Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5384. KAJIAN KITAB MINHAJUL 'ARIFIN KARYA IMAM AL GHOZALI [Muqoddimah]

KAJIAN KITAB MINHAJUL 'ARIFIN KARYA IMAM AL GHOZALI

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله اللذى نور قلوب العارفين بذكره, وانطق السنتهم بشكره, وعمر جوارحهم بخدمته,

Muqoddimah
Dengan menyebut nama Allah yang maha Pengasih lagi maha Penyayang.
Segala puji bagi Allah yang telah menerangi kalbu orang-orang 'arif dengan berdzikir kepada-Nya, menggerakkan lisan mereka dengan bersyukur kepada-Nya, dan menyibukkan anggota badan mereka dengan berbakti kepada-Nya.

فهم في رياض الانس يرتعون والي اوكار المحبة ياءوون , ذكرهم فذكروه, واحبهم فاحبوه, ورضي عنهم فرضوا عنه,

Mereka terpelihara di taman keakaraban dan berlindung di sarang kecintaan. Allah mengingat mereka maka merekapun mengingat-Nya, Allah mencintai mereka maka merekapun mencintai-Nya dan Allah meridloi mereka maka merekapun ridlo kepada-Nya.

راءس مالهم الافتقار ونظام امرهم الاضطرار, علمهم دواء الذنوب, وعرفهم طب القلوب, فهم مصابيح انوار حجته, ومفاتيح خزائن حكمته,

Modal mereka adalah perasaan butuh kepada Allah dan keteraturan urusan mereka adalah sangatnya butuh kepada Allah. ilmu mereka adalah pengobat dosa-dosa dan ma'rifat mereka adalah penyembuh kalbu. mereka adalah pelita-pelita cahaya hujjah-Nya dan mereka adalah kunci-kunci kebijaksanaan-Nya.

امامهم القمر الطالع, وقائدهم النور الساطع, سيد الموالي والعرب محد بن عبد الله بن عبد المطلب, الثمرة الزاكية من الشجرة المباركة, التي اصلها التوحيد, وفرعها التقوى.

Imam mereka adalah bulan yang terbit, pemimpin mereka adalah cahaya yg terang, penghulu para wali dan bangsa arab, Muhammad bin Abdillah bin Abdil Muttholib, beliau adalah buah suci dari pohon yang diberkati, akarnya adalah tauhid dan dahannya adalah taqwa.

لَّا شَرْقِيَّةٍ وَلَا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِيءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ ۚ نُّورٌ عَلَىٰ نُورٍ ۗ يَهْدِي اللَّهُ لِنُورِهِ مَن يَشَاءُ ۚ وَيَضْرِبُ اللَّهُ الْأَمْثَالَ لِلنَّاسِ ۗ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ  وَمَن لَّمْ يَجْعَلِ اللَّهُ لَهُ نُورًا فَمَا لَهُ مِن نُّورٍ

Tidak di timur dan tidak pula di barat, yg minyaknya nyaris menerangi walaupun tidak tersentuh api. cahaya di atas cahaya. Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa saja yg di kehendaki, dan Allah membuat perumpamaan -perumpamaan bagi manusia. dan Allah mengetahui segala sesuatu. (QS 24:35)
Barang siapa yang tidak diberi cahaya oleh Allah, tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun. (QS 24:40).

صلي الله عليه وسلم صلاة تلوح في السموات اثارها وتعلو في جنان الخلد انوارها وتطيب في مشاهد الانبياء اخبارها, وعلي اله الطاهرين واصحابه المطهرين

Baginya sholawat dan salam, sholawat yang pengaruhnya bersinar di langit, cahayanya meninggi di syurga-syurga keabadian dan khabarnya mengharumkan majlis para Nabi. Sholawat dan salam juga bagi keluarganya yang suci dan para sahabatnya yang disucikan. Wallohu a'lam. [Ust.Nur Hamzah]. # Robbi zidna ‘ilman nafi’a #

LINK ASAL:

www.fb.com/groups/piss.ktb/1811052625584204