Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4602. Kesunnahan Berdehem dan Mengurut Kelamin Bagi Wanita Ketika Buang Air Kecil

PERTANYAAN :

Diantara adab ketika membuang air kecil (pipis) adalah :

وأن يستبرئ من بوله عند انقطاعه بتنحنح ونتر ذكر

Menuntaskan pipisnya dengan cara berdehem dan mengurut-urut Dzakar (kemaluannya). (FATHUL WAHHAB juz 1 hal 10). Yang saya tanyakan, apakah kesunahan berdehem juga berlaku untuk wanita? dan apakah kalau wanita sunah mengurut (anunya) ? mohon penjelasannya. [Sufyan Ats'Tsauri].

JAWABAN :

Bagi wanita juga sunnah mengurut anunya dengan menekan halus dengan jemari-jemari tangan kirinya di bagian atas anunya ( tempat tumbuhnya bulu / A'nah )

ﻗﻮﻟﻪ : ( ﻭﻧﺘﺮ ﺫﻛﺮ ) ﺑﺎﻟﺘﺎﺀ ﺍﻟﻤﺜﻨﺎﺓ . ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﺮﻭﺽ : ﻭﻛﻴﻔﻴﺔ ﺍﻟﻨﺘﺮ ﺃﻥ ﻳﻤﺴﺢ ﺑﻴﺴﺮﺍﻩ ﻣﻦ ﺩﺑﺮﻩ ﺇﻟﻰ ﺭﺃﺱ ﺫﻛﺮﻩ ، ﻭﻳﻌﻴﺪﻩ ﺑﻠﻄﻒ ﻟﻴﺨﺮﺝ ﻣﺎ ﺑﻘﻲ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ، ﻭﻳﻜﻮﻥ ﺫﻟﻚ ﺑﺎﻹﺑﻬﺎﻡ ﻭﺍﻟﻤﺴﺒﺤﺔ ؛ ﻷﻧﻪ ﻳﺘﻤﻜﻦ ﺑﻬﻤﺎ ﻣﻦ ﺍﻹﺣﺎﻃﺔ ﺑﺎﻟﺬﻛﺮ ، ﻭﺗﻀﻊ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺃﺻﺎﺑﻊ ﻳﺪﻫﺎ ﺍﻟﻴﺴﺮﻯ ﻋﻠﻰ ﻋﺎﻧﺘﻬﺎ

Imam nawawi berkata : qoul al-mukhtar bahwasanya kesunnahan berdehem dan mengurut kelamin ketika buang hajat itu tidak umum pada setiap orang, yang terpenting diyakini air seni yang keluar itu benar-benar tuntas. Sebagian hanya dengan sedikit meremas sudah cukup, ada yang harus diulang-ulang mengurut, ada yang sampai berdehem dan mengurut, ada yang tak melakukan apapun.
Dan dianjurkan bagi seipapun tidak melakukannya sampai batas was was. Wallohu a'lam. [Rampak Naung].

ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ : ﻭﺍﻟﻤﺨﺘﺎﺭ ﺃﻥ ﺫﻟﻚ ﻳﺨﺘﻠﻒ ﺑﺎﺧﺘﻼﻑ ﺍﻟﻨﺎﺱ ، ﻭﺍﻟﻘﺼﺪ ﺃﻥ ﻳﻈﻦ ﺃﻧﻪ ﻟﻢ ﻳﺒﻖ ﺑﻤﺠﺮﻯ ﺍﻟﺒﻮﻝ ﺷﻲﺀ ﻳﺨﺎﻑ ﺧﺮﻭﺟﻪ ، ﻓﻤﻨﻬﻢ ﻣﻦ ﻳﺤﺼﻞ ﻫﺬﺍ ﺑﺄﺩﻧﻰ ﻋﺼﺮ ، ﻭﻣﻨﻬﻢ ﻣﻦ ﻳﺤﺘﺎﺝ ﺇﻟﻰ ﺗﻜﺮﺭﻩ ، ﻭﻣﻨﻬﻢ ﻣﻦ ﻳﺤﺘﺎﺝ ﺇﻟﻰ ﺗﻨﺤﻨﺢ ﻭﻣﻨﻬﻢ ﻣﻦ ﻻ ﻳﺤﺘﺎﺝ ﺇﻟﻰ ﺷﻲﺀ ﻣﻦ ﻫﺬﺍ ، ﻭﻳﻨﺒﻐﻲ ﻟﻜﻞ ﺃﺣﺪ ﺃﻥ ﻻ ﻳﻨﺘﻬﻲ ﺇﻟﻰ ﺣﺪ ﺍﻟﻮﺳﻮﺳﺔ

Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/1118865434802930/