Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3403. HUKUM MENOLEH KE KANAN DAN KIRI SETELAH SALAM TAROWIH

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum yai. Barusan ada imam sholat tarawih yang ketika sesudah salam  menoleh ke kanan / ke kiri, sebenarnya itu gimana ya yai ? Dan sebenarnya yang benar itu gimana ya ? Atas penjelasannya dihaturkan terima kasih. [Kawulo alit].

JAWABAN :

Wa'alaikumsalaam. Sholatnya tetap sah namun makruh, asal menolehnya adalah dengan wajah saja (tidak dengan dada). Lihat Al-Bajuri I / 179 Cet Thoha Putra Semarang :

ـ (قوله واستدبار القبلة) أى جعلها جهة دبره وهو ليس بقيد بل المدار على التحول عنها بصدره ولو يمنة أو يسرة حتى لو حرفه إنسان قهرا عنه بطلت صلاته ولو عاد عن قرب لندرة ذلك فى الصلاة بخلاف ما لو انحرف عنها جاهلا أو ناسيا وعاد عن قرب فلا تبطل صلاته ، نعم يجوز ذلك فى النافلة فى السفر وفى صلاة شدة الخوف كما تقدم فى شروط الصلاة ، ويكره الإلتفات بالوجه يمنة أو يسرة الا لحاجة فلا يكره

Fokus :
ويكره الإلتفات بالوجه يمنة أو يسرة الا لحاجة فلا يكره

Setelah membaca tasyahhud dan membaca do’a yang ma’tsur, maka dilanjutkan dengan mengucapkan salam dua kali sembari menoleh ke arah kanan dan arah kiri. Salam yang pertama hukumnya adalah wajib, sedangkan salam yang kedua adalah sunnah.

Al-Imam al-Ghazali menjelaskan di dalam Bidayah al-Hidayah perihal tata cara salam : “Kemudian hendaknya setelah selesai membaca tasyahhud, sholawat dan do’a yang ma’tsur, maka ucapkanlah: “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullaah” sebanyak dua kali ke arah kanan dan arah kiri, dan menolehlah sehingga orang-orang yang disekitarmu dapat melihat putih pipimu. Ketika mengucapkan salam hendaknya disertai niat untuk keluar dari sholat, serta niat mengucapkan salam kepada malaikat dan semua ummat Islam yang ada disekitarmu.”. (Bidayah al-Hidayah, juz 1, hal. 47)

Dalam hadist shahih disebutkan : “Dari Amir bin Sa’d, dari ayahnya, ia berkata: Pada suatu waktu aku melihat Rasulullah Shollallaahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan salam seraya menoleh ke arah kanan dan kiri beliau sehingga aku dapat melihat putih pipi beliau.”. (Shahih Muslim, juz 3, hal. 235, hadits nomor: 916).

Di dalam sunan Abu Dawud disebutkan : “Dari Alqamah bin Wa’il dari ayahnya, ia berkata: Aku sholat bersama Nabi Shollallaahu ‘alaihi wa sallam, pada saat beliau mengucapkan salam beliau menoleh ke arah kanan seraya mengucap Assalaamu ‘alaikum wa rahmatullaah wa barakaatuh, kemudian menoleh ke arah kiri seraya mengucap Assalaamu ‘alaikum wa rahmatullaah.” (Sunan Abu Dawud, juz 3, hal. 183, hadits nomor: 846). http://www.benderaaswaja.com

DITUJUKAN KE SIAPAKAH SALAM DI AKHIR SHALAT ? Dalam kitab MAJMU' SYARAH MUHADZDZAB lil imam nawawi 3/456 disebutkan :

، ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺑﺎﻟﺘﺴﻠﻴﻤﺔ ﺍﻷﻭﻟﻰ ﺍﻟﺨﺮﻭﺝ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﻋﻦ ﻳﻤﻴﻨﻪ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻝﺣﻔﻈﺔ ، ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺑﺎﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﻋﻠﻰ ﻳﺴﺎﺭﻩ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻔﻈﺔ ، ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺍﻟﻤﺄﻣﻮﻡ ﺑﺎﻟﺘﺴﻠﻴﻤﺔ ﺍﻷﻭﻟﻰ ﺍﻟﺨﺮﻭﺝ ﻡﻥ ﺍﻟﺼﻼﺓ ، ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻔﻈﺔ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺄﻣﻮﻣﻴﻦ ﻣﻦ ﻧﺎﺣﻴﺘﻪ ﻓﻲ ﺻﻔﻪ ﻭﺭﺍﺋﻪ ﻭﻗﺪﺍﻣﻪ ، ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺑﺎﻟﺚﺍﻧﻴﺔ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻔﻈﺔ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺄﻣﻮﻣﻴﻦ ﻣﻦ ﻧﺎﺣﻴﺘﻪ ، ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻗﺪﺍﻣﻪ ﻧﻮﺍﻩ ﻓﻲ ﺃﻱ ﺍﻟﺘﺴﻠﻴﻤﺘﻴﻦ ﺷﺎﺀ ، ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺍﻟﻤﻨﻔﺮﺩ ﺑﺎﻟﺘﺴﻠﻴﻤﺔ ﺍﻷﻭﻟﻰ ﺍﻟﺨﺮﻭﺝ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻼﺓ ، ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻔﻈﺔ ،
ﻭﺑﺎﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻔﻆﺓ ، ﻭﺍﻷﺻﻞ ﻓﻴﻪ ﻣﺎ ﺭﻭﻯ ﺳﻤﺮﺓ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ : ﺃﻣﺮﻧﺎ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻥ ﻧﺴﻠﻢ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻔﺴﻨﺎ ﻭﺃﻥ ﻳﺴﻠﻢ ﺑﻌﻀﻨﺎ ﻋﻠﻰ ﺑﻌﺾ

Dan niat imam dengan salam yang pertama yaitu niat keluar dari sholat dan salam kepada orang yang ada di sebelah kanannya dan kepada malaikat khafadhoh. dan salam kedua kepada orang yang di sebelah kirinya dan malaikat khafadhoh.

·Dan makmum dengan salam pertamanya niat keluar dari sholat dan memberi salam kepada imam, malaikat khafadhoh, dan orang mukminin dari arah sekitarnya di dalam shofnya baik belakangnya maupun depannya.
·Dan saat salam yang kedua niat salam kepada malaikat khafadhoh dan orang mukminin dari arah sekitarnya.
·Dan jika imam berada di depannya maka dia niat di dalam salam yang berapa saja dia mau. dan orang yang solat sendirian niat dgn salam yang pertama keluar dari sholat dan kepada malaikat khafadhoh. Dan salam kedua niat kepada hanya kepada malaikat khafadhoh.

Hukum asal demikian adalah hadist yang diriwayatkan oleh Samurah r.a Nabi memerintahkan kepada kami untuk beruluk salam kepada diri kami dan untuk beruluk salam sebagian dari kami kepada sebagian yang lain.

Lalu siapakah malaikat khafadoh ?

} ﻭﻗﺪ ﺫﻛﺮ ﺍﺑﻦ ﻛﺜﻴﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻔﺴﻴﺮ : ﺃﻧﻬﻢ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﺑﺎﻟﻠﻴﻞ ﻭﺃﺭﺑﻌﺔ ﺑﺎﻟﻨﻬﺎﺭ، ﻓﺎﺛﻨﺎﻥ ﻋﻦ ﺍﻟﻴﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﺸﻤﺎﻝ ﻳﻜﺘﺒﺎﻥ ﺍﻟﺤﺴﻨﺎﺕ ﻭﺍﻟﺴﻴﺌﺎﺕ، ﻭﺍﺛﻨﺎﻥ ﻣﻦ ﻭﺭﺍﺋﻪ ﻭﺃﻣﺎﻣﻪ ﻳﺤﺮﺳﺎﻧﻪ

Telah menuturkan imam ibn katsir dalam tafsirnya : mereka sebanyak 4 malaikat di dalam malamnya dan 4 dalam siangnya. maka (dibagi) 2 berada di kanan dan di kiri menulisi amal baik dan amal buruk sementara 2 berada dibelakangnya dan di depannya menjaganya. Wallohu a'lam. [Imam Tontowi, Af-idah Arifin, Aslim Tas'ad Sie Pengajian].

LINK ASAL :

www.fb.com/groups/piss.ktb/812089162147227/