah. Praktek seperti yang ditanyakan di atas sampai tulisan ini dimuat belum ditemukan dasar hukum yang kuat yang menyebutkannya, baik itu Al-Qur’an Hadits maupun dalam kutubussalaf.

Namun jika yang ditanyakan adalah hukum membaca sholawat ketika akan / sedang makan dan atau minum terdapat keterangan dalam kitab kitab salaf yakni keterangan dari Imam As-Suyuthi yang bersumber dari sayyidina ‘Ali karromallaah wajhah yang menyebutkan bahwa hukum membaca sholawat saat / akan makan dan atau minum adalah sunnah.

Di samping itu terdapat pula hadits yang diriwayatkan dari sayyidina ‘Ali karromallaahu waj-hah bahwasanya kanjeng Nabi shollallaahu ‘alaihi wasallam dhawuh “segala sesuatu yang diturunkan ke bumi ini di dalamnya terdapat penyakit dan sekaligus obat, kecuali beras, sesungguhnya di dalamnya hanya terdapat obat (kesembuhan) tidak ada penyakit di dalamnya”.

Referensi :
~ Hasyiyah Bujairimi ‘alal Minhaj `
~ Daqoiqul Akhbar :

نقل السيوطي رضي الله عنه عن الإمام علي عليه السلام
أن كلما انبتت الأرض فيه دواء و داء إلا الأرز فإنه دواء لا داء فيه ، ونقل ايضا أن الأرز كان جوهرة مودعا فيها نور النبي صلى الله عليه وآله وسلم فلما اخرج منها تفتتت وصارت هكذا
و ينبغي على ذلك أنه يُـسن الصلاة على النبي صى الله عليه وآله وسلم عـنـد أكـلـه

حاشية الجمل على المنهج لشيخ الإسلام زكريا الأنصاري ج ٤ ص ١٣٠
فائدة ؛ نقل الجلال السيوطي في الرسالة الزرنبية في السلالة الزينبية عن علي بن أبي طالب رضي الله تعالى عنه أن كل ما أنبتت الأرض فيه دواء وداء إلا الأرز فإنه دواء لا داء فيه ونقل فيها أيضا أن الأرز كان جوهرة مودعا فيها نور النبي {صلى الله عليه وسلم} فلما خرج منها تفتتت وصارت هكذا وبنى على ذلك أنه يسن الصلاة على النبي {صلى الله عليه وسلم} ما دام يأكل عند أكله ا ه وفي البرماوي ما نصه قال السيوطي ويسن لمن أكل الأرز أن يكثر من الصلاة والسلام على النبي {صلى الله عليه وسلم} ما دام يأكل لأنه خلق من نور المصطفى لكن تعقب بأنه لم يثبت ا ه

الحاوي للفتاوي ص ٤٩
لطيفة : يستحب إكثار الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم عند أكل الرز ; لأنه كان جوهرا أودع فيه نور محمد صلى الله عليه وسلم فلما خرج النور منه تفتت وصار حبا . وعن علي أن النبي صلى الله عليه وسلم قال :
" كل شيء أخرجته الأرض فيه داء وشفاء ، إلا الأرز فإنه شفاء لا داء فيه "

نزهة المجالس ومنتخب النفائس ج ١ ص ٢٨٤
لطيفة : رأيت في كتاب شرعة الإسلام يستحب إكثار الصلاة على النبي عند أكل الأرز لأنه كان جوهرا في الجنة أودع الله فيه نور محمد صلى الله عليه وسلم فلما خرج منه النور تفتت فصار حبا وعن علي عن النبي صلى الله عليه وسلم كل شيء أخرجته الأرض داء وشفاء إلا الأرز فإنه شفاء لا داء فيه وعن علي في قوله تعالى لينظر أيها أزكى طعاما أنه الأرز في كتاب البركة عن النبي صلى الله عليه وسلم كلوا الأرز فإنه بركة

Wallaahu A‘lam. [ Warlesh Asy Syifa, Umronuddin, Ghufron Bkl ]

Link Diskusi :
web.fb.com/groups/piss.ktb/1644875118868623
www.fb.com/notes/1970903449599120