Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4606. CONTOH BACAAN KHUTHBAH NIKAH

PERTANYAAN :

Assalamu 'alaikum Wr.Wb. Mau minta Khuthbah Nikah al-Masyhuroh. [Narju Al-ni'am].

JAWABAN :

Berikut contoh Khutbah Nikah oleh KH. Mustofa Bisri :

ألحمد لله الذي احل النكاح وحرم السفاح احمدُه سبحانَه ان خلَق من الماء بشرا فجعله نسبا وصهرا, و اشكرُه انْ خلَق لنا مِن انفسنا ازواجا لنَسْكُن اليها وجعل بيننا مودة ورحمة. واشهد ان لااله الا الله لاشريك له مَبْدَع نِظام العالم على اكملِ حكمة, واشهد ان محمدا عبدُه ورسوله خيرُ ائمةِ الامة. اللهم فصل وسلم على حبيبنا و قرة اعيننا سيدنا محمد الذي ادّب و عامَل اهلَه وامتَه بالاخلاق الكريمة وعلي اله و اصحابه ذوي الفضائل والكرامة.
اما بعد فيا ايها الاخوة رحمكم الله,
اتقوا الله واعلموا ان النكاح سنة من سنن الرسول صلى الله عليه وسلم وقد قال الله تعالى في كتابه الكريم, اعوذ بالله من الشيطان الرجيم وانكحوا الايامى منكم والصالحين من عبادكم و امائكم. اِن يكونوا فقراء يغنهم الله من فضله والله واسع عليم.
وعقد النكاح, ايها الاخوة, ميثاق غليظ كما سماه الله تعالى في كتابه وهو ليس مجرد مَسَايِرَة التقاليد البشرية ولا محضَ وسيلةِ للتناسل اِشْبَاعا لهوى النفس واَرْوَاءً للشهوات الحيوانية و انما هو مسؤلية.

Segala puji bagi Allahyang telah menghalalkan nikah dan mengharamkan zina. Segala puji bagi Allahyang telah menciptakan manusia dari air lalu menjadikannya berketurunan danberbesanan. Dan kita bersyukur Allah telah menciptakan untuk kita, dari jeniskita sendiri, jodoh-jodoh agar kita condong-tenteram kepada mereka danmenjadikan cinta dan kasih sayang di antara kita. Shalawat dan salamsemoga Ia limpahkan kepada pemimpin agung kita nabi Muhammad SAW yang telahmencontohkan pergaulan hidup antar sesama maupun keluarga dengan budi pekertiyang luhur. Shalawat dan salam semoga Ia limpahkan pula kepada keluargaRasulullah dan para sahabatnya yang mulia.
Amma ba’du;  Saudara-saudaraku kaummuslimin yang berbahagia, marilah kita senantiasa meningkatkan ketakwaan kitakepada Allah dan ketahuilah bahwa pernikahan itu merupakan salah satu sunnahRasul SAW dan merupakan anjuran agama. Pernikahan yang disebut dalam Quransebagai perjanjian agung, bukanlah sekedar upacara dalam rangka mengikutitradisi, bukan semata-mata sarana mendapatkan keturunan, dan apalagi hanyasebagai penyaluran libido seksualitas atau pelampiasan nafsu syahwat belaka. Penikahan adalah amanah dan tanggungjawab. Pernikahan adalah sorga bagipasangan yang bertanggungjawab dan melaksanakan amanah.

