Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4536. INILAH DALIL TIDUR 8 JAM SEHARI

PERTANYAAN :

Di dalam kitab ta'lim mutaallim . orang yang mencari ilmu disuruh melek malam untuk belajar. Toh jika menurut medis tidur min 8 jam. Pendapate jenengan sedoyo pripun? Apakah ada ibarot dalam kitab-kitab Thib bahwa tidur min 8 jam ? [Em Aril Al Kafi].

JAWABAN :

Ada, dalam kitab tib juga seperti itu, lihat  kitab ar rohmah fit tib wal hikmah imam suyuti halaman 20 :

والقدر الاصلاح من النوم ست ساعات من الليل اوثمان وفي النهار ولو ساعة القيلولة ولو لحظة فان فيها اعانة علي قيام الثلث الباقي من الليل كما ان في السحور اعانة علي الصوم

Ukuran paling baik dari tidur adalah 6 atau 8 jam di malam hari, dan di siang hari walaupun sebentar di waktu qoilulah, karena dengan tidur sebentar di siang hari bisa menolong bangun pada sepertiga akhir di malam hari sebagaimana sahur bisa menolong orang untuk berpuasa.
- kitab bidayatul hidayah halaman 9 :

واعلم أن الليل والنهار أربع وعشرون ساعة، فلا يكن نومك بالليل والنهار أكثر من ثماني ساعات، فيكفيك إن عشت مثلا ستين سنة أن تضيع منها عشرين سنة وهو ثلث عمرك.

Dan ketahuilah bahwa sehari semalam itu ada 24 jam maka tidurmu di malam dan siang hari jangan lebih dari 8 jam, maka cukuplah bagimu jika seumpama kamu hidup 60 tahun, kamu menyia-nyiakan umurmu sebanyak 20 tahun, yaitu sepertiga umurmu. Wallohu a'lam bis showab. [Mas Hamzah].

LINK DISKUSI :
www.fb.com/groups/piss.ktb/992371514118990/

www.fb.com/notes/1079380272084780?h