Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5360. INILAH YANG DIMAKSUD DENGAN ILMU HAAL

PERTANYAAN :

Assalama’alaikum wr.wb. Ya ahki saya imgin bertanya. Apa yang dimaksud dengan ilmu hal? Mohon jawabannya dan terima kasih. [Arman Khan].

JAWABAN :

Wa’alaikum salam.  Baginda Rasulullah saw bersabda, "Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi seluruh orang islam, baik laki-laki maupun perempuan". Menuntut ilmu adalah wajib. Namun, tidak seluruh ilmu harus atau wajib  dipelajari. Manusia tidak akan sanggup untuk mempelajari seluruh ilmu.  Manusia hanya sekedar memperolah setitik air di ujung jarum dibanding  ilmu Allah yang bagaikan lautan.

Yang diwajibkan bagi setiap orang Islam adalah ilmul hal.  Yang dimaksud ilmul hal adalah ilmu tentang hal-hal yang berkaitan  dengan sikap manusia pada kondisi pribadinya. Ilmu itu pada dasar  berkaitan dengan perintah dan larangan yang berkaitan dengan kondisinya. Selain perintah dan larangan, wajib pula mempelajari wasilah-wasilah untuk melaksanakan perintah daan menjauhi larangan. Tidak mungkin manusia melaksanakan perintah tanpa wasilahnya, yaitu tanpa cara, alat, metode dan hal-hal lain pendukungnya. Demikian pula menjauhi larangan.

Perintah dan larangan itu ada tiga kategori. Yang pertama adalah  perintah dan larangan yang mengenai seluruh manusia, seperti perintah  beriman dan larangan kafir atau musyrik. Yang kedua adalah perintah dan  larangan yang mengenai seluruh kaum muslimin, seperti shalat dan  gerak-gerik hati. Yang ketiga adalah perintah dan larangan yang mengenai  orang-orang yang berkecimpung saja di bidang itu, seperti ketentuan  berdagang bagi pedagang, ketentuan bertani bagi seoramg petani, ketentuan ke-pejabatnegaraan bagi para pejabat negara. Wallahu a’lam. [@santrialit]

- Ihya ‘Ulumiddin :

عن سيدنا أنس بن مالك رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : طلب العلم فريضة على كل مسلم. أخرجه ابن ماجه في سننه.
[علم الحال]
اعلم أنه لا يفترض على كل مسلم طلب كل علم، وإنما يفترض عليه طلب علم الحال (1) أو علم فرض العين، فإنه يقال: أفضل العلم علم الحال، وأفضل العمل حفظ الحال.
ويفترض  على المسلم طلب علم الأمور التي تقع له في حاله، في أي حال كان. فإنه لا  بد له من الصلاة فيفترض عليه أن يعلم ما يقع له في صلاته بالقدر الذي يؤدى  به فرض الصلاة، لأن ما يتوسل به إلى إقامة الفرض يكون فرضاً، وكذلك الشأن  في الصوم، والزكاة إن كان له مال، والحج إن وجب عليه، وكذلك البيوع إن كان  يتعامل في التجارة بيعا وشراء.
_________
(1)  علم الحال: المقصود هي الأحوال والشئون التي لابد أن تعرض للإنسان في  حياته، كالإيمان ومعرفة أحكام العبادات والمعاملات الضرورية، وطرق السعي  إلى الرزق.

LINK ASAL :

www.fb.com/groups/piss.ktb/1589548367734632/