Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3067. PENGERTIAN HADITS QUDSIY


PERTANYAAN :

Syd Agiel
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 
Apa yg di maksud dg hadist sohih dan dho'if..????Dan apa yg dimaksud hadist qudsi..????

JAWABAN :

> Ghufron Bkl
Untuk Hadits shohih dan dhoif bisa dibaca disini :

Hadits qudsiy ialah wahyu yg di turunkan pada nabi MUHAMMAD dgn tanpa perantara malaykat bahkan dgn ilham atau mimpi , ada kalanya berupa lafazh dan ma'na dan adakalanya lafazh saja dan NABI yg mengungkapkan dgn beberapa lafazh dari dirinya sendiri yg di nisbatkan pda ALLAH dan membaca hadits qudsiy tsb tdk di anggap ibadah dan jga hadits qudsiy itu tdk mengandung mu'jizat.

والحديث القدسي أنزل عليه بغير واسطة الملك غالبا بل بالهام أو منام إما باللفظ والمعنى وإما باللفظ فقط يعبر عنه النبي صلى الله عليه و سلم بألفاظ من عنده و ينسبه اليه تعالى لا للتعبد بتلاوته ولا للإعجاز.

تنوير القلوب : ص : ٥٥١


> Ibnu Al-Ihsany
 * al-qowaid al-asasiyah fi ilmi mustholah al-hadits pengarang : muhammad bin alwy al-maliki al-hasani hal. : 16-19 

الحديث القدسي نسبة إلى القدس ، والقدس هو : الطهارة والتنزيه ، ويطلق عليه الحديث الإلهي نسبة للإله والحديث الرباني نسبة للرب جل وعلا 

Hadits Qudsiy 

~~~~~~~~~~~

hadits yang dinisbatkan pada kata qudus, qudus yaitu ath-thoharoh (suci) dan at-tanzih (membersihkan). disebut pula hadits ilahy dinisbatkan pada ilah (ketuhanan), dan juga disebut hadits robbani dinisbatkan pada Robb (Tuhan) yang maha agung dan luhur. 

وهو في الإصطلاح : ما أضافه الزسول صلى الله عليه وسلم وأسنده إلى ربه عز وجل ، من غير القرآن ، مثاله ؛ قال الله تبارك وتعاللإ ؛ يا عبادي إني حرمت الظلم على نفسي وجعلته محرما عليكم فلا تظالموا . . الحديث 

Hadits qudsiy menurut istilah : yaitu sesuatu yang disandarkan oleh Rasulullloh shollallohu alaihi wa sallam kepada Tuhannya azza wa jalla yang selain al-qur'an. seperti : 

Allah tabaroka wa ta'ala berfirman :(yang artinya kurang lebih) "wahai hamba-hambaku, sesungguhnya aku mengharamkan kedzaliman atas diriku, dan aku menjadikan kedzaliman itu sesuati yang diharamkan atas kalian, maka janganlah kalian saling berbuat dzalim." al-hadits. 

أو كقول الصحابي مثلا : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم فيما يرويه عن ربه عز وجل . . هكذا 

atau hadits qudsiy itu seperti ucapan shahabat semisal : Rosulullah shollallohu alaihi wa sallam bersabda tentang perkara yang beliau riwayatkan dari Tuhannya azza wa jalla : ..... begini begini ..... 

وسمي حديثا : لأنه من قول الرسول صلى الله عليه وسلم ومن حكايته له عن ربه 

hadits qudsiy disebut hadits : karena termasuk dari sabda Rosulullahi shollallohu alaihi wa sallam dan karena menceritakannya Rosulullah terhadap hadits dari Tuhannya. 

وسمي قدسيا : لأنه أسند إلى الرب جل وعلاومن حيث إنه المتكلم به ، والمنشيء له وهو المنزه عن كل ما لا يليق 

hadits qudsiy disebut qudsiy : karena disandarkan pada Tuhan jalla wa'ala dari segi yang berfirman dan yang merintis (sumber) terhadap hadits tersebut dan Tuhan adalah dzat yang suci dari setiap perkara yang tidak layak. 

ومن معرفة الحديث القدسي يظهر الفرق بينه وبين القرآن والحديث النبوي 

dan dari mengetahui haqiqat tentang hadits qudsiy, perbedaannya akan terlihat diantara hadits qudsiy, al-qur'an dan hadits nabawiy 

---

؛{ الفرق بين الحديث القدسي والقرآن }؛ انفرد القرآن بمزايا وخصائص ليست تلك الأحاديث وهي تصور الفرق بينه وبين الحديث وهي ؛ ١ ـ القرآن :معجزة باقية على مر الدهور محفوظ من التغير والتبديل متواتر اللفظ في جميع كلماته وحروفه وأسلوبه 

Perbedaan Antara Hadits Qudsiy dan Al-Qur'an 

Al-Qur'an mempunyai keutamaan dan keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki hadits-hadits, keutamaan dan keistimewaan tersebut menjelaskan atau menampakkan terhadap perbedaan Al-Qur'an dan Al-Hadits. Antara lain : 

1. Al-Qur'an : Merupakan mu'jizat yang kekal sepanjang masa yang terjaga dari perubahan dan distorsi, lafadznya mutawattir dalam kesemua kalimat-kalimat, huruf-huruf, dan gaya bahasanya. 

٢ ـ حرمة روايته بالمعنى 

2. Haram meriwayatkan al-qur'an dengan ma'nanya 

٣ ـ حرمة مسه للمحدث ، وحرمة تلاوته للجنب ونحوه 

3. Haram menyentuhnya bagi orang yang berhadats, dan haram membacanya bagi orang yang junub dan semacamnya. 

٤ ـ تعينه في الصلاة 

4. Tertentunya dalam shalat 

٥ ـ تسميته قرآنا 

5. Ternamainya dengan sebutan Qur'an 

٦ ـ التعبد بقراءته ، وكل حرف منه بعشر حسنات 

6. Menjadi ibadah dengan membacanya, setiap huruf dari al-qur'an diberi dengan balasan 10 kebaikan

٧ ـ تسمية الجملة منه آية ، وتسمية مقدار مخصوص من الآيات سورة 

7. Setiap perkataan/jumlah dari al-qur'an disebut ayat, dan setiap ukuran tertentu dari beberapa ayat disebut surat. 

٨ ـ لفظه ومعناه من عن الله ، بوحي جلي باتفاق ، بخلاف الحديث

8. Lafadz dan ma'nanya dari sisi Allah, dengan wahyu yang disepakati para ulama'. berbeda halnya dengan hadits.

wallohu ta'ala a'lamu bishshowab.


LINK DIKUSI :