Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3119. JIKA BERWUDHU DENGAN NYELAM DI KOLAM RENANG WAJAH DULUAN YANG MASUK

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum. Bagaimana Hukum wudhu dengan masuk ke kolam renang tapi wajah duluan yang diceburkan ke kolam renang ? [Muhamad NurFajarudin].

JAWABAN :

Wa alaikumus salaam warohmatulloh, wudhunya sah asal dimungkinkan adanya tartib, ini menurut pendapat yang shohih. Sedangkan menurut pendapat yag di tarjih oleh Imam Nawawi tidak tartIb pun tetap sah wudhunya. Lihat kitab Roudhotut Tolibin Imam Nawawi :

الفرض السادس : الترتيب : فلو تركه عمدا لم يصح وضوءه ، لكن يعتد بالوجه وما غسله بعده على الترتيب . ولو تركه ناسيا ، فقولان : المشهور الجديد لا يجزئه .

Fardhu yang ke enam adalah tartib. Jika tidak melakukan tartib secara sengaja maka tidak sah wudhunya, tetapi bagian wajah sudah terhitung dan juga anyang terbasuh setelah wajah secara tartib. Jika tidak melakukan tartib secara lupa, maka ada dua pendapat, yang masyhur adalah tidak mencukupi.

ولو غسل أربعة أنفس أعضاءه دفعة بإذنه ، لم يحصل إلا الوجه على الأصح . وعلى الثاني يحصل الجميع .

Jika ada empat orang membasuh anggota-anggota wudhunya orang yang berwudhu dengan sekali basuhan dan juga dengan izinnya maka tidak bisa hasil kecuali hanya wajahnya saja, ini menurut pendapat yang ashoh. Menurut pendapat kedua bisa hasil semuanya (tidak hanya wajah saja).

أما إذا غسل المحدث جميع بدنه ، فإن أمكن حصول الترتيب ، بأن انغمس في الماء ومكث زمانا يتأتى فيه الترتيب أجزأه على الصحيح .

Adapun jika seorang yang berhadas membasuh semua badannya- jika dimungkinkan adanya tartib- misalnya dengan menyelam di dalam air dan diam (dalam air) dalam waktu yang longgar utk melakukan tartib maka mencukupi , ini menurut pendapat yang shohih.

وإن لم يتأت ، بأن انغمس ولم يمكث ، أو غسل أسافله قبل أعاليه ، لم يجزءه على الأصح

Jika waktunya tidak longgar (utk melakukan tartib) misalnya menyelam dalam air tanpa diam didalamnya, atau membasuh bagian bawahnya sebelum bagian atas maka tidak mencukupi, ini menurut pendapat yang ashoh.

ولا خلاف في الاعتداد بغسل الوجه في الصورتين إذا قارنته النية ،

Dan tidak ada perbedaan pendapat tentang terhitungnya basuhan wajah dalam dua contoh tadi jika dibarengi dengan niat.

هذا كله إذا نوى رفع الحدث . فإن نوى الجنابة ، فالأصح أنه كنية رفع الحدث . والثاني لا يجزئه بحال إلا الوجه .

Ini semua jika niatnya adalah menghilangkan hadas. Jika niatnya adalah janabat maka menurut pendapat yang ashoh niat janabat sama seperti niat menghilangkan hadas .dan pendapat kedua (niat janabat tidak sama dgn niat menghilangkan hadas) maka tidak mencukupi sama sekali kecuali hanya wajah saja.

قلت : الأصح عند المحققين في مسألة الانغماس بلا مكث الإجزاء . والله أعلم

Aku (imam nawawi) berkata " pendapat yang ashoh menurut para ulama' ahli tahqiq dalam masalah menyelam tanpa diam (di dalam air) adalah mencukupi."

Sama dengan keterangan di atas :

المنهج القويم (ص: 35)  ( السادس الترتيب )
كما ذكر لأنه صلى الله عليه وسلم لم يتوضأ إلا مرتبا فلو قدم عضوا على محله لم يعتد به ولو غسل أربعة أعضائه معا ارتفع حدث وجهه فقط ويكفي وجود الترتيب تقديرا ( فلو غطس ) ناويا ولو في ماء قليل كما مر ( صح وضوؤه وإن لم يمكث ) زمنا يمكن فيه الترتيب أو أغفل لمعة من غير أعضاء الوضوء لحصوله تقديرا في أوقات لطيفة لا تظهر في الحس وخرج بغطس ما لو غسل أسافله قبل أعاليه فإنه لا يجزىء لعدم الترتيب حسا حينئذ ويسقط وجوبه عن محدث أجنب ومن ثم لو غسل جنب ما سوى أعضاء الوضوء ثم أحدث لم يجب ترتيبها

Wallohu a'lam bis showab. [Nisa Ul Aana, Udien Pe'a].

LINK DISKUSI :

www.fb.com/groups/piss.ktb/739364042753073/