Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3140. UMUR WANITA BERHENTI HAID ( MONOPAUSE )

PERTANYAAN :

Assalamualaikum warohmatulloh, sampai umur berapakah seorang perempuan tidak akan haid / datang bulan lagi : 50 tahun ke atas apa 60 tahun ke atas ? terima kasih. [Ishaq Nuruddin].

JAWABAN :

Wa alaikumus salaam warohmatulloh, wanita normal usia menopause antara 50-60 tahun sebelum haidl berhenti total, jika pada usia 58 tahun masih keluar darah, itu masih darah haidl, namun siklusnya sudah tidak beraturan... sedang dalam proses menopouse. (Jika seumpama wanita pada proses menopause / 58 atau berapapun tsb hamil, masih memungkinkan walau kemungkinannya kecil)

Para ulama, berbeda pendapat tentang apakah ada batasan tertentu bagi usia haid, dimana seorang wanita tidak mendapatkan haid sebelum atau sesudah usia tersebut? Ad-Darimi, setelah menyebutkan perbedaan pendapat dalam masalah ini, mengatakan: "Hal ini semua, menurut saya, keliru. Sebab, yang menjadi acuan adalah keberadaan darah. Seberapa pun adanya, dalam kondisi bagaimana pun, dan pada usia berapapun, darah tersebut wajib dihukumi sebagai darah haid. Dan hanya Allah Yang Maha Tahu. (Al-Majmu' Syarhul Muhadzdzab, Juz 1, hal 486).

Bila dalam pemeriksaan medis / bukti medis dinyatakan wanita ini sehat, cenderung ikut qoul ad-darimiy (keluar darahnya masih teratur atau dalam masa transisi menuju menopause). Mengenai usia monopause seorang wanita ulama' khilaf : dari yang paling sedikit yaitu 50 tahun sampai pada yang paling banyak yaitu 85 tahun, umur-umur tersebut dengan meninjau yang umum bagi wanita, akan tetapi tidak menutup kemungkin bahwa usia wanita haid itu tidak ada akhirnya (tidak dibatasi), yakni selagi masih hidup mungkin saja wanita masih bisa mengalami haid

: وهو أى سن اليأس إثنتان و ستون سنة و قيل خمسون___ وفيه أقوال أخر أقصاها خمس و ثمانون سنة و أدناها خمسون. إعانة الطالبين ٤/٤١

الثرقاوي ١/ ١٤٧
و سن اليأس من الحيض إثنان و ستون سنة هو المعتمد و هذا باعتبار الغالب فلا ينافي ما صرحوا به من أنه لا آخر له لسن الحيض فهو ممكن ما دامت حية.

Wallohu a'lam bis showab. [Ical Santrialit, Ghufron Bkl].

LINK DISKUSI :

www.fb.com/groups/piss.ktb/716327021723442/