Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5116. NAHWU : SHOLAWAT DALAM BEIT ALFIYAH TIDAK MENYERTAKAN SALAM

PERTANYAAN :

Asslamu’alaikum warahmatullah. Dalam beit alfiyyah (musholliyan alannabiyyil musthofa # waalihil mustakmilina sarofa), maaf saya mau bertanya kenapa lafadz ‘musholiyyan’ tidak diikuti lafadz salam?, mohon jawabannya. Wassalam [Kedipan Mata Kecil].

JAWABAN :

Wa’alaikum salam warahmatulah. Tidak menyebutkan / menyertakan ‘salam’ karena mengikuti pendapat yang tidak memakruhkan penyendirian salah satu dari sholawat dan salam, bahkan jika membaca sholawat di satu majlis dan membaca salam di majlis lain walaupun dalam jangka waktu yang lama maka sudah dianggap melakukan yang di perintahkan. Ini adalah pendapat yang dipilih oleh syeikh Ali ash-Shobban sepakat dengan pendapat al hafidz ibnu hajar dan selainnya. Sedangkan ayat perintah sholawat dan salam tidak menuntut berbarengannya sholawat dan salam karena huruf wawu tidak menunjukkan hal itu. Wallahu a’lam. [Mujawib : Ustadz Nur Hamzah]

- Kitab Hasiyah as-Shobban ‘alal Asmuni (1/18 ) :

ولم يذكر السلام جريا على عدم كراهة إفراد أحدهما عن الآخر بل إذا صلى في مجلس وسلم في مجلس ولو بعد مدة طويلة كان آتيا بالمطلوب وهذا هو المختار عندي وفاقا للحافظ ابن حجر وغيره. والآية لا تدل على طلب قرنهما لأن الواو لا تقتضي ذلك.

LINK ASAL :
www.fb.com/notes/1561199760569493/

www.fb.com/groups/piss.ktb/1369856969703774/