Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5232. HADITS TENTANG MAKAN MENTIMUN DAN KURMA BASAH

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum wr wb. Saya sempat baca di media sebuah hadis yang berbunyi : Aisyah berkata, “Ibuku mengobatiku agar aku kelihatan gemuk, saat dia hendak mempertemukan aku dengan Rasulullah, dan usaha itu tidak membuahkan hasil sehingga aku memakan timun dengan kurma basah. Kemudian aku menjadi gemuk dengan bentuk yang ideal.” (Riwayat Ibnu Majah). Mohon pencerahannya [خير آلمعيد آلمدوري].

JAWABAN :
 
Wa'alaikumussalam. Hadits tentang makan mentimun dan kurma basah ada disebutkan dalam :
- kitab tuhfatul ahwadzi syarah tirmidzi :

عن عبد الله بن جعفر قال كان النبي صلى الله عليه وسلم يأكل القثاء بالرطب قال أبو عيسى هذا حديث حسن صحيح غريب لا نعرفه إلا من حديث إبراهيم بن سعد

Dari Abdulloh bin Ja’far-radiallohu anhu- berkata : ”Dulu Nabi shollallohu alaihi wasallam-makan mentimun disertai ruthab”. Imam Tirmidzi berkata : ini hadits hasan shohih ghorib.

وقال القرطبي : يؤخذ من هذا الحديث جواز مراعاة صفات الأطعمة وطبائعها واستعمالها على الوجه الأليق بها على قاعدة الطب لأن في الرطب حرارة وفي القثاء برودة فإذا أكلا معا اعتدلا ، وهذا أصل كبير في المركبات من الأدوية ، ومن فوائد أكل هذا المركب المعتدل تعديل المزاج وتسمين البدن كما أخرجه ابن ماجه من حديث عائشة أنها قالت : أرادت أمي أن تهيئني للسمن لتدخلني على النبي صلى الله عليه وسلم ، فما استقام لها ذلك حتى أكلت الرطب بالقثاء ، فسمنت كأحسن السمن انتهى .

Al-Qurtuby berkata: ”Fa’idah yang bisa diambil dari hadits ini, sesuai dengan kaedah ilmu kodekteran bolehnya meneliti kandungan gizi makanan dan menggunakannya sesuai dengan tabi’at dan sifatnya, dalam mentimun itu ada kandungan dingin sedangkan dalam kurma basah itu ada kandungan panas, maka apabila dimakan bersama dan dipadukan akan menyempurnakan satu sama lain, dan ini adalah kaidah besar dalam pembuatan komposisi obat. Di antara fa’idah memakan perpaduan mentimun dengan kurma basah ini adalah menggemukkan badan dan menyehatkan badan, sebagaimana dalam hadits riwayat Ibnu Majah dari haditsnya Aisyah bahwa beliau berkata : " Ibuku ingin membuatku gemuk karena saya akan jadi pengantin Nabi shollallohu alaihi wasallam-, dan usaha itu tidak membuahkan hasil sehingga saya makan mentimun dan ruthab (kurma yang basah dan belum terlalu matang), kemudian akupun jadi gemuk dengan gemuk yang bagus”

- kitab fathul bary :

وأخرج ابن ماجه عن عائشة " أرادت أمي تعالجني للسمنة لتدخلني على النبي صلى الله عليه وسلم فما استقام لها ذلك حتى أكلت الرطب بالقثاء فسمنت كأحسن سمنة " وللنسائي من حديثها " لما تزوجني النبي صلى الله عليه وسلم عالجوني بغير شيء ، فأطعموني القثاء بالتمر فسمنت عليه كأحسن الشحم " وعند أبي نعيم في الطب من وجه آخر عن عائشة " أن النبي صلى الله عليه وسلم أمر أبويها بذلك "
Wallohu a'lam. [Ust. Nur Hamsah].

LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/1697103656979102/