Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3157. TAFSIR AL-QUR'AN : MENGAPA DI SEBUT SURAT AL-IKHLAS


PERTANYAAN

Assalamualaikum.. langsung saja, dalam nama-nama surah al-Qur'an, pasti ada hubungannya dengan isi surah tersebut, semisal surah al-Fatihah karena sebagai iftitah (pembuka), surah Maryam dan Yusuf karena di dalamnya menjelaskan tentang Siti Maryam dan Nabi Yusuf, dls.. Lantas, bagaimana dengan surah al-Ikhlas yang di dalamnya tidak menyinggung sama sekali dengan keihklasan?? sukron jawabannya.

JAWABAN

> Mas Hamzah
Surat ini sebenarnya mempunyai banyak nama, imam fakhruddin arazy menyebutkan ada dua puluh nama utk surat ini, dan ini menunjukkan tambahnya keutamaan pada surat ini.
Diantara salah satu namanya adalah surat al ikhlas. berikut penjelasan imam fakhruddin arzy dalam kitab tafsir al kabirnya :

ورابعها : سورة الإخلاص لأنه لم يذكر في هذه السورة سوى صفاته السلبية التي هي صفات الجلال ؛ ولأن من اعتقده كان مخلصا في دين الله ؛ ولأن من مات عليه كان خلاصه من النار ؛ ولأن ما قبله خلص في ذم أبي لهب فكان جزاء من قرأه أن لا يجمع بينه وبين أبي لهب . 

Yang ke empat namanya adalah surat al ikhlas, karena dalam surat ini tdklah disebut selain sifat2 salbiyahnya Allah yaitu sifat2 keagunganNya, dan karena barang siapa yg beri'tiqad dengannya maka dia disebut sebagai mukhlis / orang yg selamat dalam agama Allah.
Dan karena barang siapa yg meninggal dalam i'tiqad ini maka ini akan menjadi kholas / penyelamatannya dari neraka . dan karena surat sebelumnya adalah kholaso / selesai dalam mencela abu lahab (surat sebelum al ikhlas adalah surat al lahab) maka balasan bagi orang yg membaca surat ini adalah tdk berkumpul diantara dia dan abu lahab. Wallohu a'lam.

التفسير الكبير


LINK DISKUSI