Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4831. MEMBACA TAKBIR SAAT TERJADI GERHANA

PERTANYAAN :

Assalamualaikum. Saya mau tanya apa hukum takbiran ketika terjadi gerhana ? Karena masyarakat banyak yang takbiran, mohon penjelasannya. [Asroorr].

JAWABAN :

Wa 'alaikum salam wa rohmatulloh. Ketika terjadi gerhana, selain dianjurkan untuk melakukan sholat gerhana, juga dianjurkan membaca takbir "Allohu Akbar".

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ وَإِنَّهُمَا لَا يَنْخَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَكَبِّرُوا وَادْعُوا اللَّهَ وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

“Sesungguhnya matahari dan bulan merupakan dua tanda kebesaran Allah tidak akan terjadi gerhana karena kematian atau lahirnya seseorang, maka jika kalian menyaksikannya BERTAKBIRLAH dan berdoalah kepada Allah dan shalatlah dan bersedekahlah ".  (HR Muslim).

- Kitab Syarah Nawawi 'Ala Muslim :

قوله - صلى الله عليه وسلم : ( فإذا رأيتموها فكبروا وادعوا الله وصلوا وتصدقوا ) فيه الحث على هذه الطاعات وهو أمر استحباب .

Sabda Nabi shollallohu alaihi wasallam : "jika kalian menyaksikannya BERTAKBIRLAH dan berdoalah kepada Allah dan shalatlah dan bersedekahlah".
Dalam hadits tersebut terdapat motivasi untuk melakukan keta'atan tersebut, dan ini adalah perintah yang bersifat anjuran.

- Aunul Ma'bud 4/39 :

وكبروا  أي عظموا الرب أو قولوا الله أكبر

(Dan bertakbirlah) yaitu agungkanlah Tuhan atau ucapkanlah "Allahu Akbar".
Wallohu a'lam. [MUJAAWIB : Ust.Nur Hamzah, Ust.Ghufron Bkl, Yai Abdullah Afif].

LINK ASAL :