فال النبي صلى الله عليه وسلم: استوصوا بالنساء خيرا فانما هن عندكم وديعة وانما هن كاَسْرى بين ايد يكم وانما اخذتموهن بامانة الله واستحللتموهن بكلمة الله. فعاشروهن بالمعروف ولاتظلموهن وقوموا بحقهن.
وقَال صلواته وسلامه عليه فيما قال عن مسؤلية كلِّنا: ... والرجُل راعٍ في اهله وهو مسؤل عن رعيته والمراْة راعية في بيت زوجها وهي مسؤلة عن رعيتها.
فالرجل مُلْزِم بوفاء حقوقِ اهله و اولاده واهمُّها المُعاشرة بالمعروف. والمرا ة مطالِبَةُ بطاعةِ زوجِها وتدبيرِ امورَ بَيتِها.
وكلٌ من الزوجين يحمِل مسؤليةَ نجاحِ زواجهما لنيل رضا مولاهما تعالى. وذلك مُتَيَسِّرٌلهما اذا كان كل منهما ينظر ويَرْعَى دائما الى ما عليه من الواجبات لزوجه اكثَرُ مما ينظر ويرْعى الى ماله منَ الحقوق عليه.

Nabi Muhammad SAWtelah bersabda yang artinya: “Perhatikanlah baik-baik istri-istri kalian.Mereka di samping kalian ibarat titipan, amanat yang harus kalian jaga. Merekakalian jemput melalui amanah Allah dan kalimahNya. Maka pergaulilah merekadengan baik, jangan kalian lalimi, dan penuhilah hak-hak mereka.”
Ketika berbicaratentang tanggungjawab kita, Rasulullah SAW antara lain juga menyebutkan bahwa“suami adalah penggembala dalam keluarganya dan akan dimintai pertanggungjawabanatas gembalaannya dan isteri adalah penggembala dalam rumah suaminya danbertanggungjawab atas gembalaannya.”
Begitulah; laki-lakidan perempuan yang telah diikat atas nama Allah dalam sebuah pernikahan,masing-masing terhadap yang lain mempunyai hak dan kewajiban.
Suami wajib memenuhitanggungjawabnya terhadap keluarga dan anak-anaknya, di antaranya yang terpentingialah mempergauli mereka dengan baik. Isteri dituntut untuk taat kepadasuaminya dan mengatur rumahtangganya.
Masing-masing darisuami-isteri memikul tanggung jawab bagi keberhasilan perkawinan mereka untukmendapatkan ridha Tuhan mereka. Apabila masing-masing lebih memperhatikan danmelaksanakan kewajibannya terhadap pasangannya daripada menuntut haknya saja,insya Allah keharmonisan dan kebahagian hidup mereka akan lestari sampai HariAkhir. Sebaliknya apabila masing-masing hanya melihat haknya sendiri karenamerasa memiliki kelebihan atau melihat kekurangan dari yang lain, makakehidupan mereka akan menjadi beban yang sering kali tak tertahankan.
Masing-masing,laki-laki dan perempuan, secara fitri mempunyai kelebihan dan kekurangannnyasendiri-sendiri. Kelebihan-kelebihan itu bukan untuk diperbanggakan ataudiperirikan. Kekurangan-kekurang pun bukan untuk diperejekkan atau dibuatmerendahkan. Tapi semua itu merupakan peluang bagi kedua pasangan untuk salingmelengkapi.

وعليهما معا ان يجاهدا في بناء الاسرة باخلاق الاسلام والحفظِ على سلامتها واستقامتها على الدوام . وبذلك تكون السعادة في الدارين ان شاء الله.

Kedua suami-isteri hendaklah bersama-samaberjuang membangun kehidupan keluarga mereka dengan akhlak Islam dan menjagakeselamatan dan keistiqamahannya selalu. Dengan demikian akan terwujudlahkebahagian hakiki di dunia maupun di akhirat kelak, Insya Allah.

اقول قولي هذا واستغفر الله العظيم لي ولكم ولوالدي ولوالديكم ولمشايخي ومشايخكم ولسائر المسلمين. فاستغفروه انه هو الغفور الرحيم.
استغفر الله العظيم x 3
اشهد ان لا اله الا الله و اشهد ان محمدا رسول الله x 3

http://kuaklojen.blogspot.co.id/2013/11/khutbah-nikah-kh-mustofa-bisri.html
Wallohu a'lam [Santrialit]

LINK ASAL :

www.fb.com/groups/piss.ktb/1033928623296612/